Ragam Tanaman Indoor yang Dapat Sedot Racun

Semua tanaman hias indoor yang telah disebutkan di atas dapat dijadikan penghias ruangan di rumah Anda serta menjadi penyedot racun, khususnya polutan.

Rabu, 1 Juni 2022 | 00:37 WIB
0
117
Ragam Tanaman Indoor yang Dapat Sedot Racun
Ragam Tanaman Indoor yang Dapat Sedot Racun

Ada berbagai macam tanaman hias indoor yang mampu membersihkan udara di dalam ruangan, sehingga lebih bersih dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya digunakan untuk mempercantik suasana hunian, tanaman hias indoor tertentu bisa melindungi Anda dan keluarga, khususnya dari bahaya polutan rumah.

Anda perlu tahu bahwa pencemaran udara tidak hanya mengancam dari luar saja, tetapi juga ketika di dalam rumah. 

Tanaman Hias Indoor yang Bisa Sedot Racun? Berikut Daftarnya
Pasalnya, ada beberapa jenis polutan yang betah dan bersarang di dalam ruangan, bahkan dapat berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Namun tidak perlu khawatir, karena ada berbagai macam tanaman hias yang bisa menyedot racun seperti polutan. Berikut ini adalah jenisnya.

1. Palem Kuning
Tanaman hias indoor pertama yang akan dibahas adalah palem kuning. Tanaman ini memiliki nama latin Areca Palm dan terkenal akan pelepah daun panjang yang menutupi batangnya. Palem kuning bisa tumbuh hingga 1-6 meter dan mampu menyedot polutan dari senyawa formaldehyde.  

2. Palem Bambu
Selanjutnya ada palem bambu yang bisa menyedot polutan, sehingga ruangan bisa terbebas dari partikel-partikel udara yang berbahaya. Perlu Anda ketahui, palem bambu memerlukan cahaya terang yang cukup agar tetap bisa tumbuh subur. 

3. Karet Hias
Di urutan ketiga ada tanaman hias indoor yang bertajuk karet hias atau Ficus Robusta. Karet hias mampu menyerap polutan berupa formaldehyde dan menghasilkan oksigen sebagai gantinya. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau muda dan ketika dipegang teksturnya sedikit kenyal. 

4. Dracaena Deremensis
Tanaman hias ini tergolong tanaman yang mudah dirawat, namun memerlukan cahaya terang untuk tetap hidup. Oleh sebab itu, letakkan tanaman ini di dekat jendela, agar asupan cahaya terangnya mencukupi. Selain itu, jaga tanah yang ada di dalam pot agar selalu lembab, ya. 

5. Peace Lily
Peace lily ternyata juga merupakan tanaman hias indoor yang bisa membersihkan udara, lho. Sudah bukan hal baru jika tanaman ini dapat menghilangkan racun benzena dan formaldehyde, jadi sangat bagus apabila diletakkan di dalam ruangan.

Baca Juga: Tips Mempertahankan Kualitas Udara Agar Tetap Segar

6. Pakis Boston
Meskipun termasuk tanaman pakis, namun jenis boston ini bisa dijadikan pajangan karena merupakan salah satu jenis tanaman hias. Selain itu, pakis boston memiliki stomata yang berfungsi sebagai penyedot racun formaldehyde dan juga xylene, bahkan bisa mengubahnya menjadi zat yang bermanfaat. 

7. European Ivy
Tak hanya terlihat cantik dan menawan, European ivy bisa menyerap karbondioksida sehingga udara di dalam ruangan akan lebih bersih lagi. Anda bisa meletakkan tanaman cantik ini di kamar mandi, agar udara di sana tetap bersih dan bebas dari polutan. 

8. Lidah Mertua
Tanaman hias indoor kedelapan adalah lidah mertua yang beberapa waktu terakhir ini sedang booming. Meskipun nama tanamannya sedikit menyeramkan, akan tetapi manfaat dari tanaman ini sungguh bagus, yakni bisa membersihkan udara dari racun. 

9. Anggrek Bulan
Anggrek bulan bisa Anda letakkan di area kamar tidur untuk mempercantik ruangan serta menjaga udara agar tetap bersih. Cara anggrek bulan membersihkan udara di dalam ruangan adalah dengan mengeluarkan oksigen ketika malam hari. Jadi, ketika Anda beristirahat malam, udara yang akan dihirup merupakan udara bersih. 

10. Kembang Sepatu
Terakhir ada tanaman hias indoor kembang sepatu yang sudah sangat populer dari zaman dahulu. Jika memiliki bayi, maka letakkan tanaman ini di kamar bayi, karena dapat mengeluarkan senyawa antimikroba dan phytoncide

Semua tanaman hias indoor yang telah disebutkan di atas dapat dijadikan penghias ruangan di rumah Anda serta menjadi penyedot racun, khususnya polutan. Nah, jika Anda ingin memaksimalkan kinerja tanaman hias, maka gunakan Smart Ionizer SI210 dari udaraion.com. 

Smart Ionizer ini merupakan air ionizer yang bermanfaat untuk ionizer generator khusus tanaman. Air ionizer ini mampu menghasilkan rata-rata 200.000 bahkan 400.000 ion negatif, agar polutan bisa jatuh ke lantai sehingga tidak terhirup oleh manusia.

Baca Juga: Ragam Tanaman yang Dapat Meredam Suara Bising

Jika Anda tertarik untuk mempelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori lainnya, serta informasi terkait air ionizer produk Zero 2.5 lainnya, kunjungi laman Zero 2.5.