Ragam Tanaman yang Dapat Meredam Suara Bising

Di Indonesia, ada satu pohon besar yang konon memiliki kisah horror atau mistis yakni beringin. Menariknya, bahasa latin dari beringin adalah ficus benjamina.

Rabu, 1 Juni 2022 | 00:14 WIB
0
23
Ragam Tanaman yang Dapat Meredam Suara Bising
tanaman peredam suara bising

Setiap orang punya cara yang unik dalam mempercantik eksterior maupun interior rumahnya. Tanaman bagus sengaja dipilih karena tidak hanya cantik secara visual, tapi juga kaya akan manfaat.

Salah satu manfaat tanaman yang masih asing ditelinga adalah sebagai peredam suara bising. Fungsi tanaman ini banyak diandalkan oleh mereka yang menginginkan suasana rumah yang sunyi dan senyap.

Cukup dengan meletakkan tanaman, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan kocek untuk membangun ruangan kedap suara. Pembangunan yang menghabiskan biaya dan waktu yang tak sedikit.

5 Tanaman Bagus untuk Meredam Suara Bising
Secara umum, tanaman dibudidayakan untuk berbagai alasan. Ada yang sengaja menanam untuk mengambil buah atau daunnya namun tidak sedikit pula yang bermaksud untuk meredam suara bising. Mau tahu apa saja jenis tanaman bagus tersebut? Yuk simak berikut ini:

1. Pakis Boston
Tanaman yang satu ini memiliki daun ramping yang memanjang dan bergerigi. Bila dirawat dan dibesarkan dengan benar, pakis boston akan tumbuh lebat dan memanjang hingga 90 sentimeter. Percaya atau tidak, kemampuan menyerap suara tanaman ini sangat tinggi mencapai 98% dari energi akustik.

Anda yang kebetulan memiliki kantor atau ruang kerja di dalam rumah bisa menempatkan pakis boston di dalam ruangan. Suasana sunyi yang diciptakan dapat meningkatkan konsentrasi kerja. Pakis boston juga termasuk tanaman bagus sehingga mampu memanjakan mata Anda. 

2. Peace Lily
Bagi penggemar bunga, ada rekomendasi tanaman bagus dengan kelopak bunga putih kehijauan nan cantik yang juga mampu yaitu peace lily. Tanaman ini memiliki sejumlah manfaat seperti menetralisir kotoran di udara hingga meredam kebisingan.  

Salah satu keunikan fisik dari peace lily adalah bentuk kelopak bunganya. Kelopak bunga dari tanaman ini berbentuk menyerupai telinga gajah. Ada pun kelebihan menanam peace lily adalah anti hama, jadi Anda tidak perlu repot belanja banyak produk pembasmi hama. 

3. Begonia Rex
Jenis tanaman bagus ini biasanya akan kita temukan menghiasi bagian depan atau dalam rumah keluarga karena memang bisa hidup di dua lingkungan tersebut. Bentuk daunnya unik dengan kombinasi beberapa warna bukan hanya didominasi warna hijau. Kemampuan meredam suara bising Begonia Rex hampir sama sempurnanya dengan pakis boston hingga 97%. 

Selain menciptakan suasana ruangan yang tenang, begonia rex juga bermanfaat untuk meningkatkan visual. Secara umum, tanaman begonia juga menyimpan berbagai manfaat, salah satunya meredakan batuk dan demam.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Air Quality Index

4. Baby Tears
Tanaman bagus ini konon paling cocok dibudidakan sebagai tanaman hias gantung atau sengaja dibiarkan merambat di ubin. Meskipun bentuk daunnya kecil-kecil, kemampuan meredam suara baby tears tidak perlu diragukan lagi. Konon, tanaman ini mampu menyerap suara sebanyak 90%.

Untuk fungsi peredam suara di dalam ruangan, Anda bisa meletakkan baby tears dalam pot kecil di atas meja. Pangkas daunnya ketika sudah tampak merambat ke bawah. Anda juga bisa membentuk daun baby tears untuk efek visualisasi. 

5. Ficus
Di Indonesia, ada satu pohon besar yang konon memiliki kisah horror atau mistis yakni beringin. Menariknya, bahasa latin dari beringin adalah ficus benjamina. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau mengkilap dan ranting yang kuat. Berbeda dengan tanaman sebelumnya, ficus dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 9 meter.

Alhasil, pohon ficus dapat meredam suara bising dengan sangat baik. Daunnya yang lebat juga membantu meneduhkan dan menyejukkan halaman rumah. Mana tanaman bagus yang tertarik untuk Anda tanam? Setiap tanaman memiliki karakteristik yang berbeda-beda namun semuanya mampu meredam suara dengan baik.

Baca Juga: Fungsi Kalung Air Purifier yang Wajib Diketahui

Sama halnya dengan produk dari kami yang meskipun dari bentuk fisiknya berbeda namun efektif menetralisir udara buruk di dalam rumah. Jika Anda tertarik untuk mempelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori lainnya, serta informasi terkait air ionizer produk Zero 2.5 lainnya, kunjungi laman Zero 2.5.