Apa Itu Atap Spandek? Mengapa Banyak Orang Menggunakannya?

Atap Spandek memiliki cara pengaplikasian yang mudah, serta memiliki berbgaai varian warna yang menarik.

Jumat, 5 November 2021 | 10:57 WIB
0
176
Apa Itu Atap Spandek? Mengapa Banyak Orang Menggunakannya?
https://kpssteel.com/

Spandek sendiri adalah sebuah terobosan sebagai pengganti genteng tradisional. Dibentuk menggunakan perpaduan antara seng, aluminium, dan silikon, membuatnya kuat dan tahan lama. Bahan ini kian diminati, namun belum banyak orang tahu cara menghitung ukuran sesuai kebutuhan. 

Atap spandek merupakan salah satu jenis atap rumah yang terbuat dari kombinasi material alumunium dan seng. Komposisi rasio yang digunakan adalah 55% alumunium, 43% dari seng, dan sisanya menggunakan bahan dari silikon.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Besi Galvanisasi Beserta Manfaatnya

Mengapa Banyak Orang Beralih Ke Atap Spandek?

Permasalahan ketika menggunakan atap atau genting tradisional yang terbuat dari tanah liat adalah bahannya berat. Selain itu pemasangannya juga kompleks, memerlukan banyak waktu serta membutuhkan banyak material untuk memasang rengnya. Apabila gentingnya tidak dilapisi dengan cat khusus, seperti cat anti air, ada potensi besar terjadi kebocoran di berbagai titik.

Fenomena ini sering terjadi ketika musim hujan telah tiba. Ditambah lagi juga harus senantiasa membersihkannya dari berbagai lumut yang berpotensi menempel. Spandek berkebalikan dari atap tradisional, berasal dari bahan seng, alumunium, dan silikon, menjadikannya sebagai bahan atap yang ringan tetapi kuat.

Secara ukuran seng spandek, juga cukup lebar, sehingga proses pemasangannya lebih cepat. Dari segi bentuk, ada berbagai macam, mulai jenis bergelombang tinggi atau bergelombang lebar.

Baca Juga : Ketahui 10 Macam Beton dan Perbedaan Fungsinya

Bentuk tersebut membuat aliran air menjadi lebih lancar, sehingga mengurangi potensi terjadinya kebocoran pada berbagai titik. Namun jenis ini memiliki kelemahan, yaitu terkadang membuat ruangan terasa lebih panas atau ketika hujan terdengar sangat berisik.

Namun kini terdapat berbagai teknologi pelapis atapnya, sehingga mengurangi tingkat kebisingannya. Atap Spandek memiliki cara pengaplikasian yang mudah, serta memiliki berbgaai varian warna yang menarik.  Atap spandek memiliki ketebalan 0.3 mm dan 0,5 mm , yang mengakibatkan model atap ini lebih awet dan anti pecah karena ketebalannya.

Demikian penjelasan dari saya, untuk mengetahui tips lainnya, Anda bisa mencarinya disini. Semoga bermanfaat!

***