Mengenal Lebih Jauh Besi Galvanisasi Beserta Manfaatnya

Jumat, 29 Oktober 2021 | 10:45 WIB
0
213
Mengenal Lebih Jauh Besi Galvanisasi Beserta Manfaatnya
https://kpssteel.com/

Galvanisasi merupakan sebuah proses pemberian lapisan seng pelindung untuk besi dan baja. tujuan proses ini adalah untuk melindungi besi dan baja dari karat. Istilah ini diturunkan dari ilmuwan Italia Luigi Galvani. Galvanisasi umumnya dilakukan dengan metode celupan panas di mana baja dicelupkan ke seng cair. 

Baca Juga : Ketahui 10 Macam Beton dan Perbedaan Fungsinya

Prinsip Galvanisasi

Galvanisasi atau galvanization adalah pelapisan logam besi/baja dengan jenis logam lain agar memiliki ketahanan terhadap korosi. Logam pelapis yang dipilih adalah seng (Zn), karena sifatnya yang tahan karat. Seng juga memiliki titik leleh yang lebih rendah karena proses galvanisasi dilakukan dengan cara mencelupkan logam besi ke dalam seng cair bersuhu sangat tinggi atau dikenal sebagai hot dip galvanizing. Galvanisasi diambil dari nama Luigi Galvani, yang bersama rekannya Alessandro Volta (keduanya ilmuwan Italia) berhasil mengungkap sifat-sifat elektrokimia seng.   

Tahap pencelupan (galvanizing)

Spesimen yang telah mengalami tahap persiapan (pre treatment) dan telah bersih dari segala pengotor kemudian langkah berikutnya yaitu dilakukan proses pencelupan (galvanizing). Selama proses galvanizing berlangsung, cairan seng akan melapisi baja dengan membentuk lapisan baja seng kemudian barulah terbentuk lapisan yang sepenuhnya berupa unsur seng pada permukaan terluar baja, larutan yang digunakan minimal adalah 98 % murni unsur seng. Tahap pencelupan dilakukan selama kurang lebih 1,5 menit pada suhu 440oC – 460oC. Ketebalan lapisan seng pada pelapisan dengan metode Hot Dip Galvanizing dipengaruhi oleh kondisi permukaan, lamanya pencelupan dantemperatur pencelupan.

Baca Juga : Mesin Bending Pipa? Bagaimana cara mengoperasikannya?

Keunggulan Besi/Baja Galvanisasi

Setelah melewati proses galvanizing, besi/baja akan relatif menjadi awet dan tahan karat karena material ini telah dilapisi bahan anti karat. Dengan kata lain, besi galvanis memiliki keunggulan lebih dibandingkan besi non-galvanizing. Tak heran jika material besi galvanis banyak diaplikasikan untuk konstruksi di area ruang luar, seperti pagar dan gerbang bangunan, railing balkon, dan sebagainya. Selain tahan karat, warna silver-nya juga memberi tampilan lebih cerah.        

Demikian penjelasan dari saya, untuk mengetahui tips lainnya, Anda bisa mencarinya disini. Semoga bermanfaat!