Mesin Bending Pipa? Bagaimana cara mengoperasikannya?

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:26 WIB
0
162
Mesin Bending Pipa? Bagaimana cara mengoperasikannya?
https://kpssteel.com/

Mesin bending pipa adalah mesin yang digunakan untuk memberi bentuk yang berbeda pada pipa. Peralatan ini sangat familiar di kalangan industri besi maupun konstruksi, dan dibutuhkan untuk pengerjaan setiap hari. Mesin bending untuk pipa bertujuan untuk memberikan bentuk yang berbeda, dengan cara memberikan tekanan yang sangat kuat pada bagian-bagian tertentu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Besi Beton Yang Diperlukan?

Apa itu Mesin Bending Pipa?
 Seperti namanya, mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan pada objek, hingga mendapatkan hasil berupa deformasi-plastis, atau perubahan bentuk pada bagian objek. Proses bending atau pembendingan, adalah nama kegiatan membengkokkan objek besi. Biasanya ada beberapa jenis besi yang dibengkokkan yaitu yang berbentuk plat besi, hingga pipa silinder.

Bagaimana Cara Mengoperasikan Mesin Bending untuk Pipa?
1. Anda perlu mempersiapkan objek dengan cara menandai mana saja bagian yang ingin dibengkokkan. Biasanya cara ini dilakukan dengan memberikan beberapa coretan jelas pada objek, sehingga menghindari kesalahan bentuk nantinya.

2. Memasukkan bagian besi ke dalam mesin dengan memperhatikan posisinya pada dies atau bagian pembentuk. Besi harus berposisi tepat, sebab jika tidak nantinya bentuk yang dihasilkan bisa saja miring dan tidak sesuai.

Baca Juga : Bodek Cor, Lebih Banyak Kelebihan atau Kekurangannya?

3. Pada tahap ini, Anda masuk ke proses pembengkokan. Anda dapat membengkokkan objek dengan perlahan, sembari memperhatikan dengan teliti posisi dies ataupun objek besi yang tengah dikerjakan. Lakukan ini sampai proses pembengkokan selesai dan ulangi dengan metode yang sama.

Demikian penjelasan dari saya, untuk mengetahui tips lainnya, Anda bisa mencarinya disini. Semoga bermanfaat!