Bodek Cor, Lebih Banyak Kelebihan atau Kekurangannya?

Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:18 WIB
0
366
Bodek Cor, Lebih Banyak Kelebihan atau Kekurangannya?
https://kpssteel.com/

Bondek merupakan bahan material bangunan yang terbuat dari bahan galvalum dan galvanis. Biasanya digunakan sebagai pengganti triplek atau papan dan terkadang juga digunakan sebagai tulangan positif pada beton. Selain itu, bondek juga bisa dijadikan sebagai material pengganti sistem konvensional dalam pembangunan.

Baca Juga:  Rekomendasi Model Teralis untuk Jendela dari Besi Ulir

Kelebihan Bondek Cor 
Sekarang ini, peminat bondek cor semakin banyak dibanding triplek atau bahan lainnya, untuk itu Anda perlu mengetahui kelebihan bodek cor.

1. Tampilan Lebih Bagus
Bondek memiliki motif dan lekukan yang memberikan tampilan lebih cantik, apalagi jika Anda mengecat bondek dengan warna favorit. Salah satu alasan orang memilih bondek cor adalah untuk mempercantik plafon rumah.

2. Lebih Ramah Lingkungan
Penggunaan triplek membuat limbah semakin banyak sehingga keberadaan bondek cor mampu mengurangi limbah konstruksi. Bondek cor masih bisa digunakan meskipun sudah disimpan dalam waktu lama jadi tidak harus membeli lagi.

3. Pekerjaan Konstruksi Lebih Cepat
Ukuran bondek cor yang lebar membuat waktu pengerjaan menjadi lebih cepat dibanding menggunakan triplek. Pengerjaan persiapan cor dak beton lebih menghemat waktu jadi Anda bisa melanjutkan pekerjaan konstruksi lainnya.

4. Mengurangi Jumlah Pemakaian Besi dan Tiang Penyangga
Penggunaan bondek cor memiliki keuntungan, yakni mengurangi material lainnya, seperti pemakaian besi dan tiang penyangga. Hal ini dikarenakan bondek cor mampu menambah kekuatan dari struktur tulangan beton.

Kekurangan Bondek Cor yang Harus Diperhatikan
Di samping kelebihan yang sudah dibahas, bondek cor juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Pastikan Anda telah mengetahui cara mengantisipasi kekurangannya dan berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Harga Lebih Mahal
Jika dibandingkan triplek, penggunaan bondek cor sebagai lapisan penahan membutuhkan biaya yang lebih besar. Anda harus mempersiapkan biaya tambahan sekitar 10-15% untuk pembuatan cor konstruksi dari bondek.

2. Persiapan Lebih Lama
Kekurangan lain yang dimiliki bondek cor adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dalam hal persiapan. Hal ini dikarenakan kita harus menunggu pengecoran balok sampai kering, baru kemudian bisa menambahkan bondek.

3. Sulit Mengidentifikasi Kebocoran
Proses finishing beton yang kurang maksimal maka bisa mengakibatkan kebocoran dan kita akan kesulitan mendeteksi kebocoran apabila menggunakan bondek cor. Itulah mengapa penggunaan beton ready mix sangat disarankan

Baca juga: 5 Inspirasi Model Teralis Jendela Besi Ulir untuk Hunian Anda

4. Membutuhkan Keahlian dan Alat Khusus
Proses pembuatan bondek cor membutuhkan alat khusus, seperti las listrik dan tidak sembarang orang bisa mengerjakannya. Oleh karena itu, dibutuhkan pekerja yang ahli dalam pembuatan bondek cor.

Untuk informasi selengkapnya silahkan cek disini. Demikian penjelasan yang saya berikan, semoga bermanfaat!