Cara Mengobati Mata Juling pada Anak

Kamis, 23 Februari 2023 | 19:16 WIB
0
114
Cara Mengobati Mata Juling pada Anak
Mata juling pada anak. Sumber gambar https://www.vinmec.com/

Strabismus atau mata juling adalah penyakit yang umum, terutama pada anak-anak. Operasi strabismus anak-anak membantu mengembalikan estetika mata anak-anak, mendukung penglihatan, dan meningkatkan hasil belajar dan kehidupan.

Apakah strabismus bisa disembuhkan?

Strabismus  adalah suatu kondisi di mana mata tidak sejajar, tidak melihat ke arah yang sama, tetapi ke arah yang berbeda. Satu mata dapat melihat lurus ke depan, sedangkan mata lainnya, bergantung pada otot mata yang terkena, dapat melihat ke dalam, ke luar, ke atas atau ke bawah. Gerakan mata bisa permanen atau sementara, dan pandangan bisa bergantian.

Strabismus adalah penyakit yang umum, terutama pada anak-anak. Mata memiliki 6 otot okulomotor yang meliputi 4 otot rektus dan 2 otot miring, 6 otot ini bekerja di bawah kendali 2 saraf III, IV dan VI. Strabismus terjadi ketika terjadi ketidakseimbangan antara otot mata akibat kerusakan otot atau kerusakan saraf yang mempersarafi otot. Ada banyak penyebab strabismus, yang bisa bersifat genetik, kelainan bawaan pada sistem motorik bola mata, kontraksi regulasi, kerusakan saraf atau penyakit otak, dll.

Strabismus dapat disebabkan oleh kelainan kongenital sistem motorik okular

Strabismus tidak hanya memengaruhi estetika tetapi juga memengaruhi penglihatan secara serius. Strabismus menyebabkan gangguan otot mata, ambliopia, kehilangan ketajaman penglihatan, berkurangnya penglihatan stereoskopis dan kemampuan membedakan jarak secara akurat, dll. Dengan demikian sangat mempengaruhi pembelajaran dan kehidupan.

Mengenai apakah strabismus dapat disembuhkan, dengan pengobatan modern strabismus dapat disembuhkan, namun hasilnya bergantung pada masing-masing kasus penyakit tertentu dan berapa lama penyakit tersebut berlangsung.

Ada banyak metode untuk mengobati strabismus seperti koreksi optik, koreksi penglihatan, operasi strabismus pada anak untuk mengoreksi sumbu bola mata. Strabismus pada anak-anak, jika pasien dirawat sesegera mungkin, semakin muda usianya, semakin tinggi peluang untuk sembuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, jika anak-anak dirawat karena strabismus sebelum usia 3-4 tahun, tingkat keberhasilannya adalah 92%, dari usia 6-8 tahun, tingkat keberhasilannya adalah 62%, jika dibiarkan dalam waktu lama, mata bayi akan menjadi sehat, cacat, kemampuan untuk pulih menjadi buruk.

Cara mengobati mata juling

Proses pengobatan strabismus terdiri dari 3 tahap yaitu koreksi dengan kacamata, pengobatan ambliopia dan pembedahan untuk mengembalikan keseimbangan pada kedua mata.

Penyesuaian kacamata

Koreksi kacamata merupakan langkah penting dalam pengobatan strabismus, terutama dengan strabismus akomodasi murni. Menyesuaikan kacamata membuat gambar menjadi jelas dan memfasilitasi koordinasi penglihatan binokular.

Koreksi kacamata pada presbiopia

Derajat presbiopia yang harus dikoreksi tergantung pada usia pasien dan strabismus, jika ada. Jika anak di bawah usia 2 tahun bukan strabismus, presbiopia 4D perlu dikoreksi; jika ada strabismus yang jelas, kacamata perlu disesuaikan dengan presbiopia 2D.

Koreksi kacamata pada astigmatisme

Kacamata perlu dikoreksi jika astigmatisme berasal dari 1D atau lebih.

Miopia

Pada anak di bawah 2 tahun, kacamata perlu diperbaiki jika miopia 5D atau lebih. Anak-anak berusia 2-4 tahun, miopia perlu mengoreksi kacamata 3D. Pada anak yang lebih besar, tingkat miopia harus lebih rendah agar anak dapat membaca kata-kata di papan kelas.

Kunjungi dokter mata atau melalui layanan Inovasi Vio Optical Clinic untuk memeriksakan kesahatan mata anak anda lebih dini agar dapat dilakukan upaya penyembuhan secara maksimal