5 Cara Membuat Resolusi Tahunan yang Efektif

Psikolog dapat membantu kamu untuk memahami hubungan antara pikiran dan tubuh, mereka dapat menawarkan strategi tentang bagaimana menyesuaikan tujuan.

Rabu, 5 Juli 2023 | 10:00 WIB
0
57
5 Cara Membuat Resolusi Tahunan yang Efektif
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay.

Meskipun momen pergantian tahun sudah lewat, tak ada salahnya jika kamu membaca dan belajar tentang cara membuat resolusi tahunan yang efektif.

Kamu pasti pernah membuat resolusi tahunan tentang diri kamu akan menjadi seperti apa pada tahun berikutnya, namun belum sampai tengah jalan ada rintangan yang diluar dugaan dan mengacaukan rencana dan akhirnya semua jadi berantakan.

Saya akan membahas bagaimana cara membuat resolusi tahunan yang efektif yang dapat kamu coba, tulisan ini hasil referensi dari American Psychological Assosiation (APA).

Ingat, perubahan itu bukanlah tentang sebanyak apa namun yang lebih penting ialah adanya suatu tindakan mengakui bahwa perubahan gaya hidup itu perlu dilakukan dan mengupayakan ke arah tersebut. Selangkah demi selangkah. -Lyn Bufka, PhD. Psikolog.

5 Cara Membuat Resolusi Tahunan Yang Efektif

1. Mulai Dari Hal Kecil

Dikutip dari Tutorly, Setelah menetapkan tujuan, misalnya ingin berolahraga lebih sering, jadwalkan jadi 3-4 hari seminggu bukan 7 hari seminggu. Atau jika ingin makan lebih sehat dimulai dengan mencoba makanan penutup dengan sesuatu seperti buah atau yoghurt.

2. Ubah Satu Perilaku Pada Satu Waktu

Do: Fokuskan pada 1 perilaku untuk diubah misalnya tidur lebih awal pada kurun waktu 2 minggu.

Don't: Merubah 2 perilaku pada saat yang bersamaan. Misal tidur lebih awal dan membuat sarapan sehat sekaligus dalam kurun waktu yang bersamaan.

Hal ini dapat menghindari rasa kewalahan yang ada pada diri manusia.

3. Bagikan Pengalaman

Ajak teman atau salah seorang keluargamu untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Memiliki seseorang untuk berbagi perjuangan dan kesuksesan akan membuat perjalanan kamu menuju gaya hidup yang lebih sehat jauh lebih mudah dan tidak terlalu mengintimidasi, loh.

4. Hindari Self-Blaming

Kesempurnaan tidak bisa dicapai sekaligus. Ingatlah bahwa salah langkah kecil saat mencapai tujuan benar-benar wajar dan tidak apa-apa.

Misalnya melewatkan waktu berolahraga selama seminggu karena kamu sibuk. Setiap orang mengalami pasang surut; putuskan untuk perbaiki dan kembali ke jalur semula.

5. Carilah Dukungan

Menerima bantuan dari mereka yang peduli dengan kamu dan siap mendengarkan akan memperkuat ketahanan serta kemampuan kamu untuk mengelola stres saat resolusi tidak berjalan dengan mulus.

Jika kamu merasa kewalahan atau tidak mampu mencapai suatu tujuan bagi diri kamu sendiri maka pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional.

Psikolog dapat membantu kamu untuk memahami hubungan antara pikiran dan tubuh, mereka dapat menawarkan strategi tentang bagaimana menyesuaikan tujuan kamu serta membantu kamu dalam mengubah perilaku tidak sehat dan mengatasi masalah emosional.