Tips Agar Tubuh Tetap Bugar walaupun Sibuk Beraktivitas

Jika terus-menerus membiarkan perut kosong saat akan melakukan aktivitas, bisa jadi Anda akan mendapatkan masalah kesehatan lain.

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:13 WIB
0
99
Tips Agar Tubuh Tetap Bugar walaupun Sibuk Beraktivitas
working

Menjaga kesehatan tubuh sangat lah penting. Terlebih di masa pandemi saat ini, dimana semua orang bisa terkena penyakit. Penyakit dapat menyerang ke kondisi tubuh yang lemah, oleh karena itu kita harus tetap menjaga kebugaran tubuh. Di artikel kali ini akan membahas beberapa tips membuat tubuh tetap bugar dan sehat meskipun memiliki banyak aktivitas.

Baca Juga : Olahraga yang Cocok Untuk Lansia

Tips Tubuh Tetap Bugar di saat Sibuk Beraktivitas
1. Pilih Jenis Makanan dan Porsi yang Sehat
Makanan yang dipilih tidak hanya bisa membuat kenyang saja tetapi juga mengandung berbagai macam gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dalam satu sajian makanan, pastikan bahwa asupan nutrisi mulai dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral semuanya seimbang.

Dengan mengkonsumsi makanan dan porsi yang sehat, tubuh Anda bisa tetap bugar meskipun memiliki aktivitas yang padat.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan pada tubuh. Oleh karena itu, sayur dan buah merupakan makanan yang wajib Anda santap setiap harinya.

Apalagi buah-buahan dan sayur-sayuran juga banyak yang memiliki rasa yang enak dan harganya juga cukup terjangkau.

3. Jadwalkan Aktivitas Fisik dan Olahraga yang Rutin
Untuk mendapatkan tubuh bugar, Anda juga harus rajin berolahraga. Selain menyantap makanan yang sehat dengan porsi yang wajar, Anda harus mengimbanginya dengan olahraga yang rutin. Agar lebih tertata, jadwalkan waktu olahraga Anda setiap harinya.

Tidak harus dengan waktu yang lama, Anda bisa menjadwalkan olahraga dengan waktu kurang dari satu jam tetapi rutin dilakukan setiap harinya. Olahraga tersebut juga bisa Anda lakukan di rumah, seperti lompat tali, push up atau sit up.

Anda juga bisa memilih olahraga lari pagi untuk menaikkan mood dan suasana hati. Mengapa bisa demikian? Karena lari pagi juga bisa Anda jadikan rekreasi sejenak sebelum  memulai aktivitas yang berat dan membosankan.

Lari pagi juga membuat Anda terkena paparan sinar matahari yang baik untuk kesehatan tulang dan membuat badan jadi lebih segar dan bugar.

4. Perhatikan Jumlah Kalori
Kalori merupakan asupan makanan yang memiliki batasan untuk dimakan setiap harinya. Selain kalori, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang mengandung gula, garam dan lemak agar sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan.

Jika berlebihan mengkonsumsi makanan yang memiliki tiga kandungan tersebut, bisa jadi Anda tidak akan mendapatkan tubuh bugar melainkan obesitas dan penyakit lainnya.

Batasan yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan untuk tiap orang perharinya adalah sebagai berikut:

Gula tidak lebih dari empat sendok makan atau 50 gram.
Garam tidak boleh lebih dari 1 sendok teh atau hanya boleh sekitar 5 gram dalam sehari.
Lemak tidak boleh lebih dari 5 sendok makan minyak atau hanya boleh sekitar 67 gram dalam sehari.
5. Hindari Perut Kosong Saat Beraktivitas
Karena padatnya aktivitas, banyak orang yang akhirnya melupakan sarapan. Padahal makan pagi sebelum beraktivitas sangatlah penting. Karena tubuh memerlukan energi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Jika perut dalam keadaan kosong maka tubuh akan mencari energi cadang lain. Akan tetapi, jika energi cadangan tersebut juga habis maka tubuh akan lelah dan akhirnya mengganggu kesehatan hingga sistem kerja pada otak.

Hasilnya Anda akan kehilang konsentrasi dan produktivitas menjadi menurun. Jika terus-menerus membiarkan perut kosong saat akan melakukan aktivitas, bisa jadi Anda akan mendapatkan masalah kesehatan lain.

Baca Juga : 5 Penyakit Yang Harus di Waspadai Lansia!

Wujudkan Tubuh Bugar Setiap Saat
Itu tadi adalah beberapa tips yang bisa membuat tubuh bugar meskipun beraktivitas dengan padat sepanjang hari. Tips tersebut bisa lebih efektif jika dibarengi dengan makanan yang bergizi seperti Telur Indofarm. 

Telur Indofarm mengandung Omega 3 dan nutrisi yang tinggi, serta terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut mengenai Telur Omega 3 Organik, Telur Ayam Kampung Omega 3, ataupun Telur Hijau dari Ayam Hitam!