5 Penyakit Yang Harus di Waspadai Lansia!

Minggu, 31 Juli 2022 | 11:43 WIB
0
115
5 Penyakit Yang Harus di Waspadai Lansia!
kakek nenek

Lansia merupakan usia yang rawan terkena berbagai macam penyakit. Kebiasaan buruk di masa muda sekaligus kekebalan tubuh yang sudah menurun alasan utamanya. Beberapa penyakit usia lanjut harus dicegah sedini mungkin karena bisa cukup parah seiring bertambahnya usia.

Semakin tua seseorang maka kinerja organ tubuh juga akan menurun. Akibatnya, lansia sering mengalami gangguan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang sering dialami oleh para lansia.

Baca Juga : Snack yang Cocok Untuk Lansia Bergizi dan Lezat

Penyakit yang Harus Diwaspadai Lansia
1. Diabetes
Penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa saja dan lansia memiliki risiko yang cukup tinggi. Diabetes menjadi pembunuh karena akan mengganggu kinerja tubuh lainnya. Kadar gula yang tinggi berpengaruh terhadap performa aktivitas dan juga kesembuhan pasca luka.

Penderita diabetes juga sering mengeluh seperti lemas, sering minum karena merasa haus dan juga keseringan buang air kecil. Apabila tidak dikontrol, maka diabetes akan mengundang penyakit lainnya. Gaya hidup sehat dan pola makanan yang seimbang menjadi cara pencegahan utamanya.

2. Inkontinensia urin
Penyakit inkontinensia urin adalah saat para lansia mengeluh kesulitan untuk mengontrol buang air kecil. Mengompol bahkan saat tidak tidur pun menjadi gejala dari penyakit yang satu ini. Penyebabnya adalah otot pada kandung kemih menjadi lemah akibat penuaan.

Meski tidak semua lansia mengalami ini, namun inkontinensia menjadi pengganggu. Tak jarang jika para lansia memilih untuk menggunakan diaper saat kemanapun mereka pergi. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan operasi, fisioterapi atau melakukan senam kegel.

3. Penyakit Jantung
Jantung merupakan organ yang penting dan sayangnya penyakit jantung banyak dialami oleh para lansia. Latar belakang penyakit pada usia lanjut ini adalah lemahnya otot jantung sehingga kinerjanya juga tidak akan sebaik sebelumnya. Fungsi jantung menjadi berbeda sehingga mengganggu kesehatan.

Banyak sekali faktor seorang lansia yang memiliki penyakit jantung. Ada yang dipicu oleh penyakit jantung bawaan dan makin parah, tidak pernah olahraga dan juga tidak menjaga gizi pada makanan. Ada pula yang terkena penyakit ini disebabkan oleh hipertensi.

Beberapa risiko yang akan dialami lansia dengan penyakit bawaan seperti jantung ialah meminum obat-obatan seumur hidup. Penyakit lansia ini juga bisa membutuhkan operasi untuk mencegah adanya komplikasi yang bisa membahayakan nyawa penderitanya. Hindari dengan pola hidup sehat.

4. Hipertensi
Tekanan darah pada manusia normalnya berada di ambang 130/80 mmHg. Apabila lebih dari angka tersebut, maka penderitanya disebut sebagai penderita hipertensi. Tingginya tekanan darah sangat berbahaya karena mengganggu aktivitas dan berisiko seperti pecah pembuluh darah.

Penyakit lansia ini juga akan sulit diobati. Penderita hanya bisa minum obat sehingga tensi darahnya menjadi normal kembali. Untuk mencegah datangnya hipertensi, Anda bisa mulai dengan menerapkan hidup sehat seperti memilih makanan bernatrium rendah dan berolahraga.

5. Stroke
Satu lagi jenis penyakit yang biasa terjadi pada usia tua yang berbahaya untuk nyawa adalah stroke. Jenis penyakit ini mengancam penderitanya. Pasalnya, stroke membuat kesulitan untuk bergerak. Ada yang menderita lumpuh sebagian, ada juga yang mengalami kelumpuhan permanen.

Tentu saja penyakit ini menjadi malapetaka karena lansia akan hidup dengan pasif seumur hidupnya stroke saat lansia berbeda dengan saat masih muda. Anda memerlukan bantuan orang lain untuk beraktivitas. Stroke bisa dicegah dengan menjaga tekanan darah dan mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga : Olahraga yang Cocok Untuk Lansia

Menghindari Penyakit Lansia Sejak Dini
Penyakit di atas perlu diwaspadai oleh para lansia. Penyakit tersebut merupakan penyakit yang paling sering di jumpai di kalangan lansia. Oleh karena itu harus di cegah sedini mungkin, untuk menghidari lebih parahnya penyakit tersebut. Dengan begitu, Anda tetap bisa hidup dengan aktif dan menikmati masa tua dengan ceria bersama keluarga.

Untuk mewujudkan masa tua yang sehat dan prima, dibutuhkan sumber nutrisi yang berkualitas baik agar terhindar dari berbagai penyakit. Telur Indofarm hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga dengan kualitas terbaik.

Kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan!