Snack yang Cocok Untuk Lansia Bergizi dan Lezat

Kebutuhan setiap orang berbeda, sehingga perlu disesuaikan dengan gizinya masing-masing. Serta, berikan menu yang berbeda setiap harinya agar mereka tidak bosan dengan snack yang dibuat.

Minggu, 24 Juli 2022 | 22:45 WIB
0
66
Snack yang Cocok Untuk Lansia Bergizi dan Lezat
kakek nenek

Snack untuk para lansia sedikit berbeda dengan biasanya. Selain karena faktor usia, dan kondisi kesehatan membuat mereka perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Snack untuk lansia harus sehat sehingga agar mereka tidak sakit karena kondisi fisiknya tidak sekuat masa muda.

Selain itu, pemilihan snack juga memerlukan perhatian khusus. Harus memperbatikan banyak faktor salah satunya bagian otot untuk mengunyah mereka semakin lama sehingga gigitannya tidak kuat. Berikut ini adalah daftar snack yang bisa dicoba.

Baca Juga : Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Lansia

Daftar Snack untuk Lansia yang Sehat
1. Kacang-kacangan
Seorang yang sudah memasuki usia lanjut sebaiknya mempertimbangkan untuk memakan jenis kacang-kacangan. Kandungan protein dalam kacang akan membantu tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Kacang juga mengandung vitamin E untuk regenerasi kulit.

Jenis kacang yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah kacang almond, kacang mede, kacang kedelai dan kacang hijau. Sajiannya bisa diolah apa saja, sesuai dengan selera lansia. Kacang juga beperan besar untuk mengatasi penyakit jantung.

2. Telur Rebus
Kita semua tahu bahwa telur adalah salah satu jenis makanan yang sehat dan bisa didapatkan dengan mudah. Telur rebus bisa menjadi snack untuk lansia karena kandungan protein, multivitamin dan lemak di dalamnya bisa membantu para lansia menjaga kesehatan.

Lansia bisa memakan telur rebus secara langsung atau disajikan bersama jenis makanan lainnya. Telur bersifat lembek dan mudah untuk dicerna. Telur terbaik untuk dijadikan snack adalah telur ayam karena minim LDL dan kaya akan HDL.

3. Salad Buah
Sajian salad buah menjadi tren akhir-akhir ini karena digadang sebagai makanan yang sehat. Salad buah terdiri dari potongan buah yang umumnya dicampur dengan yogurt. Cemilan ini sangat sehat karena mampu melancarkan pencernaan dan menjaga bakteri baik di perut.

Tetapi, pastikan lansia tidak alergi dengan yogurt. Yogurt yang dipilih juga sebaiknya bervarian plain dan dalam kondisi yang baru. Pasalnya, yogurt yang baru masih memiliki kandungan yang penting seperti mineral dan vitamin baik untuk tubuh. Sementara yang lama bisa menimbulkan alergi.

4. Cokelat
Siapa bilang jika cokelat tidak bisa dijadikan sebagai snack untuk lansia? Cokelat yang paling tepat untuk dipilih sebagai snack adalah cokelat hitam. Jenis cokelat ini asli dihasilkan dari kokoa dengan rasa yang pahit di lidah, namun khas.

Cokelat hitam berbeda dengan jenis cokelat biasa karena ada kandungan antioksidan di dalamnya, sehingga dapat membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas. Banyak hal yang bisa dicegah dari penggunaan cokelat sebagai snack seperti mencegah kanker dan penyakit demensia.

5. Smoothie
Snack berupa smoothie merupakan pilihan yang tak kalah populer sebagai snack untuk lansia rendah gula. Smoothie merupakan campuran buah dengan berbagai bahan lainnya seperti yogut, biji chia, susu dan buah-buahan lainnya. Kandungan pada smoothie di antaranya adalah protein, kalsium dan vitamin.

Sajian smoothie tak hanya untuk snack saja. Anda bisa menyajikan smoothie untuk sarapan atau pengganti makan siang. Pastikan untuk mengecek bahan-bahan yang cocok karena lansia lebih mudah terpapar dengan alergi.

6. Oatmeal
Satu lagi jenis snack yang cocok untuk lansia adalah oatmeal. Meski banyak dikenal sebagai sajian sarapan, oatmeal juga bisa dijadikan sebagai snack. Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat yang menimbulkan rasa kenyang dan protein nabati dalam jumlah besar.

Baca Juga : Mengenal Ciri-ciri Telur Busuk

Snack Lezat tapi Tetap Sehat untuk Lansia
Kebutuhan setiap orang berbeda, sehingga perlu disesuaikan dengan gizinya masing-masing. Serta, berikan menu yang berbeda setiap harinya agar mereka tidak bosan dengan snack yang dibuat.

Untuk mewujudkan sehat di masa tua, dibutuhkan sumber nutrisi yang berkualitas baik untuk dikonsumsi secara rutin. Telur Indofarm memiliki nutrisi yang baik untuk keluarga dan kualitas terbaik.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan!