Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Lansia

Sabtu, 16 Juli 2022 | 23:39 WIB
0
72
Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Lansia
grandma and pa

Makanan memiliki peran yang sangat penting untuk bisa meningkatkan taraf manusia salah satunya untuk lansia, sehingga bisa tetap hidup sehat. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan begizi dapat membuat seorang lansia tetap bugar dan kondisi kesehatannya terjaga.

Dan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi memiliki tantangan tersendiri untuk kalangan lansia karena nafsu makan untuk lansia cenderung menurun karena berkurangnya fungsi syaraf seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu kami akan memberikan tips untuk memilih makan sehat untuk lansia.

Baca Juga : Manfaat Telur Ayam Cemani Yang Jarang Di Ketahui

Tips Memilih Makanan Sehat Lansia
1. Perhatikan Gizi di Dalam Makanan
Makanan yang harus mereka konsumsi adalah makanan dengan gizi seimbang. Anda harus tahu apa saja jenis nutrisi yang harus dipenuhi, mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan lainnya. Nutrisi yang baik akan membantu mereka tetap kuat dan bugar.

Sajian yang seimbang harus dalam satu sajian makanan lansia sehat sekaligus. Untuk itu, jenis makanan harus bermacam-macam selama mereka tidak memiliki jenis alergi tertentu. Apabila diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan lansia tentang jenis makanan apa yang mereka suka.

2. Mudah untuk Ditelan
Lansia memiliki masalah untuk mencerna makanan yang sulit untuk ditelan. Contohnya adalah ikan yang memiliki banyak tulang atau daging dengan lemak. Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu sehingga mereka dengan mudah memakannya.

Kemudian, Anda juga perlu membuat makanan menjadi ukuran yang lebih kecil atau halus. Contohnya adalah makanan yang dicincang atau dipotong dalam ukuran kecil. Makanan yang halus tentu bisa ditelan dengan lebih cepat karena tak perlu banyak mengunyah.

3. Snack Sehat
Siapapun akan menyukai snack, hanya saja pilihan snack untuk lansia perlu diperhatikan. Lansia hanya bisa memakan snack yang dengan gizi seimbang dan tidak mengandung banyak minyak. Pilihan utamanya adalah snack berupa buah-buahan yang sudah dipotong lebih kecil.

Lansia juga bisa minum jus buah. Hanya saja, jus buah seharusnya dibuat tanpa tambahan gula sehingga manisnya gula tak membahayakan mereka. Contoh snack lain adalah kacang-kacangan lunak untuk memelihara daya pikir mereka di usia tua.

4. Makanan Berserat
Makanan yang juga sangat penting bagi lansia adalah makanan berserat. Serat mudah dicerna tubuh dan digunakan untuk memperlancar pencernaan. Kandungan serat terbaik ada pada sayur dan buah-buahan. Pilih jenis buah yang sesuai dengan selera lansia.

Ada baiknya jika Anda juga memilih sayur atau buah dengan kandungan air yang banyak. Peran air tak hanya menghidrasi tubuh namun juga memperlancar pencernaan. Makanan berserat umumnya memiliki kadar air yang tinggi juga.

5. Makanan Lemak Sehat
Lemak juga masih dibutuhkan dalam menu makanan sehat untuk lansia. Makanan dengan lemak sehat di antaranya adalah alpukat. Buah yang satu ini tidak mengandung lemak berbahaya dan juga memiliki kadar protein tinggi sehingga bagus untuk lansia.

Hindari jenis makanan berlemak seperti yang digoreng menggunakan minyak, ditumis yang tidak sempurna, atau makanan pemicu kolesterol tinggi. Pilih jenis lemak sesuai kebutuhan dan juga tidak menyebabkan Anda menjadi terkena risiko jantung koroner.

6. Rendah Natrium
Bukan tanpa alasan jika makanan yang rendah natrium dibutuhkan para lansia. Makanan bernutrisi cenderung gurih dan sebaiknya dihindari. Garam-garaman yang tinggi bisa memicu hipertensi dan gangguan peredaran darah. Kurangi konsumsi garam-garaman dalam menu.

Baca Juga : Rahasia Hidup Sehat dan Bahagia di Masa Lansia

Menyediakan Makanan Lansia Sehat Setiap Hari
Tips memilih makanan lansia sehat di atas bisa Anda ikuti untuk tetap menjaga kesehatan lansia jangka panjang. Dan Anda harus menyajikan makanan yang sehat dan nikmat tanpa takut pantangan.

Memiliki usia yang panjang dan sehat adalah impian semua orang sehingga dapat menikmati waktu tua. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan banyak nutrisi yang berkualitas baik untuk dikonsumsi secara rutin. Indofarm hadir untuk menyediakan berbagai telur yang kaya akan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga dengan kualitas terbaik. 

Sergera kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut dan info pemesanan!