Manfaat Telur Ayam Cemani Yang Jarang Di Ketahui

Manfaat telur ayam cemani bisa dirasakan jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Apabila Anda menemukan telur ini di pasaran, saatnya untuk mengganti telur untuk mendapatkan khasiat kesehatan yang maksimal sepanjang hari.

Jumat, 8 Juli 2022 | 17:16 WIB
0
112
Manfaat Telur Ayam Cemani Yang Jarang Di Ketahui
ayam cemani

Ayam cemani adalah salah satu ayam asli indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, tepatnya di Desa Kedu, Kabupaten Temanggung. Ayam ini merupakan ayam asli indonesia yang mana tidak dapat di jumpai di tempat lain. Ternyata dibalik warnanya yang hitam ayam cemani memiliki banyak sekali manfaat.

Ayam ini berbeda dengan ayam kampung pada umumnya. Ayam cemani memiliki bentuk yang lebih kecil dengan seluruh anggota tubuh yang warna hitam. Bentuk telurnya pun mengandung berbagai manfaat yang bisa Anda simak di bawah ini.

Baca Juga : Awas, Kesalahan Memakai Masker Putih Telur ini Bahaya!

6 Manfaat Telur Ayam Cemani
1. Meningkatkan Stamina
Setiap orang membutuhkan stamina untuk bisa menjalankan aktivitasnya. Kandungan makanan yang penting dalam peran ini adalah protein. Kandungan di dalam telur ayam cemani sebagian besar adalah protein, itu sebabnya bisa meningkatkan stamina orang yang mengkonsumsinya.

Anda bisa menggunakan sajian telur ayam cemani dengan cara digoreng dengan menggunakan mentega. Rebusan telur ayam juga sangat lezat untuk dimakan. Sebagian besar lagi, orang akan mencampurkan telur ayam cemani ke dalam jamu untuk ketahanan tubuh yang baik.

2. Mengobati Sakit Maag
Sakit maag merupakan sakit yang biasa dialami orang-orang. Meski begitu, bahaya sakit maag bisa mengancam jiwa juga. Salah satu obat yang bisa digunakan mengatasinya secara alami adalah dengan mengonsumsi telur ayam cemani.

Telur ayam bisa dimakan dengan cara direbus, setidaknya dua kali sehari. Kadar protein dan juga lemak baik yang ada di dalam telur akan membantu kadar asam lambung menjadi berkurang. Dengan begitu, rasa sakit akibat penyakit maag bisa diatasi.

3. Menambah Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh bisa dimaksimalkan dengan mengkonsumsi telur ayam cemani. Kandungan omega tiga pada telur ini akan membuat kesehatan dan kekebalan tubuh semakin meningkat. Untuk bisa memaksimalkan khasiatnya, Anda bisa mengkonsumsi telur ayam sekali sehari.

Telur ayam cemani dipercaya bisa mencegah bakteri buruk yang ada di perut. Area perut menjadi awal pertahanan kekebalan tubuh yang tumbang akibat stres dan kelelahan. Anda bisa mengkonsumsi telur ayam ini dengan cara direbus untuk manfaat telur ayam cemani ini.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit jantung berisiko menyerang siapa saja. Selain pola hidup yang sehat, makanan juga perlu diperhatikan sehingga bisa dicegah. Anda bisa mengkonsumsi telur ayam cemani untuk memiliki jantung yang lebih sehat dalam jangka panjang. Ansa bisa mengolah menjadi rebusan telur.

Cara untuk mendapatkan manfaat telur ayam cemani asli yang satu ini adalah menjadikan telur sebagai pengganti telur biasa. Apabila Anda menemukan jual telur ayam cemani di pasaran, sebaiknya pilih ketimbang telur biasa. Telur ini mengandung HDL lebih tinggi pula.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Di dalam telur ayam cemani, terdapat manfaat untuk menjaga mata. Ada kandungan vitamin A yang berperan penting untuk mencegah rabun yang sering sekali dialami oleh banyak orang. Itu sebabnya, banyak orang yang memilih telur ini daripada telur ayam biasa.

Meski tidak setinggi dalam buah, setidaknya telur ini memiliki manfaat yang lebih daripada jenis telur lain. Vitamin A tidak akan rusak apabila tidak langsung terkena panas atau campuran lainnya. Untuk manfaat makan telur ayam cemani yang satu ini, sebaiknya direbus dalam keadaan masih dalam cangkang.

6. Menurunkan Kolesterol
Berbeda dengan jenis telur umumnya, telur ayam cemani tidak memiliki kolesterol. HDL yang tinggi malah membantu untuk mengusir lemak dengan jenis LDL. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsi ayam cemani. Telur ini tidak membawa kolesterol buruk ke tubuh Anda.

Baca Juga : Tips dan Trik Menurukan Berat Badan Secara Alami

Memperoleh Manfaat Telur Ayam Cemani Setiap Hari
Manfaat telur ayam cemani bisa dirasakan jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Apabila Anda menemukan telur ini di pasaran, saatnya untuk mengganti telur untuk mendapatkan khasiat kesehatan yang maksimal sepanjang hari.

Telur hijau ayam hitam Indofarm marupakan hasil persilangan ayam hitam dengan ayam cemani. Telur ini mengandung nutrisi 3x lebih banyak dan rendah kolesterol dari pada telur pada umumnya. Yuk segera kunjungi halaman produk indofarm untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan!