Awas, Kesalahan Memakai Masker Putih Telur ini Bahaya!

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:20 WIB
0
98
Awas, Kesalahan Memakai Masker Putih Telur ini Bahaya!
masker

Telur menjadi salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk kecantikan kulit wajah, selain dikonsumsi atau dimakan langsung. Misalnya dengan mengolahnya menjadi masker putih telur yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat, membuat kulit menjadi lembab, dan sebagainya.

Tapi walaupun telur ayam memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh, pemakaian masker yang kurang tepat bisa membahayakan kulit wajah. Ketahui dampak buruk dari memakai masker yang salah dengan bahan putih telur.

Baca Juga : Manfaat Telur Ayam Cemani Yang Jarang Diketahui

Kesalahan dalam Menggunakan Masker Putih Telur yang Membahayakan
Pemakaian masker putih telur setiap hari tidak dianjurkan karena memiliki efek samping tersendiri yang cukup membahayakan. Inilah dampak buruk dari pemakaian masker yang salah:

1. Munculnya Reaksi Alergi
Ketika seseorang memiliki alergi jika makan telur maka untuk produk olahan putih telur yang tidak dikonsumsi pun sebaiknya tidak digunakan. Mengoleskan putih telur pada wajah dapat membuat kulit wajah menjadi merah-merah, gatal-gatal, ruam, biduran dan sebagainya.

Bahkan untuk kondisi yang parah, reaksi alergi yang muncul dari masker ini bisa sampai kesulitan bernapas. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki reaksi alergi dari pemakaian putih telur ini atau tidak, bisa mencoba mengoleskannya ke bagian kulit lain terlebih dulu.

Misalnya di bawah dagu, belakang tangan, hingga di belakang telinga. Tunggu hingga beberapa menit saja kemudian bilas dengan menggunakan air. Periksa area tersebut apakah muncul kulit kemerahan, gatal-gatal, atau tanda alergi yang lainnya.

2. Infeksi di Wajah yang Sensitif
Apabila memiliki kondisi kulit wajah yang sensitif, biasanya sering muncul luka goresan yang tiba-tiba muncul. Jika luka itu terkena bahan mentah seperti putih telur maka hal itu bisa menyebabkan terjadinya infeksi sekunder.

Hal yang lebih dikhawatirkan lagi adalah adanya bakteri di dalam putih telur yang masuk ke dalam luka. Maka jika kondisi kulit wajah Anda sensitif sebaiknya lebih berhati-hati ketika menggunakan masker putih telur untuk jerawat.

3. Infeksi Salmonella
Terdapat kandungan bakteri salmonella di dalam telur ayam yang bisa menimbulkan keracunan. Maka konsumsi telur ayam dalam waktu yang lama sampai benar-benar matang, dengan suhu yang tinggi agar bakteri tersebut hilang.

Jika dalam hal perawatan wajah juga tidak dilakukan dengan lebih berhati-hati maka bakteri yang berbahaya ini bisa tertelan secara tidak sengaja. Apabila bakteri salmonela ini masuk ke dalam tubuh maka akan muncul gejala demam yang diiringi dengan diare, perut kembung, hingga muntah.

Itulah sebabnya tidak dianjurkan untuk makan telur ayam negeri dengan kondisi setengah matang, karena hal itu bisa membuat bakteri salmonela masih tertinggal di sana.

4. Mengontaminasi dan Membahayakan orang Lain
Pemakaian masker putih telur tiap hari juga dapat mengontaminasi permukaan seperti meja dapur atau westafel. Selain itu tetesan dari putih telur tersebut juga bisa mengotori rumah dan menyebar ke mana-mana.

Hal itu juga bisa membahayakan orang-orang yang ada di rumah, terutama untuk orang rumah yang memiliki alergi walaupun tidak dioleskan langsung pada kulitnya.

Walaupun banyak juga manfaat dari putih telur ini, tapi jika dibuat menjadi masker pemakaiannya harus lebih hati-hati. Misalnya dengan menggunakan sarung tangan ketika akan mengoleskannya di wajah, buat hanya di satu area saja sehingga tidak bertebaran dan berceceran di seluruh rumah.

Baca Juga : Benarkah Kalori Putih Telur Puyuh Tinggi?

Pemilihan Telur untuk Masker Putih Telur
Agar lebih aman bisa menggunakan telur ayam organik yang lebih higenis atau telur ayam kampung yang bebas dari bakteri. Salah satunya, Anda bisa menggunakan Telur Indofarm. Telur Indofarm diproduksi dengan cara yang higenis dan organik, sehingga terbebas dari bakteri dan bahan kimia berbahaya.

Selain itu, Indofarm juga menjamin kesegaran telur hingga saat Anda menerimanya. Yuk segera kunjungi halaman produk indofarm untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan!