Benarkah Kalori Telur Puyuh Tinggi?

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:13 WIB
0
163
Benarkah Kalori Telur Puyuh Tinggi?
telur

Makanan yang diolah dari telur puyuh kini sudah banyak sekali, dan mayoritas orang Indonesia memang menyukai telur puyuh. Tapi tahukah Anda bahwa kalori telur puyuh itu cukup tinggi? Itulah sebabnya Anda harus tahu kandungan nutrisi apa saja yang terkandung di dalam telur puyuh.

Jumlah kalori dari satu telur puyuh yang beratnya 9 gr jumlah kalorinya yaitu 14 kal dengan 9 kal yang berasal dari lemak. Maka jika Anda mengkonsumsi lima buah telur puyuh yang beratnya kurang lebih 50 gr, jumlah kalorinya mencapai 2000 kal.

Baca Juga : Berapa Menit Merebus Telur Puyuh Yang Pas

Kandungan Kalori Telur Puyuh
Ketika mengkonsumsi telur puyuh satu buah saja sebaiknya Anda berjalan kaki sekitar 4 menit, kemudian berlari kira-kira satu menit dan bersepeda selama dua menit saja. Tujuannya adalah untuk membakar kalori dari satu telur tersebut.

Meski demikian, telur puyuh juga memiliki kandungan protein yang tinggi, selain kandungan kalori. Kalori dalam 1 butir telur berjumlah 14 kal, jika dari satu telur tersebut beratnya 9 gr.

Kandungan lainnya yang juga terdapat pada telur puyuh adalah vitamin A, vitamin E, selenium, vitamin B, zinc, dan sebagainya. Jika dibandingkan, berapa jumlah kalori antara kalori telur puyuh vs ayam maka jumlahnya lebih banyak di telur puyuh.

Hitungan tersebut berasal dari satu porsi telur ayam dan satu porsi telur puyuh. Jika dihitung kembali, jumlah kalori telur ini memang rendah tapi jika dibandingkan dengan jumlah kalori pada telur unggas lainnya terbilang lebih tinggi.

Setelah mengetahui jumlah kalori dari telur ini, ada baiknya Anda membatasi konsumsi makanan ini agar tidak melewati batas jumlah kolesterol harian.

Manusia harus mendapat asupan kolesterol maksimal 300 mg per hari sedangkan pada telur puyuh jumlah maksimal kalorinya adalah 422 mg.

Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan
Seperti yang sudah dibahas di atas, kalori telur puyuh 1 butir yang cukup tinggi. Bahkan kandungan kolesterolnya pun kurang lebih 50 gr dari satu buah telur. Untuk lebih amannya sebaiknya Anda konsumsi telur puyuh maksimal 2 butir saja per harinya.

Setelah membahas mengenai kalori, ada baiknya kita mengetahui manfaat dari makanan ini juga. Berikut penjelasannya:

1. Mencerdaskan Otak
Selain kandungan kalori, telur puyuh juga memiliki kandungan kolin yang bermanfaat untuk melancarkan proses neurogenesis, plastisitas otak, dan juga untuk menjaga fungsi saraf di otak dengan baik.

Kandungan kolin tersebut juga bisa membantu menjaga fungsi kognitif pada orang dewasa. Apabila kekurangan kandungan kolin maka hal itu bisa menyebabkan fungsi otak menurun.

2. Melindungi Mata dari Kerusakan
Banyak olahan telur puyuh, bisa diolah menjadi telur goreng atau telur puyuh rebus. Ketahui juga bahwa manfaat dari konsumsi telur puyuh ini adalah melindungi mata dari kerusakan. Hal itu berasal dari vitamin A yang ada di dalamnya.

Tak hanya menghindari kerusakan mata saja tapi juga menjaga kemampuan penglihatan dengan baik. kandungan luteinnya juga mampu menurunkan risiko degenerasi makula yang berhubungan dengan zinc yang baik untuk kesehatan retina.

3. Menjadi Obat Alergi yang Alami
Kalori dalam telur ini yang lebih tinggi dibanding jumlah kalori di jenis lainnya, tak membuat khasiatnya berkurang.

Telur puyuh juga bisa menjadi obat alergi yang alami, misalnya meredakan peradangan yang disebabkan oleh alergi dari jenis makanan tertentu. Maka jika Anda mengalami alergi ringan seperti bersin-bersin atau bahkan radang, redakan dengan konsumsi telur puyuh.

Baca Juga : Manfaat Telur Ayam Cemani Yang Jarang Diketahui

Kini, Anda sudah tahu berapa kalori telur puyuh dari 1 butir hingga 100 gr banyaknya. Untuk bisa mendapat nutrisi yang maksimal, pilihlah Telur dengan kualitas terbaik dari Indofarm. Telur Indofarm mengandung nutrisi dan omega-3 tinggi, serta bebas dari bahan kimia serta bakteri berbahaya. Yuk kunjungi halaman Produk Indofarm untuk informasi dan pemesanan.