Berapa Menit Merebus Telur Puyuh yang Pas?

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:53 WIB
0
120
Berapa Menit Merebus Telur Puyuh yang Pas?
telur

Supaya telur puyuh bisa direbus dengan benar dan sempurna, tanpa retak/pecah diperlukan trik yang tepat saat merebusnya. Kebanyakan orang masih bertanya-tanya, berapa menit merebus telur puyuh. Jawabannya beragam, ada beberapa tahapan waktu dalam merebus telur puyuh.

Dengan mengetahui waktu perebusan telur yang ideal maka hasilnya telur akan matang sempurna. Cara merebus telur puyuh agar tidak pecah dengan tingkat kematangan yang sesuai, adalah dengan mengetahui waktu-waktu ideal dalam merebusnya.

Baca Juga : 6 Manfaat Telur Puyuh Untuk Balita dan Anak

Berapa Menit Merebus Telur Puyuh Sampai Matang dengan Sempurna?
Untuk mengetahui waktu ideal untuk merebus telur puyuh sebaiknya Anda merebusnya terlebih dulu, atau mempraktikkannya secara langsung. Berikut ini cara merebus telur puyuh sampai benar-benar matang :

1. Menyiapkan Air dengan Panci Sesuai Kebutuhan
Langkah pertama yaitu mempersiapkan panci dan juga air secukupnya terlebih dulu untuk merebus telur tersebut. Walaupun tak ada perbandingan yang pasti, tetapi idealnya telur yang akan direbus harus terendam secara keseluruhan.

2. Jika Baru Dimasukkan ke Kulkas, Hangatkan Telur Terlebih Dulu
Hangatkan dulu telur yang baru dimasukkan ke kulkas ke suhu ruangan sebelum mulai direbus. Tujuannya agar suhu dingin dari kulkas berkurang, dan telur pun tidak akan pecah ketika dimasukkan ke dalam panci.

3. Panaskan Airnya Sampai Mendidih
Langkah berikutnya adalah memanaskan airnya hingga mendidih, tapi jika air sudah mulai mendidih kecilkan dahulu apinya.

4. Memasukkan Telur ke dalam Panci
Setelah itu masukkan telur ke dalam panci dan masukkan dengan hati-hati satu per satu. Jika semua telurnya sudah masuk ke dalam panci maka besarkan kembali api dan tunggu lagi sampai airnya mendidih kembali.

5. Merebus Telur Sesuai dengan Tingkat Kematangannya
Jadi, berapa menit merebus telur puyuh sampai benar-benar matang? Berikut ini panduan waktu merebus telur puyuh dengan tingkat kematangan masing-masing :

  •  Selama 7 Menit : Jika ingin telurnya hanya setengah matang maka Anda bisa merebus telur hanya dalam waktu 7 menit saja.
  • Selama 8 Menit : Jika Anda menginginkan bagian kuning telurnya tidak terlalu cair dan juga lebih bertekstur dan masih lunak maka rebus telur selama 8 menit saja.
  • Selama 10 Menit : Jika ingin telur bertekstur lebih matang tapi bagian tengahnya masih lunak, maka rebus telur selama 10 menit.
  • Selama 12 Menit : Berapa lama masak telur puyuh? Untuk tingkat kematangan yang sempurna, Anda hanya perlu waktu 12 menit saja maka telur puyuh sudah benar-benar matang.

6. Memindahkan Telur ke Wadah dalam Proses Mendinginkan Telur
Langkah terakhir setelah telur matang dan selesai direbus adalah, memindahkan telur ke wadah untuk mendinginkan telur tersebut.

Cara Lain Merebus Telur Puyuh
Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa merebus telur puyuh dengan cara lainnya seperti berikut:

Masukkan telur ke dalam panci lalu rebus selama 3 – 4 menit. Jika sudah mendidih kecilkan api dan rebus kembali selama 2 menit.
Matikan kompor setelah 5 menit kemudian lalu biarkan telur puyuh berada di dalam panci selama 10 – 15 menit sampai airnya menjadi hangat.
Ambil telur puyuh dan masukkan ke dalam air dingin.
Telur siap untuk dikupas dan diolah kembali sesuai selera.

Jadi, berapa lama merebus telur puyuh hingga matang? Untuk cara yang pertama hanya diperlukan waktu 12 menitan saja. Tapi untuk cara yang kedua waktu perebusan kurang lebih 15 – 20 menit.

Baca Juga : Benarkah Kolesterol Telur Puyuh Baik Kesehatan

Kini Anda sudah paham dengan waktu ideal dalam merebus telur puyuh, dan tak perlu bertanya lagi berapa menit merebus telur puyuh. Untuk telur puyuh berkualitas unggulan dapatkan sekarang juga di Indofarm sebagai agen telur puyuh terpercaya.

Telur Puyuh Indofarm mengandung nutrisi dan omega 3 tinggi, serta terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya. Yuk segera kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi Produk dan pemesanan lebih lanjut!