6 Manfaat Telur Puyuh untuk Balita dan Anak

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:24 WIB
0
99
6 Manfaat Telur Puyuh untuk  Balita dan Anak
egg

Bagi anak bayi yang sudah mulai bisa mengkonsumsi makanan padat tentu akan memberi makanan bernutrisi. Salah satunya yaitu telur puyuh yang menjadi sumber makanan andalan. Banyak sekali manfaat telur puyuh untuk anak baik bayi dan balita.

Dalam telur puyuh tersebut terdapat kandungan kalsium, potasium, protein dan juga magnesium yang baik untuk nutrisi dan perkembangan anak. Risiko alergi dalam telur puyuh lebih rendah dibandingkan telur ayam.

Baca Juga : 15 Bahan Makanan yang Mengandung Tinggi Protein

Manfaat Telur Puyuh untuk Anak dan juga Balita
Ada sejumlah manfaat telur puyuh untuk anak balita yang harus Anda ketahui, dan bagus untuk pertumbuhan serta perkembangannya seperti berikut:

1. Meningkatkan Imun Anak
Kandungan protein menjadi elemen yang penting yang bisa mendukung sistem kekebalan pada anak. Sistem kekebalan tubuh bayi yang usianya di bawah 1 tahun memang belum kuat. Maka dibutuhkan asupan protein yang cukup misalnya dari telur puyuh.

Telur puyuh akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin yang ada di dalam darah. Rutin konsumsi telur puyuh juga juga bisa menjaga kesehatan hati, kantung empedu, dan ginjal.

2. Meningkatkan Pembentukan Sel Darah Merah
Kandungan zat besi pada telur puyuh juga cukup tinggi. Kandungan nutrisi ini sangat penting dalam memproduksi sel darah merah serta untuk menyusun hemoglobin, dalam meningkatkan kadar oksigen yang ada di dalam tubuh.

Menjaga asupan zat besi pada anak-anak dalam jumlah cukup juga bisa menghindarkan mereka dari risiko terkena anemia.

3. Dapat Melindungi dan Menjaga Kesehatan Mata
Zat yang terdapat dalam kuning telur juga bisa membantu melindungi mata anak-anak dari kerusakan, dengan cara menyaring cahaya berwarna biru. Tepatnya pada bagian retina mata, yang sangat baik untuk kesehatan mata anak-anak.

Sehingga manfaat telur puyuh bagi anak yang berikutnya adalah menjaga kesehatan mata. Telur puyuh ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan atau untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Tak hanya anak-anak saja tapi orang dewasa dan orang tua juga dianjurkan untuk konsumsi telur puyuh. Selama orang-orang tua tersebut tidak memiliki kadar kolesterol yang tinggi atau tidak memiliki penyakit diabetes.

4. Kaya Kandungan Kolesterol Baik
Sebanyak 60% kandungan lemak terdapat pada telur puyuh, yang merupakan jenis kolesterol baik atau lemak HDL. HDL yang kadarnya tinggi bisa melawan DL yang ada di dalam tubuh.

Selain itu anak-anak yang konsumsi telur puyuh dengan rutin dan dalam jumlah wajar, maka akan terlindungi dari sejumlah penyakit bahaya dan mematikan seperti misalnya kanker, jantung dan radang sendi.

5. Mendukung Perkembangan Otak Anak
Manfaat telur puyuh untuk anak kecil berikutnya adalah bagus untuk perkembangan otak anak. Telur puyuh menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung kolin tinggi.

Unsur itulah yang bisa membantu mengoptimalkan perkembangan dari otak anak, daya pikirnya, fokus anak, konsentrasi, dan meningkatkan daya ingat.

6. Mengandung Zat Anti Kanker
Tubuh manusia tidak bisa mensintesis zeaxanthin dan juga lutein yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga peran makanan yang kaya akan kedua zat tersebut sangat dibutuhkan, karena sangat baik dalam mencegah penyakit kanker yang berbahaya.

Sumber makanan dengan kandungan zeaxanthin dan lutein yang sangat tinggi bisa diperoleh dari telur puyuh. Itulah sebabnya banyak orang tua yang memberi makan telur puyuh untuk bayi yang sudah mulai bisa mengunyah dan makan makanan padat.

Baca Juga : 10 Makanan Lezat dan Sehat yang Cocok Untuk Keluarga

Memaksimalkan Manfaat Telur Puyuh untuk Anak
Dari sejumlah manfaat telur puyuh untuk anak di atas, sudah jelas bahwa makanan ini memang baik untuk kesehatan baik anak-anak maupun orang tua. Namun, pastikan Anda membeli telur puyuh dengan jumlah secukupnya dan kualitasnya terbaik hanya dari Indofarm.

Telur Puyuh Indofarm mengandung nutrisi dan omega 3 yang tinggi. Selain itu, telur Indofarm dihasilkan secara organik sehingga terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya. Yuk segera kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi produk dan pemesanan!

Telur Puyuh Indofarm mengandung nutrisi dan omega 3 yang tinggi. Selain itu, telur Indofarm dihasilkan secara organik sehingga terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya. Yuk segera kunjungi halaman produk indofarm untuk informasi produk dan pemesanan!