Mengenal Ciri-ciri Telur Busuk

Telur perlu diolah dalam keadaan segar agar aman dikonsumsi. Gunakan cara di atas untuk bisa membedakan ciri-ciri telur busuk dan mana yang masih segar.

Jumat, 22 Juli 2022 | 22:44 WIB
0
38
Mengenal Ciri-ciri Telur Busuk
egg

Telur menjadi makanan sumber protein yang sangat besar sebagai jalan pintas bagi banyak orang. Selain karena mudah diolah, telur juga mudah didapat dengan harga murah.

Pasalnya, telur merupakan makanan yang tidak bisa dilihat kondisi dalamnya. Karena cangkang telur tidak tembus pandang, namun semi permiabel. Pemilihan telur perlu hati-hati agar aromanya tidak bau dan menyajikan makanan yang sehat untuk santapan. Berikut ini adalah ciri-cirinya.

Baca Juga : Rahasia Hidup Sehat dan Bahagia di Masa Lansia

Ciri-ciri Telur Busuk
1. Tanggal Kedaluwarsa
Saat ini, banyak telur yang dijual dengan kemasan resmi. Telur yang satu ini memiliki izin dagang dan biasanya ada di supermarket. Penghasil telur biasanya akan menentukan batas waktu untuk bisa mengolah dengan cara digoreng atau direbus dan memakan telur tersebut.

Tanggal kedaluwarsa bukan berarti sudah busuk, melainkan kualitasnya yang dinilai tidak layak. Jauh dari tanggal tersebut, maka telur sudah tidak layak lagi untuk dimakan. Pastikan cek tanggal kedaluwarsanya untuk mendapatkan telur yang aman untuk dikonsumsi.

2. Tenggelam di Dalam Air
Cara membedakan ciri-ciri telur busuk dan bukan bisa dengan cara ditenggelamkan di air. Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan di pasar, namun bisa di rumah. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mengolah telur yang mungkin saja sudah lama berada di kulkas.

Telur yang tenggelam memiliki arti bahwa telur layak dikonsumsi. Sementara telur yang melayang berarti sudah memiliki penurunan kualitasnya. Sementara telur yang mengapung di atas air tandanya sudah sangat tidak layak dikonsumsi dan sebaiknya dibuang saja karena isinya pasti busuk.

3. Cek Cahaya pada Telur
Cara yang satu ini juga bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan senter. Mengecek cahaya memang terdengar aneh namun bisa dijadikan cara mengetahui apakah telur masih dalam keadaan bagus atau tidak. Jadi, gunakan senter yang sangat terang untuk tes ini.

Caranya adalah dengan menaruh telur di sebuah tempat dengan background putih. Kemudian, senter telur dari jauh. Apabila telur masih dalam keadaan terang, maka telurnya masih segar. Sementara kondigi gelap pertanda sebagai ciri-ciri telur ayam busuk.

4. Koyak Telur di Dekat Telinga
Cara yang satu ini sangat mudah dan sama sekali tidak membutuhkan alat apapun selain indera pendengaran Anda. Hanya saja, cara ini bisa dilakukan apabila telur tidak pernah ditaruh di kulkas apalagi di bagian pembekunya.

Caranya adalah, kocok telur di dekat telinga. Apabila telur mengeluarkan bunyi seperti setengah kosong, itu adalah ciri-ciri telur busuk. Sementara telur yang segar tidak akan mengeluakan bunyi apapun sehingga aman untuk disantap.

5. Cium Bau Telur
Cara dari luar satu ini juga cukup ampuh untuk melihat kualitas telur. Telur yang dari luar saja sudah mengeluarkan bau tidak sedap, tandanya telur tersebut sudah busuk. Bahkan setelah telur dicuci sekalipun menggunakan air, telur tetap mengeluarkan bau busuk.

Lapisan semipermeabel pada telur membuatnya mudah mengeluarkan aroma. Telur yang segar tidak akan mengeluarkan bau busuk sama sekali bahkan ketika telur tidak dicuci sekalipun.

6. Lihat Kondisi Cangkang
Kondisi cangkang pada telur menjadi cara apakah telur memiliki kualitas baik atau tidak. Cangkang yang sudah retak menjadi gerbang untuk kuman membusukkan telur lebih cepat. Telur yang mudah pecah di satu bagian tertentu juga pertanda kualitasnya sudah sangat buruk.

Baca Juga : Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Lansia

Hindari Telur Busuk dengan Pilih Telur yang Masih Segar

Telur perlu diolah dalam keadaan segar agar aman dikonsumsi. Gunakan cara di atas untuk bisa membedakan ciri-ciri telur busuk dan mana yang masih segar.

Memiliki keluarga yang sehat adalah impian semua orang. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan sumber nutrisi yang berkualitas baik untuk dikonsumsi secara rutin. Telur Indofarm hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga dengan kualitas terbaik. Dihasilkan secara organik, membuat Telur Indofarm terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya.

Yuk segera kunjungi halaman produk indo farm untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan!