6 Kebiasaan Penyebab Badan Lemas Sehari-hari

Senin, 12 September 2022 | 12:37 WIB
0
70
6 Kebiasaan Penyebab Badan Lemas Sehari-hari
sleep

Pernahkah Anda merasakan badan lemas dan mudah capek? Ditengah kesibukan dan padatnya jadwal yang kita miliki sehari hari, sering kali kita merasa badan lemas. Hal ini tentunya sangat mengganggu sehingga membuat kita tidak produktif. 

Umumnya orang yang sering merasa badannya lemas karena terlalu lelah atau kurang tidur. Meskipun demikian, ternyata masih ada banyak penyebab badan lemas.

Yuk langsung saja kita bahas apa saja penyebabnya!

Baca Juga : Beragam Manfaat Telur Ayam Kampung yang Jarang Diketahui

Waspadai 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Badan Lemas!
Berikut ini adalah kebiasaan buruk penyebab badan sering lemas :

1. Kurang Tidur
Anggapan bahwa kurangnya waktu tidur dan istirahat dapat membuat badan menjadi lemas tidaklah salah. Hal ini merupakan reaksi umum yang sering terjadi jika tubuh Anda terus terjaga dalam waktu 20 jam sehari. Padahal tubuh Anda membutuhkan waktu istirahat setidaknya 6-7 jam perhari.

Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan waktu tidur yang cukup kepada tubuh agar tetap terus bugar dan sehat. Pastikan juga untuk menghindari gadget di jam tidur agar tidak mengalami insomnia dan bisa tidur dengan nyenyak.

2. Sleep Apnea
Sleep Apnea adalah salah satu gangguan tidur yang menjadi penyebab badan lemas. Gejala yang sering terjadi dari gangguan ini adalah kondisi tubuh yang berhenti bernafas pada saat waktu tidur. Biasanya banyak orang yang tidak sadar telah mengalami gejala ini.

Akan tetapi, hal ini bisa menyebabkan dengkuran yang cukup keras pada saat tidur sehingga membuat tubuh menjadi sangat lelah dan lemas pada siang harinya. Gangguan tidur ini bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol serta berat badan berlebih.

3. Kurang Makan Makanan Bergizi
Energi yang Anda miliki didapatkan dari asupan makanan yang dikonsumsi. Kurang makan atau kurang gizi juga dapat mempengaruhi badan dan tubuh Anda sehingga menjadi mudah lelah dan capek. Apalagi makanan yang dikonsumsi terdapat kandungan zat gula yang cukup tinggi.

Hal ini juga dapat menjadi penyebab badan lemas, ngantuk dan lelah. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga makanan yang Anda konsumsi agar tetap seimbang. Pastikan Anda memakan makanan bergizi seperti telur, buah dan sayur-sayuran.

4. Anemia
Anemia adalah salah satu penyakit yang terjadi akibat kekurangan dari zat besi. Orang yang mengalaminya akan merasakan badan mudah lelah dan lemas. Biasanya yang sering mengalami hal ini adalah perempuan.

Biasanya perempuan yang mengalami hal ini pada saat menstruasi atau dalam masa kehamilan. Untuk mengatasi dan menghindari ini, pastikan untuk memakan makananan yang mengandung banyak zat besi. Anda juga bisa menambahkannya dengan mengonsumsi suplemen zat besi dengan dosis yang sesuai.

5. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein
Banyak orang yang mengira bahwa kafein dapat menambah energi pada tubuh dan membuatnya menjadi lebih bugar. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga tidak baik untuk tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan lelah jika efek dari kafein memudar. Selain menjadi penyebab badan lemas, terlalu banyak kafein juga dapat membuat seseorang insomnia dan mudah gelisah.

6. Hipotiroidisme
Tiroid merupakan kelenjar yang berfungsi untuk mengatur metabolisme pada tubuh. Apabila kelenjar tiroid pada tubuh kurang aktif maka tubuh akan menjadi mudah lemas, berat badan yang meningkat hingga depresi.

Untuk mengobatinya, Anda bisa langsung melakukan tes darah agar mendapatkan hasil yang jelas dan konsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga : Benarkah Telur Menyebabkan Jerawat?

Hindari Penyebab Badan Lemas dengan Mengonsumsi Telur
Itu tadi adalah penyebab badan lemas yang mungkin saja sedang Anda alami. Jika Anda tetap mengalami badan lemas secara terus menerus, Anda bisa langsung konsultasikan hal tersebut ke dokter rumah sakit terdekat untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

Tubuh yang lemas merupakan salah satu pertanda tubuh Anda tidak mendapatkan gizi yang cukup. Konsumsi makanan penuh gizi seperti telur. Telur Indofarm dihasilkan dari peternakan alami yang higenis serta modern, sehingga terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut mengenai Telur Omega 3 Organik, Telur Ayam Kampung Omega 3, ataupun Telur Hijau dari Ayam Hitam!