Beragam Manfaat Telur Ayam Kampung yang Jarang Diketahui

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 12:48 WIB
0
78
Beragam Manfaat Telur Ayam Kampung yang Jarang Diketahui
foto telur ayam kampung

Telur disarankan untuk dikonsumsi tiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh karena mengandung berbagai macam gizi yang baik untuk tubuh serta tinggi akan protein. Namun, dalam memilih telur perlu perhatian karena terdapat banyak jenis tergantung jenis ayam indukannya. Telur ayam kampung disebut-sebut memiliki lebih banyak manfaat dari jenis telur lainnya, namun masih jarang diketahui.

Baca Juga : Berbagai Macam Kecerdasan Pada Anak, Yang Orang Tua Harus Tau!

Apa Itu Telur Ayam Kampung?
Telur Ayam Kampung adalah telur yang dihasilkan dari ayam yang dibesarkan di luar kandang sehingga hidup lebih bebas. Ayam kampung dapat mencari makanannya sendiri secara alami seperti tanaman, biji-bijian dan serangga.

Makanan alami ini lebih sehat karena terbebas dari bahan kimia. Selain itu nutrisinya lebih tinggi dan bervariasi, sehingga telur ayam kampung menjadi lebih kaya nutrisi. Hidup di alam bebas membuat ayam kampung merasa bahagia dan bebas dari stres. Hal ini sangat baik untuk ayam dan telurnya.

Jika ayam stres, maka banyak penyakit yang mudah menyerangnya. Kalau pun tidak sakit, kondisi stres menyebabkan tubuh ayam membakar lebih banyak energi dan nutrisi. Maka dari itu, telur ayam yang stres akan menjadi kurang bergizi.

Telur ayam kampung mengandung lemak tidak jenuh, omega 3, vitamin E, dan vitamin D yang lebih banyak daripada telur biasa.

Ciri Ciri Telur Ayam Kampung
Meski sma-sama telur ayam, ada beberapa perbedaan telur ayam kampung dengan telur ayam biasa. Berikut ciri-ciri yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan telur ayam kampung dengan telur biasa.

  • Memiliki ukuran yang lebih kecil dari telur biasa
  • Berbentuk oval dan bertekstur halus
  • Memiliki ujung yang lebih meruncing dari telur biasa
  • Cangkang berwarna lebih putih
  • Pada bagian isi, kuning telurnya memiliki warna yang lebih orange pekat dibanding telur ayam biasa.

Manfaat Telur Ayam Kampung
Dalam satu butir telur ayam kampung dengan ukuran 100 gram, terdapat banyak kandungan hebat. Mulai dari protein, energi, karbohidrat, vitamin A, lemak, zat besi, dan masih banyak lagi. Pantas saja jika manfaat berikut ini bisa dirasakan ketika Anda mengkonsumsi telur tersebut.

1. Meminimalisir Penyakit Jantung
Jika Anda mengkonsumsi telur ayam kampung, bisa menambah kadar kolesterol baik di dalam tubuh atau disebut High Density Lipoprotein 10 persen dari kadar biasanya.

Dengan kondisi tersebut, kinerja jantung akan lebih baik dan meminimalisir terjadinya serangan jantung akibat penumpukan kolesterol jahat sebab ada kolesterol baik yang membantu menstabilkan kondisi lemak jahat tersebut.

Salah satu zat yang berperan dalam hal tersebut adalah kolin, yang akan memecah lemak jahat di dalam darah sehingga aliran darah menuju dan dari jantung menjadi lebih baik.

2. Menghindari Penyakit Katarak Pada Mata
Kandungan vitamin A, zeaxanthin dan lutein di dalam telur ini, berkolaborasi untuk membuat mata bekerja dengan lebih baik. Antioksidan yang muncul akan membantu retina terbebas dari radikal bebas berbahaya.

Manfaat telur ini akan berefek saat sudah usia tua, yaitu mata akan tetap jernih tanpa masalah katarak yang rentan terjadi pada lansia. Dengan rutin mengkonsumsi telur ayam kampung, kadar tiga zat tersebut selalu terpenuhi dan membuat mata juga tidak mudah tua dan kehilangan fungsinya.

3. Meminimalisir Kolesterol Jahat
Kandungan Omega-3 di dalam telur, akan membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Mineral tersebut akan membantu memecah trigliserida, yang menjadi komponen utama kolesterol jahat.

Alhasil, di dalam darah tidak akan ada lemak jahat dalam jumlah banyak. Darah bisa mengalir dengan lancar dan semua fungsi organ vital jadi lebih baik.

4. Manfaat Telur Ayam Kampung pada Kinerja Otak
Kolin merupakan zat yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan otak. Telur ayam kampung mengandung setidaknya 100 gram kolin, artinya proses tumbuh kembang otak akan lebih maksimal ketika kolin tersedia dalam jumlah banyak.

Mulai dari fungsi membentuk membran sel otak, kemudian membuat fungsi membran mengantarkan sinyal menjadi lebih berkualitas.

Tidak salah, jika sejak dini anak disarankan untuk sering makan telur tersebut agar khasiat telur ayam kampung bisa benar-benar berdampak untuk masa depannya.

5. Membantu Perkembangan Sel Tubuh
Sel di dalam tubuh dibentuk salah satunya oleh protein, ketika jumlah protein yang tersedia mencukupi maka sel akan berkembang dengan maksimal. Baik itu strukturnya hingga mendukung fungsi dari setiap sel tersebut. Oleh karenanya, penting mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

Protein yang mengandung asam amino esensial di dalam telur, akan membantu membuat sel menjadi lebih baik sehingga tubuh bisa merasakan efek luar biasa. Seperti kesehatan terbaik, daya tahan tubuh tinggi, hingga kecerdasan sel pada otak.

6. Massa Otot Jadi Lebih Baik
Asam amino yang terdapat di dalam protein, juga membantu tubuh untuk dapat memiliki massa otot lebih baik. Kinerja otot juga lebih baik dan kuat, sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang otot.

Tidak salah, jika sehabis beraktivitas selalu disarankan mengkonsumsi telur ayam kampung untuk meregenerasi kondisi otot di dalam tubuh.

7. Makanan Diet yang Alami dan Tepat
Kandungan karbohidrat dan protein di dalam telur jenis ini, akan membantu perut menjadi lebih kenyang. Alhasil, keinginan untuk makan jenis makanan lain menjadi bisa dikendalikan selama melakukan program diet.

Selain itu, kalori telur rebus rendah namun mengandung banyak nutrisi lain seperti protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, kebutuhan nutrisi tubuh bisa tetap terjaga walaupun Anda sedang diet.

8. Meningkatkan Kesuburan Pria maupun Wanita
Selain mengandung protein, telur kampung memang memiliki kandungan Vitamin B yang tinggi. Vitamin B memang sangat bagus untuk kesuburan wanita maupun pria.

Selain itu, telur ayam kampung juga mengandung asam lemak Omega-3. Kandungan asam lemak Omega-3 yang ada di dalam telur ayam kampung juga bermanfaat untuk kesuburan pria maupun wanita yang mengonsumsinya.

Beberapa pendapat juga menyatakan bahwa makan kuning telur ayam kampung yang dicampur dengan minyak kedelai bisa manambah asupan asam lemak baik. Campuran ini dianggap mampu mencegah sel tubuh menyerang embrio pada wanita yang memiliki antobodi anti-embrio.

9. Meningkatkan Kesehatan Sel Telur dan Janin
Kolin pada telur kampung dapat meningkatkan kesehatan sel telur dalam tubuh wanita dan mengurangi ririko cacat lahir pada janin yang dikandung. Pendapat tersebut dikemukakan dalam sebuah studi di The American Journal of Clinical Nutrition.

Apakah telur kampung bisa menyuburkan rahim?

Ahli diet bernama Lily Nichols menyatakan bahwa memakan telur memang dapat bermanfaat untuk kesehatan sel telur. Khasiat telur kampung untuk kesuburan wanita karena telur ayam kampung bermanfaat untuk kesehatan sel telur.

Oleh karenanya, telur ayam kampung menjadi salah satu makanan utama bagi wanita yang sedang menjalani program hamil.

Manfaat dan Risiko Makan Telur Ayam Kampung Mentah
Banyak yang menganggap makan telur ayam kampung mentah memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stamina dan membantu membentuk otot. Karenanya, banyak yang mengonsumsi telur mentah dicampur dengan bahan lain seperti madu, susu, jahe, atau bahkan tanpa dicampur sama sekali.

Memang, memasak atau memanaskan telur dapat mengurangi atau merusak beberapa nutrisi yang dikandungnya, seperti kalium, protein, vitamin A dan vitamin B5. Berdasarkan hal itu, orang-orang menganggap telur mentah mengandung nutrisi yang maksimal.

Tapi, apakah benar demikian?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa manfaat telur ayam kampung berkurang jika dimakan mentah :

Dalam sebuah penelitian pada International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2004, ditemukan bahwa protein pada telur mentah lebih sulit untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Bahkan hanya 50% saja protein yang akan terserap oleh tubuh. Hal ini berbanding terbalik dengan protein pada telur yang matang. Pada telur matang, 90% protein mampu diserap oleh tubuh.
Selain protein, kondisi mentah juga menghambat proses penyerapan vitamin B7. Hal ini dikarenakan ada kandungan pada putih telur bernama Avidin yang menghambat proses penyerapan vitamin B7 dalam tubuh. Zat Avidin ini biasanya hancur saat proses pemanasan atau masak.
Adanya bakteri Salmonella pada telur yang masih mentah. Bakteri salmonella merupakan bakteri yang hidup dalam berbagai produk hewani seperti telur dan daging. Bakteri ini bisa menyerang manusia dan menyebabkan infeksi. Meski demikian, Anda bisa membunuhnya dengan mudah, yaitu dengan cara memasak telur hingga matang.
Jika Anda tetap ingin memakan telur mentah, pastikan Anda membeli telur dari peternakan yang higenis dan organik, sehingga terbebas dari bakteri salmonella dan bakteri berbahaya lainnya.

Baca Juga : Permainan Seru yang bisa di mainkan di Rumah untuk Anak Tanpa Gadget

Memaksimalkan Manfaat Telur Ayam Kampung
Ternyata ada banyak sekali manfaat telur ayam kampung, Benar! Ayam kampung memang menghasilkan telur yang lebih baik dari ayam jenis lain, namun perawatan yang baik akan telur yang dihasilkan lebih berkualitas.

Indofarm menyediakan Telur Ayam Kampung Omega 3 yang dihasilkan dari peternakan sendiri yang dijalankan secara organik dan higenis. Oleh karenanya, Telur Indofarm bebas dari bahan kimia dan bakteri salmonella. Selain itu, kandungan omega-3 yang dimilikinya juga tinggi.

Yuk, langsung kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi Telur Indofarm lebih lanjut!