Berbagai Macam Kecerdasan Pada Anak, Yang Orang Tua Harus Tau!

Rabu, 24 Agustus 2022 | 14:51 WIB
0
54
Berbagai Macam Kecerdasan Pada Anak, Yang Orang Tua Harus Tau!
smart girl reading a book

Memilikki anak cerdas merupakan impian semua orang tua. Namun, sering kali kita menilai kecerdasan anak hanya dari kemampuan berbahasa atau cara berpikir logisnya saja. Padahal, ada berbagai macam kecerdasan pada anak.

Memahami macam-macam kecerdasan anak merupakan tugas orang tua. Dengan demikian, orang tua bisa membantu mengarahkan anaknya untuk mengembangkan kelebihannya masing-masing.

Lalu apa saja macam-macam jenis kecerdasaan anak beserta kelebihan yang harus Anda ketahui? Di artikel ini akan membahas hal tersebut secara rinci. Yuk simak informasinya berikut ini:

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil

9 Macam Kecerdasan Anak yang Wajib Diketahui
1. Kecerdasan Visual Spasial
Salah satu jenis kecerdasan pada anak adalah kecerdasan visual spasial. Howard Gardner menyebutkan jenis kecerdasan ini merupakan kemampuan anak untuk memahami serta mengenali objek yang telah dilihat sebelumnya.

Anak dengan kecerdasan visual spasial dapat mengingat wajah seseorang, bentuk, gambar dan gerakan yang dilihat lebih mudah dan cepat. Jika anak dapat mengingat gerakan sebuah tarian dengan cepat bisa jadi anak tersebut memiliki kecerdasan spasial.

2. Kecerdasan Kinestetik
Jenis kecerdasan anak yang kedua adalah kecerdasan kinestetik. Anak yang memiliki kecerdasan ini akan lebih aktif dibandingkan dengan anak lainnya. Mereka biasanya lebih suka bergerak dan menyukai aktivitas yang sibuk. Selain itu, anak yang memiliki kecerdasan ini juga senang dengan gerakan tarian atau koordinasi tubuh yang selaras.

3. Kecerdasan Linguistik
Selanjutnya, ada juga kecerdasan linguistik yang merupakan kemampuan memahami suatu bahasa dengan baik. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya dapat dengan cepat memahami kata-kata, tulisan dan ucapan dari orang lain dengan lebih cepat.

Untuk merangsang salah satu jenis kecerdasan ini, Anda bisa mengenalkan beberapa kata melalui lagu atau cerita.

4. Kecerdasan Logis Matematis
Ada juga kecerdasan logis matematis yang merupakan salah satu kecerdasan yang berhubungan dengan angka dan logika. Biasanya, anak yang memiliki kecerdasan ini akan sangat senang untuk memecahkan sebuah masalah dengan angka dan menyukai kegiatan berhitung.

Anda bisa merangsang kecerdasan ini pada anak dengan mengajarkan pertambahan atau pengurangan dengan angka yang kecil.  

5. Kecerdasan Intrapersonal
Salah satu jenis kecerdasan anak yang lain adalah kecerdasan intrapersonal. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasa mampu untuk memahami dirinya sendiri dengan baik. Ciri dari anak yang memiliki kemampuan ini adalah mereka sudah bisa mengetahui makanan dan mainan kesukaannya sejak di bawah umur 5 tahun.

6. Kecerdasan Musikal
Sama dengan namanya, kecerdasan musikal merupakan kemampuan pada anak dalam memahami nada, melodi atau ketukan pada musik. Anak yang memiliki kemampuan ini biasanya tidak hanya suka memainkan alat musik atau mendengarkan lagu tetapi juga dapat menciptakan lagu dengan nada yang sederhana.

7. Kecerdasan Interpersonal
Nama lain dari kecerdasan ini adalah keterampilan sosial. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya akan lebih cepat untuk berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, jenis kecerdasan anak satu ini juga akan lebih menunjukkan rasa empati pada kondisi sekitar. Jika anak memiliki kecerdasan ini akan lebih mudah bagi mereka untuk menyukai kegiatan bersama orang lain.

8. Kecerdasan Naturalis
Selanjutnya, ada juga jenis kecerdasan pada anak lainnya, yaitu kecerdasan naturalis. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki kemampuan untuk mengelompokkan serta mengenali flora dan fauna dengan lebih cepat.

9. Kecerdasan Eksistensi
Kecerdasan lainnya adalah kecerdasan eksistensi yang merupakan kemampuan anak dalam memahami sebuah kehidupan. Anak yang memiliki ciri-ciri kemampuan ini biasanya akan sering bertanya mengenai hal-hal yang terjadi dalam kehidupan. Misalnya, bagaimana dia lahir atau lain sebagainya.

Baca Juga : Makanan Rahasia Penambah Tinggi Badan!

Pentingnya Memahami Macam Kecerdasan Anak
Seiring dengan berjalannya waktu, salah satu jenis kecerdasaan anak di atas akan terlihat pada anak di usia keemasan masing-masing anak.

Anda dapat mengarahkan tumbuh kembang anak sesuai dengan kelebihan dan bakat yang dia miliki. Dengan demikian, anak akan tumbuh dengan baik dan memiliki bekal sesuai dengan talenta yang dimilikinya.

Selain itu, Anda juga harus memberikan asupan gizi berkualitas. Asupan gizi berkualitas bisa membuat anak lebih cerdas dan sehat. Telur Indofarm merupakan makanan bergizi tinggi yang kaya akan omega 3 dan dihasilkan secara organik.

Yuk segera kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lengkap.