Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:51 WIB
0
51
Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil
foto ibu hamil

Anak dalam kandungan seorang ibu hamil akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika kondisi ibu yang mengandungnya juga sehat. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil muda hingga melahirkan anak yang sehat? Temukan jawaban dan penjelasan untuk menjaga kesehatan bagi ibu hamil dengan membaca artikel di bawah ini!

Baca Juga : Penyebab Tubuh Kurang Fit dan Cara Mengatasinya!

5 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan dirinya dan bayi yang ada dalam kandungannya, yang telah kami himpun dari beberapa sumber. Simak pembahasan di bawah ini selengkapnya!

1. Makan Makanan Sehat dan Bergizi
Cara menjaga kesehatan ibu hamil dan bayinya yang paling utama adalah ibu hamil harus mengkonsumsi makanan segar, sehat, dan mengandung nutrisi atau gizi yang cukup. Berbagai makanan bisa dikonsumsi untuk ibu hamil, misalnya buah, sayur, telur, daging, dan lain sebagainya.

Pastikan semua makanan yang akan dimakan ibu hamil sudah dibersihkan dan diolah dengan bersih serta benar-benar matang.

2. Minum Air Mineral yang Cukup
Ibu hamil juga harus minum air mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, minum air mineral yang cukup juga bisa membantu mengatasi masalah dehidrasi, anemia, kelelahan, sembelit, dan infeksi saluran kencing.

Ibu hamil disarankan untuk minum air mineral  sebanyak 8 hingga 10 gelas sehari atau sekitar 2 hingga 3 liter.

3. Minum Vitamin Khusus Ibu Hamil
Selain makan makanan sehat dan bergizi, cara menjaga kesehatan ibu hamil lainnya juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin khusus ibu hamil. Sebaiknya, konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan agar mendapat vitamin yang tepat.

4. Harus Cukup Istirahat dan Tidur
Ibu hamil tidak boleh terlalu lelah karena akan mengganggu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Sebaiknya ibu hamil mendapat istirahat dan tidur yang cukup. Jangan begadang di malam hari dan sempatkan waktu untuk tidur siang.

Bagi ibu hamil yang kesulitan tidur disarankan untuk mencari posisi yang paling nyaman atau menggunakan bantal hamil. Posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil adalah tidur miring ke arah kiri. Hindari tidur tengkurap atau terlentang ya.

5. Hindari Stress
Kesehatan ibu hamil yang harus dijaga bukan hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental atau psikis. Cara menjaga kesehatan ibu hamil tua dapat dilakukan dengan menghindari stress berlebihan. Stress berat yang dialami ibu hamil dapat berpengaruh pada perkembangan bayi.

Cobalah untuk tetap merasa tenang dan berpikir positif. Ibu hamil juga bisa melakukan meditasi agar lebih tenang. Selain itu, cobalah untuk mengungkapkan perasaan kepada pasangan atau orang terdekat agar tidak menanggung beban pikiran atau kekhawatiran berlebihan.

6. Rajin Melakukan Olahraga
Olahraga dapat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa memperkuat otot tubuh untuk mempersiapkan kelahiran buah hati. Sebaiknya pilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat agar tidak mengganggu bayi.

Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan, seperti senam ibu hamil, yoga, jalan kaki santai, dan renang. Pastikan untuk tidak berlebih melakukan berbagai olahraga tersebut ya.

7. Hindari Hal-Hal yang Tidak Diperbolehkan
Hindari hal-hal yang tidak diperbolehkan selama hamil agar Anda dan bayi dalam kandungan tetap sehat. Beberapa hal yang harus dihindari ibu hamil, seperti merokok, minum alkohol, olahraga berat, makan makanan mentah, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Untuk Lansia Yang Susah Makan

Kesimpulan
Kesehatan ibu hamil sangat harus diperhatikan, agar sang ibu dan bayi dalam kandungannya tetap dalam kondisi sehat. Usahakan untuk selalu memberi yang terbaik, mulai dari asupan gizinya hingga menghindari hal-hal yang tidak diperbolehkan.

Pastikan ibu hamil mengonsumsi makanan yang bergizi dan tinggi protein sesuai dengan takaran dan kebutuhan gizi harian. Untuk memenuhi kebutuhan gizi, Anda bisa mengonsumsi Telur Indofarm yang tinggi nutrisi dan omega 3. 

Yuk segera kunjungi halaman produk kami dan temukan informasi Telur Indofarm selengkapnya sekarang juga!