Rekomendasi Makanan Untuk Lansia Yang Susah Makan

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:16 WIB
0
282
Rekomendasi Makanan Untuk Lansia Yang Susah Makan
fitnes nenek

Memberikan menu makanan untuk lansia menjadi tantangan tersendiri untuk banyak orang. Mereka para lansia sudah tidak bisa lagi menikmati makanan seperti dulu saat masih muda, karena kondisi tubuh dan pisikologi.Oleh karena itu dibutukan kreativitas dalam mengolah makanan untuk lansia.

Anda perlu memaklumi hal tersebut. Dan teta memberikannya makanan yang bergizi agar kebutuhan gizinya tetap seimbang, makanan mereka pun harus dipilih agar tetap mengugah berselera. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan untuk mereka.

Baca Juga : Tips Agar Tubuh Tetap Bugar walaupun Sibuk Beraktivitas

Rekomendasi Jenis Makanan Lansia Susah Makan
1. Bubur Nasi
Bubur tidak hanya menjadi makanan orang yang sakit saja, lho. Lansia bisa memakan bubur dengan tekstur yang agar padat sehingga rasa kenyang pun menjadi cukup lama. Topping bubur pun harus disesuaikan sehingga mereka tidak bosan dengan rasa bubur yang hambar.

Hanya saja, Anda mungkin perlu memperhatikan jenis dan nutrisi untuk topingnya. Beberapa lansia mungkin akan kesulitan untuk mengunyah daging atau makanan yang bersifat kolesterol seperti jeroan. Sesuaikan dengan kebutuhan gizi dan pantangan pada lansia itu sendiri.

2. Bubur Kacang Hijau
Makanan yang satu ini juga sangat sehat, baik untuk camilan maupun untuk makanan sehari-hari. Anda hanya perlu mengatur kadar santan yang biasanya da pada bubur kacang hijau. Akan lebih baik jika Anda memasak bubur kacang yang sama sekali tidak menggunakan santan.

Gunakan juga jenis gula yang alami. Makanan lansia susah makan yang satu ini tidak membahayakan mereka yang berpenyakit gula. Kacang-kacangan akan membantu mereka untuk tetap sehat terutama pada bagian ingatan. Mereka pun cenderung lebih bahagia dengan jenis makanan ini.

3. Ubi Rebus
Apabila nasi sulit dicerna, Anda bisa memilih jenis makanan seperti ubi rebus. Ubi memiliki tekstur yang padat dengan karbohidrat namun cukup lembut untuk dimakan. Anda tidak perlu khawatir dengan pencernaan lansia karena ubi mudah sekali untuk diserap dan penambah nafsu makan.

Pilih jenis ubi yang mengandung karbo tinggi namun rendah gula, seperti ubi dengan warna ungu. Anda bisa merebusnya hingga lunak sehingga mudah untuk dicerna. Tanpa tambahan gula atau perasa apapun, ubi mengenyangkan sekaligus lezat untuk disantap sebagai makanan utama.

4. Sayuran
Makanan lansia susah makan dan minum juga meliputi jenis sayur. Sayur akan membantu pencernaan mereka tetap terjaga. Sayur yang direkomendasikan untuk makanan mereka adalah jenis yang bening, seperti bayam atau oyong dengan jumlah garam yang sedikit.

Makanan jenis sayur yang berkuah santan sebaiknya dihindari karena akan menambah kolesterol yang seharusnya dihindari oleh lansia. Hindari juga jenis sayur yang ditumis dengan jumlah minyak yang terlalu banyak karena kadar minyak tersebut membuat kolesterol semakin naik.

5. Daging Tanpa Lemak
Anda juga bisa memberikan lansia berupa makanan daging tanpa lemak. Daging jenis ini merupakan daging yang terpilih. Seratnya sangat halus sehingga mudah dikunyah oleh para lansia. Lemak yang minim pun akan membantu mereka menikmati daging tanpa takut dengan risikonya.

Sajian daging juga harus diperhatikan saat dimasak. Hindari masakan daging yang menggunakan santan seperti rendang. Anda bisa memasukkan potongan daging berbentuk dadu ke dalam sup sebagai campuran lauk dari sayuran yang ada sehingga mereka lebih nafsu makan.

6. Buah Lembek
Berikan pula jenis buah yang lembek. Buah akan membuat mereka bersemangat dalam menyantap, karena rasanya yang manis. Buah-buahan juga memiliki kandungan gula alami yang tidak berbahaya untuk para penderita diabetes.

Baca Juga : Inilah Ciri-ciri Anak Yang Sehat

Memilih Makanan untuk Lansia yang Susah Makan
Rekomendasi makanan lansia diatas bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang kesusahan dalam menyajikan makanan untuk lansia yang sedah susah makan. Selain bersabar, Anda juga perlu meyakinkan mereka bahwa jenis makanan ini baik untuk kesehatan jangka panjangnya.

Menikmati usia tua yang sehat adalah impian semua orang. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan sumber nutrisi yang berkualitas baik untuk dikonsumsi secara rutin. Telur Indofarm hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga dengan kualitas terbaik. Indofarm hadir menyediakan berbagai telur ternak dengan kualitas terbaik serta bebas kimia karena di produksi secara organik.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan!