Inilah Ciri-ciri Anak Yang Sehat

Sama dengan orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup.

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:37 WIB
0
80
Inilah Ciri-ciri Anak Yang Sehat
kids

Setiap orang tua pasti menginginkan anak tumbuh dengan sehat dan ceria. Oleh karena itu orang tua harus tau bagaimana ciri-ciri anak sehat yang bisa diketahui sejak dini? Di artikel kali ini akan membahas hal tersebut.

Baca Juga : 5 Penyakit Yang Harus di Waspadai Lansia!

Ciri-ciri anak yang Sehat dan Kuat
1. Memiliki Fisik yang Kuat
Anak yang memiliki fisik yang kuat, sehat dan bugar merupakan salah satu tanda bahwa perkembangan pada anggota tubuh, organ, otot dan kemampuan fisiknya sangat baik.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Nebraska, tingkat usia pada anak ditunjukan dengan implikasi yang berbeda-beda. Jika selama usia anak bertambah dan perkembangan pada anak juga mengikuti maka itu merupakan ciri penting bahwa anak tersebut tumbuh dengan sehat.

2. Proses Tumbuh Sesuai dengan Tingkatan Usia
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak yang sehat adalah anak yang memiliki perkembangan yang sesuai dengan usianya. Ciri perkembangan yang sesuai dengan umurnya, seperti umur satu tahun mulai merangkak, dapat menyebut kata-kata, menggerakan anggota tubuh dan sebagainya.

Perkembangan tersebut tentu saja akan mulai tumbuh seiring dengan perkembangan usia dari anak. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk memperhatikan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.

3. Kebutuhan Nutrisi Cukup
Perkembangan yang sesuai dengan usia juga diiringi dengan nutrisi dan kesehatan yang baik. Karena itu, sebagai orang tua Anda harus paham makanan apa saja yang mengandung gizi tinggi dan seimbang untuk perkembangan anak.

Untuk mengetahui apakah nutrisi pada anak sudah tercukupi atau belum, Anda bisa memantau melalui Kartu Menuju Sehat atau KMS. Jika grafik perkembangan pada KMS di atas garis merah, itu menandakan bahwa nutrisi pada anak tercukupi. Ini merupakan salah satu ciri-ciri anak sehat.

Sebaliknya, jika grafik ada pada bawah garis merah maka bisa jadi anak Anda mengalami malnutrisi dan sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter anak agar bisa segera teratasi.

4. Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan
Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru merupakan salah satu indikasi bahwa mental anak dalam kondisi yang sehat. Jika anak mampu menyesuaikan diri dengan baik dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dapat dikatakan bahwa perkembangan pada anak tersebut cukup baik karena sesuai dengan usianya.

Sebagai orang tua, peran Anda adalah mengawasi bagaimana anak beradaptasi dengan lingkungan. Mulai dari bagaimana dirinya berteman, berperilaku kepada orang lain dan suasana hatinya.

5. Nafsu Makan yang Baik
Sama dengan orang dewasa, ciri-ciri anak sehat adalah memiliki nafsu makan yang baik. Jika tingkat nafsu makan normal dan tidak kekurangan atau kelebihan asupan gizi, tentu saja hal tersebut akan mengiringi tumbuh kembang anak yang lebih baik lagi.

6. Aktif, Ceria dan Lincah
Salah satu ciri-ciri anak sehat adalah memiliki sifat yang aktif, ceria dan lincah. Ketiga sifat ini bisa saja muncul dalam berbagai kegiatan anak sebagai tahap tumbuh kembangnya. Dengan memiliki ketiga sifat ini, anak tidak hanya bisa berkembang secara fisik tetapi juga secara emosional dan respon terhadap sekitar.

7. Istirahat yang Cukup
Sama dengan orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Waktu istirahat tersebut juga berbeda-beda tergantung dengan umur mereka. Misalnya, untuk bagi usia 4 sampai satu tahun disarankan untuk tidur 12 sampai 16 jam sehari.

Baca Juga : Tips Agar Tubuh Tetap Bugar walaupun Sibuk Beraktivitas

Pastikan Anak Anda Memiliki Ciri Anak Sehat! 
Dari beberapa ciri-ciri anak sehat yang disebutkan di atas apakah anak Anda sudah ada pada diri anak Anda, Jika ada beberapa hal yang kurang dari perkembangan anak, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Pastikan Anda memenuhi kebutuhan gizinya dengan memberikan makanan bernutrisi seperti Telur Indofarm. Telur Indofarm mengandung nutrisi serta omega 3 yang tinggi. Selain itu.

Tunggu apa lagi Moms? Yuk segera kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan!