Benarkah Telur Menyebabkan Jerawat?

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 12:57 WIB
0
51
Benarkah Telur Menyebabkan Jerawat?
jerawat

Banyak isu yang beredar di masyarakat tentang telur yang bisa menyebabkan jerawat muncul. Namun, apakah informasi yang beredar tersebut dapat dipercaya atau hanya sekedar hoax? Benarkah telur menyebabkan jerawat muncul pada wajah?

Yuk langsung saja kita bahas mengenai fakta yang sebenarnya agar tidak ada salah paham.

Baca Juga : Permainan Seru yang bisa di mainkan di Rumah untuk Anak Tanpa Gadget

Mengenal Faktor Penyebab Jerawat
Jerawat yang timbul di wajah pasti membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan seseorang. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat pada wajah adalah

  1. Genetika hormonal
  2. Kebersihan
  3. Pola makan.

Banyak yang menganggap orang yang memiliki pola makan tidak teratur, makan makanan tidak sehat, dan sering mengonsumsi telur berlebihan biasanya mengalami masalah pada wajah, seperti jerawat dan beruntusan. Namun, apakah telur menyebabkan beruntusan dan jerawat?

Pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan oleh banyak orang, terutama remaja dan orang dewasa yang sangat khawatir penampilannya terganggu karena adanya jerawat. Lantas, bagaimana fakta yang sebenarnya? Banyak ahli yang telah menyatakan pendapatnya tentang kondisi ini.

Dilansir dari Liputan6, seorang ahli gizi bernama Mochammad Rizal S.Gz, DEBM menyatakan bahwa telur merupakan salah satu makanan penyebab jerawat. Namun, tidak semua orang memiliki jerawat karena makan telur. Hanya orang tertentu yang memiliki jerawat pada wajah karena mengonsumsi telur.

Beberapa orang bahkan bisa memiliki jerawat pada wajah karena memakan makanan lainnya. Misalnya, ayam, kacang-kacangan, cokelat, makanan tinggi omega-6, dan makanan pemicu jerawat lainnya.

Reaksi pada setiap orang memang berbeda-beda tergantung banyak faktor. Oleh karena itu, disarankan agar berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mengetahui apakah seseorang memiliki jerawat karena mengkonsumsi telur atau karena mengkonsumsi makanan lainnya.

Belum Ada Penelitian Ilmiah Tentang Telur sebagai Penyebab Jerawat
Secara ilmiah, sebenarnya hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan telur penyebab jerawat. Hal ini juga diungkapkan oleh Dr Laksmi Duarsa SpKK, seorang dokter spesialis kulit Rumah Sakit Surya Husada di Bali.

Beliau juga menjelaskan bahwa jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya, produksi minyak pada wajah yang berlebihan, kulit wajah kotor, menggunakan kosmetik bersifat komeogenik, dan berbagai faktor lainnya.

Selain itu, beliau juga lebih menyarankan agar rutin membersihkan wajah pada pagi dan sore hari agar kulit wajah selalu bersih. Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan menggunakan sabun pembersih wajah, sabun khusus dari dokter kulit, dan bahkan menggunakan sabun bayi.

Lakukan juga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan agar terhindar dari masalah jerawat berlebihan pada wajah.

Telur Memang Belum Terbukti Menimbulkan Jerawat
Telur memang belum terbukti mampu menyebabkan jerawat pada wajah. Hingga saat ini bahkan belum ada penelitian yang membuktikan jerawat bisa disebabkan oleh telur.

Namun, seseorang yang mengkonsumsi terlalu banyak telur memang bisa menimbulkan jerawat pada wajah. Dr Laksmi Duarsa SpKK menyarankan untuk mengurangi konsumsi telur dan menjaga pola makan sehat.

Jika jerawat masih muncul padahal sudah mengurangi konsumsi telur, maka beliau menyarankan agar segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit. Hal ini tentunya untuk mengetahui penyebab sebenarnya munculnya jerawat berlebihan.

Selain itu, berkonsultasi ke dokter spesialis kulit wajah juga bisa membantu mendapatkan obat yang tepat untuk mengatasi jerawat. Perawatan lebih lanjut juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Baca Juga : Beragam Manfaat Telur Ayam Kampung yang Jarang Diketahui

Kesimpulan
Jadi, telur tidak selalu menimbulkan jerawat. Pada kondisi tubuh dan jumlah telur yang normal, telur tidak akan menimbulkan jerawat. Banyak faktor lain yang bisa menyebabkan jerawat bermunculan. Melainkan, telur mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh sehingga sangat sayang untuk jika tidak dikonsumsi.

Disarankan untuk mengonsumsi telur tiap hari dengan jumlah tidak berlebihan agar tubuh bisa tetap sehat. Untuk memenuhi kebutuhan gizi, Anda bisa mengonsumsi Telur Indofarm yang tinggi nutrisi dan omega 3. Telur Indofarm juga diproduksi secara organik dan higenis, sehingga terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya.

Yuk segera kunjungi halaman produk kami dan temukan informasi Telur Indofarm selengkapnya sekarang juga!