Tips Menentukan Lokasi Peternakan Ayam

Jumat, 22 Juli 2022 | 13:08 WIB
0
34
Tips Menentukan Lokasi Peternakan Ayam
chiken kandang

Saat ingin memulai untuk beternak ayam hal yang paling awal di pikirkan salah satunya adalah masalah lokasi peternakan. Hal ini sangat wajar karena lokasi peternakan merupakan tempat yang wajib dimiliki, dan untuk memiliki lokasi peternakan yang strategis banyak hal yang perlu di perhatikan mulai dari lokasi hingga ukuran.

Lokasi peternakan tidak boleh mengganggu lingkungan, dan tidak boleh mengganggu perkembangan dari ayam itu sendiri. Jika lokasi yang dipilih salah bisa jadi akan merugikan untuk peternak itu sendiri. Oleh karna itu kami akan memberikan Tips Menentukan Lokasi Peternakan Ayam.

Baca Juga : Rahasia Kunci Sukses Budidaya Bebek Pedaging

Perencanaan Lahan Peternakan Ayam
Saat merencanakan lahan peternakan ayam sebaiknya pilih lokasi yang minim gangguan. Gangguan yang mungkin terjadi pada peternakan ayam, misalnya yaitu suara hewan ternak, pakan ternak, kotoran, serta kegiatan produksi misalnya lalu lintas dalam hal pendistribusian produk ternak.

Lokasi dan juga lahan dari peternakan ayam ini harus dipikirkan secara matang, supaya tidak mengganggu perkembangan ayam ternak tersebut. Ayam ternak bisa mudah terkena stres apabila ada gangguan di sekitar lingkungan peternakannya.

Ayam juga menjadi kurang produktif dengan hasil ternak yang menurun. Apalagi jika di sekitar lingkungan tersebut terjadi masalah pada kebersihannya. Masalah kebersihan tidak hanya mengganggu kenyamanan tapi juga kesehatan ayam tersebut.

Maka pastikan kandang selalu dalam kondisi bersih dan sehat, sama halnya dengan peternak yang berinteraksi dengan ayam harus dalam kondisi sehat. Agar tidak terkena kontaminasi bakteri serta virus, peternak juga harus menggunakan pakaian khusus saat masuk ke kandang.

Supaya proses panen, pemotongan, dan distribusi ayam bisa dilakukan dengan cara yang sehat dan bersih. Itulah sebabnya dibutuhkan pengendalian mutu agar kualitas produk ternak dapat terjaga dengan baik.

Tips Memilih Lokasi Peternakan Ayam dengan Tepat
Supaya pengendalian mutu produk ayam ternak selalu terjaga dengan baik kualitasnya, maka lokasi peternakan ayam broiler harus menjadi tempat yang layak. Inilah beberapa tips mudah dalam memilih lokasi ternak ayam:

1. Lokasi Peternakan Harus Dekat dengan Lokasi Distribusi dan Pemasaran
Lokasi ternak yang dekat dengan lokasi pemasaran serta distribusi memungkinkan konsumen untuk bisa memperoleh daging ayam yang kondisinya masih segar. Biaya serta waktu produksinya pun akan lebih terjangkau.

Hal itu akan meningkatkan efisien distribusi di dunia peternakan itu sendiri. Area peternakan yang dekat dengan lokasi pemasaran ayam, akan menguntungkan peternak karena biasanya penjual ayam broiler mengambil ayam yang lokasinya di dekat tempat mereka berjualan.

2. Lokasi Peternakan yang Dekat dengan Sumber Air Bersih
Tips penting lainnya dalam memilih lokasi peternakan ayam negeri adalah, harus dekat dengan sumber air bersih. Air juga menjadi kebutuhan utama bagi para peternak termasuk peternakan ayam.

Penggunaan air bersih ini akan dilakukan untuk memberi minum hewan ternak, membersihkan kandangnya, dan menjalankan kegiatan peternakan lainnya yang berhubungan dengan air. Air bersih ini mendukung kesehatannya karena ayam juga harus mendapat asupan air yang cukup, untuk melancarkan pencernaannya.

3. Lokasi Harus Jauh dari Tempat Tinggal Warga
Suasana lingkungan di peternakan ayam tersebut juga harus selalu kondusif, karena lingkungan yang terlalu ramai atau berisik akan membuat ayam tidak nyaman, mengganggu produksi ayam, dan membuat mereka stres.

Peternakan ayam yang lokasinya jauh dari tempat tinggal warga juga tidak akan mengganggu masyarakat sekitar, dari suara ayam yang berisik. Kotoran ayamnya pun tidak akan mengganggu kenyamana warga sekitar.

Sehingga banyak peternakan yang lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal warga, karena akan mengganggu kenyamanan ayam dan warga itu sendiri.

Baca Juga : Rahasia Sukses Ternak Ayam Potong Dengan Sederhana

Kesimpulan
Pemilihan lokasi peternakan ayam bisa menjadi patokan sukses atau tidaknya budidaya ayam. Maka semua proses harus di eksekusi dan perencanaan yang matang sehingga dari proses pembudidayaan sampai pendistribusian dapat berjalan dengan maksimal. Serta untuk menunjang peternakan juga dibutuhkan bibit yang berkualitas baik karena memiliki daya tahan tubuh dan produktivitas yang jauh lebih baik.

PT Putra Perkasa Genetika (PPG) merupakan pembibit unggas yang telah mengombinasikan teknologi modern dan pengalaman dengan kualitas terbaik. Segera kunjungi halaman produk peternakan PPG untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan serta mengenai perlengkapan peternakan untuk Anda.