Rahasia Kunci Sukses Budidaya Bebek Pedaging

Bebek baru bisa dipanen setelah berusia 35 hari. Agar lebih mudah melakukan panen, sortir bebek berdasarkan kualitas dan ukurannya.

Sabtu, 16 Juli 2022 | 00:16 WIB
0
168
Rahasia Kunci Sukses Budidaya Bebek Pedaging
duck

Beternak bebek mungkin banyak dari masyarakat yang belum mengetahui bahwa dengan beternak bebek dapat memberikan keuntungan melimpah. Karena permintaan pasar untuk bebek pedaging sangat besar tidak kalah dari ayam, yang mana dengan hal ini dapat memberikan peluang besar dalam berbisnis.

Ternak bebek pedaging dapat dibilang mudah bahkan bagi pemula sekalipun jika Anda tertarik untuk memulai ternak bebek ada halnya untuk tetap telaten dan ketelitian, karena ternak bebek membutuhkan perawatan intensif untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Cara Beternak Bebek Petelur Dengan Teknologi Modern Untung Maksimal

Mengenal Peluang Bisnis Budidaya Bebek Pedaging
Sajian makanan daging bebek sangat sering ditemui di berbagai menu olahan lokal di Indonesia. Dikenal dengan tekstur yang tebal dan kenyal serta sedikit berserat membuat daging bebek bisa diolah menjadi berbagai varian masakan lezat.

Selain kenikmatannya, ternak bebek pedaging juga bisa menghasilkan cuan yang potensial. Ada dua jens budidaya ternak bebek, yakni budidaya telur dan pedaging. Cara budidaya keduanya terbilang kompleks karena perlu melibatkan banyak hal mulai dari persiapan hingga pemeliharaannya.

Misalnya pada budidaya telur, perlu pemeliharaan bibit bebek sejak kecil dan pemeliharaan yang memerlukan waktu lama karena bebek harus bertelur berkali-kali. Adanya pengaturan suhu kandang yang harus diperhatikan, memperhtikan masa kawin bebek, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, berbeda dengan ternak bebek pedaging. Meski tetap membutuhkan perhatian khusus, namun tidak serumit pada budidaya bebek petelur. Bahkan keuntungannya pun sedikit lebih banyak dibandingkan bebek petelur dan tentunya bisa dilakukan oleh pemula.

Sebelum memulainya, perlu diketahui pula bahwa ada dua jenis bebek dalam usaha ternak bebek pedaging. Yaitu jenis bebek peking dan hibrida. Keduanya memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih, sehingga tak heran jika jenis daging bebek tersebut paling laris di pasaran.

Persiapan Sebelum Mulai Budidaya Bebek Pedaging
Bagi Anda yang tertarik berbisnis ternak bebek pedaging, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulai usaha ini. Berikut persiapan yang dimaksud:

Mencari pemasok bibit bebek baru menetas (Day Old Duck/DOD) yang berkualitas. Cirinya ditandai dengan tubuh yang tegap, berat sekitar 40 gram, mata jernih, bulu bersih, dan sehat.
Mempersiapkan kandang box untuk DOD dan kandang bebek dewasa. Kandang bebek dewasa bisa berupa kandang lantai, kandang panggung (bertingkat), atau kombinasi keduanya dengan suhu sekitar 30 – 40 derajat celcius dan pencahayaan memadai.
Mempersiapkan pemanas untuk kandang DOD.
Menyiapkan pakan, jerami untuk kandang, antibiotik dan vitamin, cairan disinfektan kandang, dan peralatan tambahan.
Membersihkan kandang dan sterilisasi kandang dengan cairan disinfektan.
Mencari pengepul yang bertugas menjual hasil panen bebek.
Rahasia Budidaya Bebek Pedaging
Setelah mempersiapkan semua hal di atas, maka Anda bisa memulai usaha ini. Ada cara dan tahapan tertentu yang harus dipahami dalam menekuni sebuah bisnis ternak bebek pedaging, tahapan itu di antaranya:

1. Persiapan Kandang
Sebelum DOD dimasukkan ke dalam kandang box, pastikan pemanas kandang sudah berfungsi dengan suhu yang sesuai. Atur juga tempat pakan dan minum secara tepat agar DOD dapat berkembang dengan baik. Jangan lupa untuk selalu bersihkan kandang secara teratur.

2. Penyortiran DOD
Minimum DOD yang harus Anda miliki adalah 100 ekor. Jumlah ini untuk mengantisipasi bila di antaranya ada yang cacat sehingga harus disortir dan dipisahkan dari bibit DOD yang unggul. DOD yang cacat secara fisik sebenarnya masih bisa dipelihara, hanya saja kandangnya harus terpisah.

3. Beri Minum Larutan Gula Merah
Saat DOD baru masuk ke kandang box, beri minum berupa larutan gula merah untuk satu jam ke depan. Kemudian ganti minuman dengan air putih yang sudah diberi vitamin peningkat nafsu makan bebek. Satu jam setelahnya, berikan pakan sedikit demi sedikit.

4. Pemberian Pakan
Pemberian pakan disesuaikan dengan umur bebek. Saat bebek berumur 1-14 hari, pakan yang sudah dicampur sedikit air sebanyak 5 kali sehari. Sedangkan saat bebek berusia 15-20 tahun, berikan pakan jenis grower, tambah sedikit air dan berikan 3 kali sehari.

5. Pemindahan Kandang
Saat bebek berusia 15-20 hari, pindahkan bebek dari kandang box DOD ke kandang yang ukurannya lebih besar. Pastikan selalu tersedia air minum di dalam kandang dan atur suhu pemanas dengan melihat kesehatan bebek.

Jaga kelembapan kandang dengan memastikan kandang tidak kekurangan jerami. Jangan lupa untuk berikan obat anti stres saat bebek memasuki umur 20 hari. Lakukan pemeliharaan ini sampai bebek berusia 31-35 hari dan memasuki masa panen.

6. Masa Panen
Bebek baru bisa dipanen setelah berusia 35 hari. Agar lebih mudah melakukan panen, sortir bebek berdasarkan kualitas dan ukurannya. Setelah itu bersihkan kandang untuk mempersiapkan masa budidaya bebek pedaging yang selanjutnya.

Baca Juga : Rahasia Panen Telur Ayam Melimpah

Itulah rahasia dan persiapan yang harus dilakukan jika Anda ingin memulai beternak bebek pedaging, dengan menerapkan langkah-langkah diatas bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan untung yang maksimal. Dengan ternak bebek pedaging ini dapat menjadikan potensi bisnis yang menjanjikan.

PT Putra Perkasa Genetika (PPG) berupaya menghasilkan bibit unggas terbaik memiliki misi untuk mendukung ketahanan pangan Indonesia dan kesejahteraan peternak lokal. Dengan pengalaman bertahun-tahun dan teknologi terkini, PPG menjadi pembibit unggas yang bersaing dalam skala regional maupun internasional.

Tertarik untuk memulai? Segera kunjungi halaman produk PPG untuk informasi lebih lanjut, pemesanan bibit unggul dan alat ternak lainnya.