Harkitnas, Lapas Kelas I Malang Maknai dengan Upacara

Senin, 22 Mei 2023 | 14:11 WIB
0
63
Harkitnas, Lapas Kelas I Malang Maknai dengan Upacara
Harkitnas, Lapas Kelas I Malang Maknai dengan Upacara | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Senin (22/05/2023) Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melaksanakan upacara bersama di Lapangan Suropati Lapas Kelas I Malang.

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum nasional awal mula rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme dan kesadaran bangsa Indonesia bangkit memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bangkitnya perjuangan bersifat kedaerahan menjadi kesadaran nasional yang menyatukan seluruh kekuatan untuk meraih kemerdekaan.

Mengambil tema Upacara Harkitnas 2023 tahun ini yang ditetapkan pemerintah, yaitu "Semangat untuk Bangkit" yang bermakna membangkitkan nilai nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran memerdekakan harapan masyarakat Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari dengan Pejabat Struktural dan jajaran pegawai Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas I Malang.

Upacara ini berjalan dengan lancar dan khidmat dengan Pembina Upacara Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari. Peringatan ini memaknai semangat pantang menyerah Boedi Oetomo yang telah meletakkan tiga cita - cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita - cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

"Peringatan hari kebangkitan nasional yang kita selenggarakan ini tak hanya diperingati secara seremonial saja, namun juga agar lebih dapat memahami esensi sejarah kebangkitan nasional tersebut dengan Semangat untuk Bangkit menuju Indonesia Maju dengan segala potensi yang masing-masing yang dimiliki," tegas Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)