Lapas Kelas I Malang Ikut Rapat Persiapan Kumham Goes To Campus di Unibraw dan Unair

Sabtu, 20 Mei 2023 | 15:16 WIB
0
62
Lapas Kelas I Malang Ikut Rapat Persiapan Kumham Goes To Campus di Unibraw dan Unair
Lapas Kelas I Malang Ikut Rapat Persiapan Kumham Goes To Campus di Unibraw dan Unair | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Sabtu (20/5/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur ikuti Meeting Persiapan Kegiatan Kumham Goes To Campus yang akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Airlangga Surabaya yang akan digelar 25 sampai dengan 26 Mei 2023.

Pejabat Struktural dan Petugas Lapas Kelas I Malang mengikuti kegiatan meeting virtual pada Sabtu, 20 mei 2023 melalui aplikasi zoom meetings dari Ruang Rapat Atas. Kasubag Humas Kanwil Kemenkumham Jatim, Ishadi MP memberikan arahan dalam kegiatan ini agar agenda Kumham Goes To Campus yang akan diselenggarakan di dua kampus besar di Jawa Timur bisa berjalan dengan baik.

Kegiatan Kumham Goes To Campus adalah Program Kemenkumham yang ditujukan untuk mensosialisasikan Undang-Undang (UU) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) serta Rancangan Undang-undang (RUU) Paten dan Rancangan Undang-undang (RUU) Desain Industri kepada para Akademisi dan masyarakat umum. Hal ini bisa jadi sarana memberikan informasi serta pemahaman baru tentang UU KUHP yang telah disahkan tahun kemarin.

Kampus dipilih sebagai tempat para Mahasiswa yang memiliki peran agen of change dan social control masyarakat. Dimana bisa jadi akan ada diskusi positif tentang Hukum dan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dipilih sebagai tempat terselenggaranya acara yang bisa mengundang akademisi dan masyarakat umum yang berada di sekitar dua kota besar di Jatim ini.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari menyampaikan bahwa Lapas Kelas I Malang siap all out membantu kesuksesan Kegiatan Kumham Goes To Campus yang akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Airlangga Surabaya mulai dari persiapan hingga paska kegiatan.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)