Makanan Sehat Penambah Massa Otot

Selasa, 27 September 2022 | 08:59 WIB
0
35
Makanan Sehat Penambah Massa Otot
gym workout

Memiliki tubuh dengan lekukan otot yang sempurna adalah impian dari kebanyakan kaum pria. Selain dengan berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan juga harus di perhatikan khususnya untuk makanan penambah massa otot juga dibutuhkan agar tubuh terlihat lebih fit dan bugar.

Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, selain dapat membentuk tubuh yang berotot dan sehat juga berfungsi untuk mengembalikan stamina yang habis setelah berolahraga. Adapun kandungan nutrisi yang di butuhkan dari makanan penambah massa otot yaitu terdiri dari makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.

Baca Juga : 9 Makanan yang Mengandung Asam Amino

8 Makanan Penambah Massa Otot
Membentuk tubuh menjadi lebih ideal dan sehat bukan berarti harus menjalankan olahraga berat dan menjalani diet ketat yang justru bia menyebabkan sakit. Buktinya, untuk menambah massa otot tubuh, jenis-jenis makanan enak di bawah terbukti berkhasiat :

1. Ayam
Terutama bagian dada ayam, merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk menambah massa otot. Dada ayam tanpa kulit yang memiliki berat 120 gram, mengandung setidaknya 35,5 gram protein. Mengonsumsi dada ayam tanpa kulit sangat baik karena mengandung lemak yang rendah.

Dada ayam tanpa kulit pun dapat dikonsumsi dengan berbagai jenis olahan yang lezat. Konsumsi dada ayam seberat 120 gram sudah bisa memenuhi kebutuhan harian sebanyak 50%. Di samping mengandung protein yang tinggi, daging ayam juga mengandung vitamin V3 dan B6.

Kedua jenis vitamin ini berfungsi untuk mengubah zat gizi ke dalam bentuk energi. Aktivitas metabolisme ini sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang gemar berolahraga.

2. Daging Merah
Daging merah yang dimaksud di sini adalah daging merah tanpa lemak. Mengkonsumsi berbagai jenis daging merah seperti daging sapi, daging kerbau bahkan daging kelinci dalam jumlah yang tepat dapat meningkatkan massa otot.

Sebagai contoh daging sapi, daging sapi yang baik untuk menambah massa otot adalah daging sapi yang sudah dihilangkan lemaknya. Tiap 4 ons daging sapi tanma lemak mengandung 23 gram protein.

Di dalam daging merah juga terkandung berbagai sumber gizi yang dibutuhkan oleh otot seperti vitamin B kompleks, mineral, kreatinin dan protein.

3. Telur
Makanan penambah massa otot berikutnya adalah telur. Telur adalah makanan yang tergolong murah dan mudah didapatkan, akan tetapi kandungan gizinya sangat baik untuk meningkatkan massa otot. Olahan telur yang baik didapatkan dengan cara merebusnya.

Di dalam sebuah telur rebus, terdapat protein sebesar 6,28 gram. Telur juga merupakan penghasil energi yang baik karena sumber vitamin B yang baik. Di samping itu, sebutir telur juga mengandung asam amino leusin yang penting bagi sintesis otot.

4. Makanan Laut
Beragam jenis makanan laut mulai dari ikan, udang, kepiting maupun lobster mengandung paling tidak 6 gram protein tiap ons-nya. Makanan laut juga merupakan sumber asam amino yang tinggi. Salah satu jenis asam amino yang terkandung dalam makanan laut adalah taurine.

Makanan laut juga mengandung protein yang tinggi, vitamin, mineral dan yang tak kalah penting adalah asam lemak omega 3.

5. Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kedelai, kacang hitam, kacang pinto dan kacang merah adalah sumber protein yang berkualitas. Kacang kedelai bisa menjadi pilihan utama untuk menambah massa otot dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya.

Dalam 100 gram kacang kedelai matang, terkandung 15 gram protein. Kandungan lainnya yang terdapat dalam kacang kedelai adalah vitamin K, fosfor dan zat besi. Meski demikian, jenis kacang-kacangan lainnya mengandung gizi untuk otot yang tak kalah berkualitas.

6. Yoghurt
Menambahkan yoghurt ke dalam sajian buah-buahan yang dikonsumsi selepas berolahraga merupakan camilan sehat yang bergizi. Di dalam 5 ons Greek Yoghurt, terkandung protein sebesar 12 hingga 18 gram. Yoghurt sendiri mengandung 2 jenis protein yang berbeda yakni whey protein dan kasein.

Dua protein ini apabila dikonsumsi secara bersamaan terbukti menambah massa otot dengan lebih cepat. Tak hanya itu saja, yoghurt juga mengandung zat gizi lainnya seperti vitamin D, kalsium dan fosfor.

7. Susu Kedelai
Susu kedelai merupakan sumber protein dan bisa menjadi pilihan untuk orang-orang yang memiliki intoleransi terhadap susu sapi. Susu kedelai juga bisa membantu menambah massa otot karena dalam 8 ons susu kedelai, terkandung 7 gram protein.

8. Keju
Rekomendasi makanan terakhir yang enak dan bermanfaat untuk menambah massa otot adalah keju. Keju cheddar yang dipotong dadu dan ditempatkan dalam satu cangkir mengandung 30 gram protein, lebih sedikit 1 gram dibandingkan dengan keju mozzarella.

Akan tetapi, konsumsi keju harus dibatasi karena keju mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Adapun asupan harian lemak jenuh yang masih bisa ditoleransi oleh tubuh adalah 10% dari konsumsi harian.

Baca Juga : Makanan Tersehat Di Dunia Adalah Telur? Mengapa?

Makanan Penambah Massa Otot Saja Tidak Cukup
Mengkonsumsi makanan penambah massa otot harus tetap diimbangi dengan olahraga yang cukup agar masa otot dapat berkembang dengan baik. Dan jangan lupa juga faktor penting lainnya seperti mendapat cukup istirahat. Semuanya harus berjalan secara seimbang dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Anda bisa mengonsumsi telur berkualitas yang kaya nutrisi dan dihasilkan secara organik. Nutrisi yang dikandung telur sangatlah lengkap, sehingga cocok untuk dikonsumsi secara rutin.

Telur Indofarm dihasilkan dari peternakan organik. Dengan suasana alami dan higenis, ayam kampung Indofarm dipelihara secara free-range. Oleh karenanya, telur Indofarm bernutrisi tinggi serta terhindar dari berbagai bakteri dan bahan kimia berbahaya.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan!