Makanan Tersehat Di Dunia Adalah Telur? Mengapa?

Rabu, 21 September 2022 | 20:43 WIB
0
42
Makanan Tersehat Di Dunia Adalah Telur? Mengapa?
foto telur ayam kampung

Dalam berbagai hasil studi ilmiah sudah dibuktikan bahwa salah satu makanan tersehat dan paling kaya manfaat untuk tubuh yang ada di dunia adalah telur.

Makanan yang mudah di jumpai ini ternyata mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Terlebih juga, makanan ini memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga bisa dikonsumsi oleh semua orang.

Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan makanan yang sehat bukanlah perkara sulit. Apalagi, Anda bisa mengolah makanan ini menjadi beragam menu masakan yang nikmat dan menggugah selera. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 5 alasan mengapa telur adalah makanan paling sehat di dunia.

Baca Juga : Mitos Atau Fakta Terlur Puyuh Tinggi Kalori?

Alasan Telur adalah Makanan Tersehat di Dunia
1. Kandungan Nutrisi Begitu Luar Biasa
Dalam satu butir telur, terdapat kandungan vitamin, mineral, protein, dan lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dibayangkan Anda mendapatkan beragam nutrisi penting untuk tubuh hanya dari satu butir telur setiap harinya.

2. Tidak Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung
Telur memang terkenal sebagai pemicu kolesterol yang membuat beberapa orang enggan mengonsumsinya. Namun faktanya, mengonsumsi telur dalam jumlah yang wajar akan meningkatkan kolesterol baik dan justru menurunkan kolesterol jahat yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Kaya Akan Kolin
Salah satu alasan yang membuat telur menjadi makanan tersehat di dunia adalah karena mengandung banyak kolin. Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh dan dibutuhkan dalam proses metabolisme.

Kandungan kolin dapat ditemukan pada bagian kuning telur. Oleh sebab itu, sangat baik bagi wanita hamil untuk mengonsumsi kuning telur karena dapat menutrisi otak janin.

4. Mengandung Protein Berkualitas Tinggi
Protein merupakan bahan yang menjadi penyusun utama dalam tubuh, terlebih bagi Anda yang sedang memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat. Protein adalah salah satu unsur utama dalam sistem metabolisme tubuh manusia yang bekerja untuk berbagai fungsi struktural dan fungsional.

Kandungan asam amino esensial dalam rasio yang tepat juga melengkapi kebutuhan protein yang baik bagi tubuh. Konsumsi telur yang cukup dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengoptimalkan kesehatan tulang.

5. Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan
Telur merupakan makanan yang tinggi protein dan lemak namun, hanya mengandung sedikit karbohidrat. Sebagai makanan berprotein tinggi, telur adalah sumber mikronutrien paling mengenyangkan. Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi telur sebagai menu sarapan mampu membantu Anda menurunkan berat badan.

Baca Juga : 9 Makanan yang Mengandung Asam Amino
Tips Mendapatkan Telur Berkualitas Tinggi
Telur memang merupakan makanan tersehat di dunia. Namun, perlu Anda pahami bahwa tidak semua telur memiliki kualitas yang sama. Berikut adalah tips agar Anda bisa mendapatkan telur berkualitas tinggi.

1. Perhatikan Cangkang Telur
Anda perlu berhati-hati saat mendapatkan telur dengan cangkang yang sudah retak. Cangkang yang retak berpotensi membuat bakteri mudah masuk ke dalamnya.

2. Perhatikan Warna
Pilihlah telur yang memiliki warna cokelat secara merata. Warna yang tidak seragam merupakan salah satu indikasi bahwa telur tersebut berasal dari ayam yang kurang sehat.

3. Perhatikan Ujung Telur
Sebaiknya, bagian ujung telur juga diperhatikan sebagai penanda kualitas. Ujung yang kasar menandakan telur tersebut berasal dari ayam yang berusia tua.

4. Aroma Telur
Telur yang sudah tidak layak konsumsi bisa diketahui dari aromanya. Pastikan Anda tidak memilih telur yang telah mengeluarkan bau busuk atau anyir dari dalam cangkang.

5. Perhatikan Tempat Membeli Telur
Tempat membeli telur sangat mempengaruhi kualitas telur. Sebaiknya, Anda membeli telur langsung dari supplier yang dikenal memiliki peternakan sendiri. Selain kualitasnya terjamin, Anda juga bisa mendapatkan telur yang masih segar.

Telur Indofarm kaya akan omega 3 dan nutrisi lainnya karena dihasilkan dari peternakan sendiri yang dikelola secara organik dan higienis. Sehingga, telur Indofarm terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya.

Yuk, segera kunjungi halaman produk kami untuk lihat berbagai pilihan Telur Fresh Indofarm!