9 Makanan yang Mengandung Asam Amino

Rabu, 21 September 2022 | 20:35 WIB
0
27
9 Makanan yang Mengandung Asam Amino
makanan

Untuk membantu proses pembentukan protein, tubuh memerlukan asam amino esensial. Asupan ini tidak dapat dihasilkan sendiri, melainkan dari sumber pangan lainnya, seperti kacang-kacangan atau telur. Terdapat sembilan jenis amino acid esensial meliputi lisin, isoleusin, leusin, valin, treonin, metionin, histidin, fenilalanin, serta triptofan. Kesembilan zat tersebut mempunyai fungsi masing-masing untuk setiap organ tubuh. Mulai dari mengatur nafsu makan, tidur, menghasilkan tirosin, dopamin, penyerapan zat-zat penting lain, serta menjaga kesehatan. Asupan seperti ini tentu penting supaya perkembangan manusia lebih optimal.

Baca Juga : Tips Diet Tahan Lapar Seharian

9 Makanan yang Mengandung Asam Amino
Di dalam protein masih terdapat unit lebih kecil lagi, salah satunya adalah asam amino. Zat ini tidak bisa dihasilkan secara alami dari tubuh manusia, artinya harus mengkonsumsi dari makanan berikut.

1. Kacang-kacangan
Berdasarkan laporan Natural Health Technique, jenis kacang-kacangan seperti kacang Brazil, biji jambu monyet, serta kacang tanah adalah makanan yang mengandung asam amino paling utama. Fungsi zat ini meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Ikan
Kandungan amino acid dalam ikan membantu melancarkan peredaran darah serta menjaga asupan energi tubuh. Ikan juga mengandung omega 3, ini sangat bagus untuk mendukung perkembangan otak manusia.

3. Kedelai
Sebagai makanan yang mengandung asam amino, kedelai memiliki keunggulan tersendiri, fungsinya untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Kedelai bisa dikonsumsi langsung atau dalam bentuk olahan lainnya.

4. Daging Tanpa Lemak
Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan konsumsi daging merah tanpa lemak, kaya akan protein. Makanan ini membantu Anda mencukupi kebutuhan protein tinggi, misalnya daging sapi dan unggas.

5. Susu
Susu dan segala olahan susu adalah makanan yang mengandung asam amino untuk mencukupi kebutuhan nutrisi esensial manusia. Protein dari susu sangat bagus untuk kesehatan otot dan tulang sehingga direkomendasikan.

6. Biji-bijian
Makanan dengan kandungan protein nabati lain adalah biji-bijian. Selain itu, biji-bijian juga mengandung serat, vitamin, zat besi, kalsium, magnesium sehingga sangat pas dikonsumsi setiap hari.

7. Quinoa
Quinoa merupakan salah satu jenis biji-bijian yang mengandung protein kompleks dan lengkap. Ini sangat bagus dikonsumsi saat diet karena kaya akan serat, bahkan kandungan lisinnya lebih tinggi daripada gandum.

8. Cottage Cheese
Cottage cheese atau keju cottage merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein tinggi. Per 100g keju cottage akan membantu memenuhi 25% kebutuhan protein setiap hari.

9. Telur
Telur yang kaya protein sekaligus membantu menjaga tingkat energi dari waktu ke waktu sehingga stamina tidak cepat menurun. Bahan makanan ini juga mengandung nutrisi khusus untuk membantu produksi hormon serotonin, yaitu pemicu perasaan bahagia.

Baca Juga : Mitos Atau Fakta Terlur Puyuh Tinggi Kalori?

Pilihan Telur Kualitas Nomor Satu
Telur mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai dari olahan sederhana hingga kelas dunia. Makanan yang mengandung asam amino ini dapat disimpan dalam suhu ruang selama dua minggu, pastikan keadaannya masih segar. Atau dalam lemari es selama satu bulan, namun jangan menyimpannya dalam freezer. Telur di pasaran seringkali tidak dapat dipastikan kualitasnya karena beberapa oknum mencampur berbagai ukuran serta kualitas menjadi satu. Untuk itu, Anda membutuhkan produk berkualitas tinggi langsung dari peternakan.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengkonsumsi telur Indofarm yang terjaga kualitasnya serta tinggi omega 3. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi Anda dan keluarga akan terpenuhi dan tubuh menjadi lebih fit.

Yuk, segera kunjungi halaman produk kami untuk lihat berbagai pilihan Telur Fresh Indofarm!