Tips Diet Tahan Lapar Seharian

Kamis, 15 September 2022 | 13:01 WIB
0
31
Tips Diet Tahan Lapar Seharian
menu diet

Diet merupakan salah satu pola hidup yang banyak dilakukan saat ini. Meskipun telah menjadi tren, namun pola hidup ini juga sering dilanggar karena membuat kita menderita harus menahan lapar. Adakah cara untuk mengurangi nafsu makan?

Ada! Nafsu makan adalah penyebab kita merasakan kelaparan. Oleh karenanya, kita harus mengontrol agar bisa terhindar dari rasa lapar yang menggangu. Lantas bagaimana caranya?

Yuk langsung saja kita kupas tuntas caranya!

Baca Juga : Makanan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan! Cocok Untuk Diet

6 Tips Diet Tahan Lapar Seharian
Ada 6 tips diet yang dikenal ampuh namun mudah untuk dilakukan, yaitu :

1. Makan dengan Perlahan
Diperlukan waktu kurang lebih 20 menit untuk tubuh memunculkan rasa kenyang. Dengan makan secara perlahan maka hal ini akan memberikan waktu untuk otak menangkap sinyal bahwa perut sudah merasa kenyang. Anda juga bisa membatasi jumlah kalori saat makan dengan perlahan.

Ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi nafsu makan yang paling mudah dilakukan. Dengan makan secara perlahan, Anda bisa membatasi jumlah asupan kalori yang dikonsumsi dan bisa merasa kenyang tanpa perlu makan dengan banyak.

2. Banyak Minum Air Putih
Menurut penelitian, minum banyak air putih dapat menekan rasa lapar lebih lama dan juga menahan dorongan untuk makan dengan berlebihan atau ngemil. Selain itu, ini juga menjadi salah satu cara mengurangi nafsu makan dengan mudah.

Selain dapat mengurangi nafsu makan, sering minum banyak air putih juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan serta mencegah dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dengan minum sekitar 3 liter untuk pria dan 2 liter untuk wanita tiap harinya.

3. Tidak Melewatkan Sarapan
Banyak orang yang salah mengira bahwa melewatkan sarapan dapat membantu program diet untuk mengurangi berat badan. Padahal hal ini merupakan hal yang salah. Sarapan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk mempersiapkan energi dalam melakukan aktivitas selama seharian penuh.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan terjadi pada siang dan malam hari. Akan tetapi, pastikan juga untuk memakan sarapan yang mengandung banyak serat, protein, karbohidrat kompleks dan juga sedikit lemak.

4. Olahraga Secara Teratur
Biasanya nafsu makan menjadi meningkat jika tubuh melakukan banyak aktivitas dan membutuhkan energi yang cukup besar. Akan tetapi, jika Anda melakukan olahraga dengan rutin justru hal tersebut dapat membantu tubuh menahan nafsu makan.

Selain itu, dengan rutin berolahraga juga dapat membantu otak untuk mengendalikan nafsu makan serta mengurangi kadar hormon yang dapat memicu rasa lapar.

5. Waktu Istirahat yang Cukup
Salah satu cara mengurangi nafsu makan adalah dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika Anda tidur malam kurang lebih selama 7 jam dapat membantu produksi hormon leptin dan juga ghrelin untuk mengendalikan nafsu makan dengan baik.

6. Hindari Makan Cemilan
Jika Anda merasa mulai lapar, jangan langsung konsumsi cemilan untuk mengatasinya. Hal ini tidak akan menghentikan rasa lapar tetapi malah membuat Anda ingin makan makanan yang lain. Apalagi jika cemilan yang dikonsumsi kurang sehat, seperti gorengan, coklat atau permen.

Untuk mengatasi rasa lapar, Anda bisa memilih cemilan yang sehat, seperti sereal, buah-buahan, telur rebus atau yoghurt yang memiliki rendah lemak. Selain itu, Anda juga bisa untuk mengurangi video mukbang agar tidak terpancing untuk makan dengan berlebihan pula.

Baca Juga : Jenis Makanan Penyubur Kandungan

Diet dengan Cara Mengurangi Nafsu Makan
Dengan cara di atas, Anda bisa diet tanpa menderita kelaparan yang menggangu lagi.

Selain cara di atas, Anda juga harus memastikan asupan gizi yang Anda makan memang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Telur merupakan makanan yang cocok untuk di konsumsi oleh para orang yang sedang diet karena mengandung banyak protein dan gizi yang baik untuk tubuh.

Telur mengandung gizi yang lengkap dan juga bisa membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Telur Indofarm mengandung nutrisi dan omega 3 yang lebih tinggi dari telur biasa. Ditambah lagi, peternakan Indofarm dijalankan secara organik sehingga bersih dan terbebas dari bakteri salmonella.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut mengenai Telur Omega 3 Organik, Telur Ayam Kampung Omega 3, ataupun Telur Hijau dari Ayam Hitam!