Jenis Makanan Penyubur Kandungan

Kamis, 15 September 2022 | 11:28 WIB
0
27
Jenis Makanan Penyubur Kandungan
orang hamil

Bagi pasangan yang ingin memiliki anak, penting sekali untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menyuburkan kandungan. Jenis makanan ini adalah makanan yang menyehatkan tubuh dan baik dikonsumsi secara rutin pada saat pasangan menjalani program kehamilan.

Beberapa studi menyebutkan bahwa apa yang dikonsumsi oleh seseorang secara rutin mempengaruhi tingkat kesuburannya. Inilah yang membuat dokter spesialis kandungan akan memberikan makanan-makanan yang dianjurkan ketika pasangan suami istri ingin cepat memiliki anak.

Baca Juga : Jenis Nutrisi Yang Baik Untuk Kecerdasan Anak

Jenis Makanan Penyubur Kandungan
Dalam menjalani program hamil, tak hanya pihak wanita saja yang haruskan untuk mengkonsumsi makanan-makanan bergizi penyubur kandungan, pihak pria pun harus ikut mengkonsumsi secara rutin makanan sehat berikut agar kualitas spermanya semakin baik :

1. Protein Hewani
Asam amino yang terkandung dalam protein hewani sangat berperan dalam peningkatan kesuburan. Konsumsi protein hewani yang cukup akan membantu tingkat keberhasilan dari program kehamilan. Pasangan yang sedang menjalani program hamil bisa mengkonsumi ayam atau daging merah.

Namun, yang perlu diperhatikan di sini adalah cara pengolahan daging tersebut. Jangan sampai terlalu berlebihan mengkonsumsi protein hewani dengan cara memasak seperti digoreng atau mengonsumsinya dalam kondisi belum matang sempurna.

Selain mengandung protein, ayam dan ikan juga mengandung lemak. Apabila cara pengolahan keduanya menggunakan minyak yang berlebihan, lemak jenuh yang terkandung akan menjadi tinggi. Ini justru tidak baik untuk program hamil karena dapat menurunkan kesuburan.

2. Protein Nabati
Makanan penyubur kandungan yang terbukti berkhasiat membantu program hamil adalah berbagai jenis protein nabati. Sayuran terutama sayuran hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesuburan seperti protein, antioksidan, zat besi dan asam folat.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam sayur-sayuran hijau sangat bermanfaat tidak hanya untuk kesuburan reproduksi Wanita tapi juga pria. Pasalnya, antioksidan yang terkandung di berbagai jenis sayuran hijau dapat mencegah terjadinya kelainan kromosom pada janin.

3. Produk Olahan Susu
Susu dan berbagai produk olahannya mengandung kalsium yang tinggi. Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang cukup kalsium sehingga memperlancar program hamil, pasangan setidaknya mendapat asupan kalsium sebanyak 1500 mg.

Kalsium baik untuk meningkatkan kelancaran sistem reproduksi. Selain itu, selama masa kehamilan kalsium pun penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Susu juga mengandung lemak baik yang dibutuhkan dalam program kehamilan. Selain susu, produk olahan lainnya seperti yoghurt atau keju juga bisa dikonsumsi selama masa program hamil. Produk dairy yang disarankan untuk dikonsumsi adalah produk dengan kadar lemak normal, bukan yang rendah lemak.

Selain mengandung kalsium dan lemak, susu dan produk olahannya juga mengandung vitamin D, vitamin B6, folat dan fosfor.

4. Ikan
Pasangan yang sedang menjalankan program hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Kandungan ini didapatkan dari jenis-jenis ikan seperti ikan tuna, salmon, sarden dan ikan tongkol.

Selain untuk pasangan program hamil, konsumsi ikan juga baik selama masa kehamilan karena memberikan dampak positif pada perkembangan otak janin.

5. Buah
Buah-buahan yang disarankan untuk rutin dikonsumsi selama program hamil adalah buah-buahan yang tinggi vitamin C seperti jeruk atau strawberry. Vitamin C pada pria berfungsi untuk meningkatkan jumlah sperma dan membuat pergerakan sperma menjadi lebih aktif.

Sementara itu bagi wanita, peran vitamin C adalah sebagai penstabil hormone. Selain tinggi vitamin C, buah-buahan tersebut juga memiliki kandungan lain yang dibutuhkan selama program hamil seperti kalium, kalsium dan folat.

Selain buah-buahan yang kaya akan vitamin C, buah alpukat juga baik untuk program hamil. Buah alpukat diketahui mengandung vitamin K, asam folat dan kalium. Vitamin K membantu penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Kandungan vitamin dalam buah alpukat juga mampu mengontrol kestabilan hormone.

6. Telur
Di dalam telur, terdapat kandungan yang baik untuk meningkatkan kesuburan seperti asam amino kolin, vitamin B6 dan protein yang tinggi. Semua kandungan ini sudah terbukti baik untuk meningkatkan kualitas folikel, di mana fungsi dari folikel ini adalah sebagai tempat melekat dan tumbuhnya sel telur.

7. Madu
Mengkonsumsi madu dalam jumlah yang tepat dapat meningkatkan produksi asam amino, terutama arginin. Asam amino ini berfungsi untuk membantu mengoptimalkan fungsi ovarium dan meningkatkan fungsi dari sistem reproduksi.

8. Biji Labu / Biji Bunga Matahari
Biji-bijian yang terbukti baik untuk meningkatkan kualitas sperma antara lain biji labu dan biji bunga matahari. Di dalam biji labu terkandung zinc dan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Sementara itu, pada biji bunga matahari terkandung banyak vitamin E dan antioksidan yang baik untuk sperma.

Baca Juga : Makanan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan! Cocok Untuk Diet

Apakah Mengonsumsi Makanan Penyubur Kandungan Sudah Cukup?
Selain mengkonsumsi makanan penyubur kandungan  di atas, pasangan suami istri yang sedang menjalani program kehamilan adalah mengelola stress. Kemudian, sebaiknya Anda beristirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur.

Salah satu makanan untuk menyuburkan kandungan adalah telur. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya Anda memilih telur dengan kualitas tinggi karena memiliki nutrisi yang tinggi dan higenis.

Dengan suasana alami dan higenis, ayam kampung Indofarm dipelihara secara free-range. Oleh karenanya, telur Indofarm bernutrisi tinggi serta terhindar dari berbagai bakteri dan bahan kimia berbahaya.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lengkap mengenai Telur Omega 3 Organik, Telur Ayam Kampung Omega 3, Telur Hijau dari Ayam Hitam, ataupun Telur Puyuh Omega