Jenis Nutrisi Yang Baik Untuk Kecerdasan Anak

Senin, 12 September 2022 | 12:46 WIB
0
24
Jenis Nutrisi Yang Baik Untuk Kecerdasan Anak
smart girl reading a book

Perkembangan pada anak sangatlah penting. Tidak hanya perkembangan fisiknya tetapi juga perkembangan kecerdasan otak pada anak. Untuk melatih kecerdasan pada anak, Anda juga harus memperhatikan nutrisi otak anak.

Nutrisi untuk otak anak juga harus diperhatikan mulai dari usia di bawah lima tahun hingga perkembangan anak sampai usia 9 tahun. Hal ini bertujuan untuk menunjang tumbuh kembang dan kemampuan berpikir pada anak di sekolah agar semakin meningkat.

Baca Juga : Benarkah Telur Menyebabkan Jerawat?

Nutrisi Otak Anak yang Dibutuhkan Anak Cerdas
Ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan otak. Dengan perkembangan otak yang bagus, hal ini dapat mendukung berbagai macam perkembangan lainnya, seperti perkembangan emosi pada anak, fisik, sosial hingga perkembangan kognitif pada anak.

Oleh karena itu, Anda juga harus mengetahui beberapa makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk otak anak. Berikut ini adalah jenis nutrisi otak anak yang bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan:

1. Omega 3 dan Omega 6
Dua jenis nutrisi ini merupakan jenis asam lemak yang dibutuhkan oleh otak pada anak. Kedua nutrisi tersebut adalah bentuk lain dari DHA dan AA yang mungkin biasanya Anda dengar pada iklan berbagai macam merek susu.

Omega 3 sendiri berguna untuk mengoptimalkan fungsi pada otak anak dan dapat membangun kurang lebih 8% dari total berat pada otak. Omega 3 ini paling banyak terdapat pada jenis ikan, seperti salmon, tuna atau ikan haring. Selain itu, omega 3 juga terdapat pada produk telur.

Omega 3 pada makanan ini nantinya dapat diubah menjadi DHA dengan bantuan dari enzim delta 4 desaturase. Akan tetapi, anak pada usia 3 tahun hanya memiliki enzim ini dapat jumlah yang sedikit sehingga membutuhkan susu yang mengandung omega 3 dan 6 serta DHA agar dapat meningkatkan kecerdasan pada otak.

2. Zat Besi
Nutrisi otak anak yang dibutuhkan lainnya adalah zat besi. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan dan kecerdasan otak pada anak.

Zat besi berguna agar sel darah merah memiliki cukup asupan untuk mengangkut oksigen dari setiap sel ke dalam tubuh termasuk ke otak. Dengan begitu, kemampuan dan fungsi pada otak akan bekerja secara optimal.

Oleh karena itu, penuhilah asupan zat besi pada anak dengan memberikannya makanan yang mengandung zat besi cukup banyak, seperti nasi, biji-bijian, sereal, kacang-kacangan dan sumber protein hewani. Anda bisa mulai membiasakan anak untuk memakan makanan yang mengandung banyak nutrisi tersebut sejak kecil.

3. Kolin
Nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan perkembangan pada otak anak adalah kolin. Nutrisi ini merupakan salah satu senyawa kimia yang larut pada air dan memiliki fungsi mirip dengan vitamin. Selain itu, kolin juga masih dalam satu keluarga dengan vitamin B kompleks dan folat.

Kolin sendiri ternyata juga dapat membantu memproduksi DNA serta meningkatkan sinyal saraf yang ada pada otak anak. Jika aliran pada sinyal otak anak dapat berkembang dengan optimal, perkembangan otak anak juga akan lebih maksimal. Ini merupakan salah satu nutrisi otak anak yang terbaik.

Makanan yang mengandung banyak sumber kolin adalah telur. Jika anak Anda memiliki alergi pada telur bisa memberikan makanan lain yang mengandung kolin lainnya, seperti daging, salmon, susu atau hati ayam.

4. Vitamin B12
Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi yang baik untuk perkembangan pada otak anak. Salah satu jenis nutrisi ini juga dapat membantu dalam memproduksi materi genetik atau DNA dan RNA yang memiliki peran penting dalam perkembangan kecerdasan otak.

Vitamin B12 juga dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah yang ada dalam tubuh. Dengan begitu, anak Anda akan terhindar dari anemia dan kebutuhan nutrisi untuk perkembangannya juga tercukupi.

Ada beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 yang baik. Makanan tersebut antara lain, seperti tempe, telur, susu almond, susu kedelai, sereal atau keju cheddar. Anda bisa menambahkan berbagai jenis makanan tersebut ke makanan lain atau membuatnya menjadi menu yang menarik untuk anak-anak.

5. Folat
Salah satu bentuk alami dari vitamin B9 yang bagus untuk perkembangan otak anak adalah folat. Nutrisi ini diperlukan untuk membentuk DNA serta menguatkan sistem saraf dalam otak selama masa pertumbuhannya.

Asam folat sendiri juga dapat membantu untuk mencegah anak agar terhindar dari anemia. Nutrisi ini terdapat dalam berbagai macam sayuran hijau dan buah-buahan yang kebanyakan tidak disukai oleh anak-anak.

Oleh karena itu, Anda bisa memberikan berbagai jenis masakan makanan dari sayur dan buah-buahan yang menarik buah hati. Jika cara tersebut masih kurang berhasil, Anda juga bisa memberikan pilihan makanan lain, seperti daging ayam, tempe, biji-bijian dan hati sapi.

Baca Juga : 6 Kebiasaan Penyebab Badan Lemas Sehari-hari

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Otak Anak
Itu tadi adalah berbagai nutrisi otak anak yang bisa Anda penuhi sebagai orang tua. Anda bisa membuat berbagai macam makanan yang mengandung nutrisi baik tersebut.

Telur sebagai makanan bergizi mengandung omega 3, vitamin B12, kolin, serta beragam nutrisi penting lainnya. Hal ini membuat telur menjadi makanan yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Anda bisa memilih Telur Indofarm yang mengandung nutrisi dan omega 3 tinggi kepada anak Anda.

Yuk kunjungi halaman produk Indofarm untuk informasi lebih lanjut mengenai Telur Omega 3 Organik, Telur Ayam Kampung Omega 3, ataupun Telur Hijau dari Ayam Hitam!