PMS [28] Penggunaan Alat Kuantitatif di Saluran Media Sosial

Untuk memahami efektivitas dan modalitas penerapan alat kuantitatif, luangkan waktu untuk mempelajari berbagai situs yang menawarkan peringkat, ulasan, dan rekomendasi.

Senin, 14 September 2020 | 14:51 WIB
0
38
PMS [28] Penggunaan Alat Kuantitatif di Saluran Media Sosial
ilustr: PandaDoc

E-commerce, membangun merek online dan pemasaran menggunakan saluran media sosial adalah salah satu perkembangan paling modern di bidang penjualan dan pemasaran. Bahkan tidak ada bisnis yang mampu mengabaikan atau absen dari media ini. Selama audiens dan pelanggan kita hadir dan membahas tentang pengalaman mereka tentang produk kita atau produk dan layanan pesaing kita, kita harus hadir di sana.

Media sosial terdiri dari berbagai platform yang dikelompokkan secara longgar di bawah jejaring sosial, konten sosial, dan interaksi sosial. Pada bagian artikel ini kita akan mengeksplorasi kemampuan kerja beberapa alat kuantitatif seperti penilaian, ulasan dan rekomendasi dalam pemasaran media sosial, dengan tujuan untuk memahami kegunaan alat-alat ini dari perspektif pemasaran.

Alat Kuantitatif Bermanfaat untuk Pemasar

Pandangan pada saluran media sosial memberi kita perasaan bahwa hal yang sama berlaku untuk dan terdiri dari individu-individu yang menyumbangkan pengalaman, pendapat, dan kontribusi mereka yang mengarah pada pembangunan konten yang didasarkan pada konsensus.

Walaupun ini sebagian besar benar, hal yang sama juga dapat dilihat dari perspektif yang sama sekali berbeda dari pemasar dan untuk menggunakan saluran dan diskusi yang sama untuk membangun hubungan dengan pelanggan, untuk membangun kesadaran merek dan loyalitas dan akhirnya untuk mempengaruhi calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan kita.

Jika kita berpikir bahwa jejaring sosial dan media lain semuanya terkait dengan diskusi dan subjek pribadi, kita mungkin benar. Tetapi pergi melalui semua konten yang dihasilkan di berbagai saluran. Kita akan melihat banyak diskusi yang terjadi tentang politik, berita, ekonomi serta tentang kesehatan, perjalanan dan yang lebih penting tentang pengalaman pribadi dan baru-baru ini dari masyarakat.

Diskusi semacam itu tentang pengalaman seseorang dan diskusi orang lain, komentar, dan lain-lain. Akan selalu menyertakan pengalaman mereka tentang suatu produk atau layanan yang baru-baru ini mereka gunakan. Kemungkinannya adalah bahwa produk tersebut bisa menjadi milik kita atau pesaing kita. Atau kita mungkin ingin menjelajahi platform untuk melihat di mana komunitas berbicara tentang produk yang kita minati dan berurusan dengan dan menargetkan komunitas tertentu untuk membangun program kita lebih lanjut.

Penerapan alat kuantitatif seperti peringkat, rekomendasi, dan alat lain semacam itu sebagai bagian dari upaya pemasaran online kita bermanfaat bagi kita sebagai pemasar maupun bagi audiens. Sebagai seorang pemasar, kita mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan apa yang pelanggan kita katakan tentang produk kita dan juga produk pesaing kita. Kita dapat menggunakan wawasan yang diperoleh untuk meningkatkan produk kita lebih lanjut dan juga meningkatkan pengalaman bagi pelanggan.

Informasi akurat yang dikumpulkan dari alat kualitatif dapat memberi tahu kita banyak hal tentang apa yang disukai pelanggan kita, apa yang tidak ia sukai dan apa yang menurutnya berguna, dan lain-lain. Bayangkan apa yang dapat dilakukan umpan balik ini untuk meningkatkan produk dan bisnis kita.

Pelanggan Mendapat Manfaat dari Alat Kuantitatif Online

Alat peringkat online membantu mengiklankan produk kita dengan mudah ke audiens baru dan calon pelanggan juga. Ketika seorang pelanggan sedang dalam proses membangun kesadaran dan mengumpulkan informasi untuk membuat keputusan untuk membeli, dia cenderung sangat bergantung pada peringkat dan rekomendasi dari pengguna lain. Secara tradisional, publikasi dari mulut ke mulut selalu menjadi media yang efektif. Begitu juga dalam hal media sosial, rekomendasi dan peringkat efektif dalam membantu calon pelanggan mempengaruhi keputusannya untuk membeli produk kita.

Meskipun alat kuantitatif tampak sangat efektif dan berguna, kehati-hatian harus dilakukan dalam mengelola dan mengendalikan hal yang sama, karena tanpa kontrol yang efektif, kita mungkin akhirnya mengundang umpan balik/saran yang tidak beralasan yang mungkin berbahaya bagi reputasi kita.

Untuk memahami efektivitas dan modalitas penerapan alat kuantitatif, luangkan waktu untuk mempelajari berbagai situs yang menawarkan peringkat, ulasan, dan rekomendasi dan buat daftar pengamatan kita tentang bagaimana mereka berguna bagi audiens, untuk kita sebagai pemasar. serta cara memperkenalkan, memantau, dan mengendalikan seluruh proses online.

***
Solo, Senin, 14 Februari 2020. 2:41 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko