E-Marketing [9] Internet dan Bauran Pemasaran

Internet telah menyediakan berbagai pilihan dalam bauran pemasaran untuk menyusun strategi pemasaran internet saat ini dan jangka panjang.

Rabu, 16 Oktober 2019 | 10:36 WIB
0
343
E-Marketing [9] Internet dan Bauran Pemasaran
ilustr: thebusinesscity.co.za

Pengantar

Bauran pemasaran mengacu pada penggunaan empat P dari pemasaran yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Semua strategi pemasaran dikembangkan di sekitar kerangka empat P.  Dengan perkembangan dan kemajuan elemen-elemen industri jasa seperti Orang, Proses dan bukti Fisik ditambahkan ke dalam bauran pemasaran tradisional.

E-commerce adalah jalan besar bagi organisasi untuk menggunakan bauran pemasaran di atas untuk keuntungan mereka.

Produk

Dalam bauran pemasaran mengacu pada layanan, merek atau fitur barang dagangan di sekitar strategi yang harus dikembangkan. Setiap strategi seputar produk terutama didasarkan pada riset pasar yang dilakukan oleh organisasi untuk menilai kebutuhan dan persyaratan pelanggan.

Strategi pemasaran online dapat disegmentasi menjadi dua bagian, keputusan seputar fitur-fitur mendasar yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan fitur-fitur tambahan yang merupakan manfaat di atas manfaat inti.

Untuk fitur-fitur mendasar, internet dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang produk ke basis pelanggan yang sudah ada dan baru, misalnya ulasan online, video, dan lain-lain. Manfaat tambahan dapat memberikan proposisi bisnis baru, misalnya e-book.

Untuk manfaat yang diperluas, misalnya, dalam industri komputer, organisasi menyediakan instruksi manual, garansi dasar dan asisten teknis tanpa biaya tambahan kepada konsumen.

Internet dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari pelanggan untuk persepsi tentang produk dan layanan. Bentuk riset pasar ini berbiaya rendah dibandingkan dengan pendekatan tradisional. Organisasi dapat melakukan riset pasar ini melalui grup fokus online, survei web, formulir umpan balik, blog, dan lain-lain.

Pertumbuhan merek dan produk hampir sebanding. Jadi untuk mengembangkan branding online yang sukses, organisasi harus berupaya menyediakan yang berikut ini:

  •     Pengalaman pembelian yang mudah, aman dan nyaman
  •     Asisten pelanggan online
  •     Personalisasi
  •     Grup pendukung online untuk persyaratan teknis dan lainnya

Harga

Internet dapat mempengaruhi bauran harga dari strategi pemasaran melalui hal-hal berikut:

  •     Transparansi harga yang lebih baik dan dampaknya pada harga yang berbeda
  •     Komodifikasi dan tekanan harga
  •     Harga dan lelang dinamis
  •     Metodologi penetapan harga yang berbeda

Internet telah meningkatkan transparansi harga; oleh karena itu, penting bagi organisasi untuk memahami elastisitas harga permintaan, sebelum keputusan penetapan harga.

Juga dengan ritel online, biaya overhead turun untuk organisasi tanpa toko fisik. Ini berarti perusahaan online memiliki keunggulan dibandingkan toko konvensional. Karena itu, harga selalu menghadapi tekanan ke bawah.

Ada banyak mekanisme penetapan harga yang tersedia. Pemain online seperti e-bay, dan yang lain telah membuat beberapa model ini sangat populer. Salah satu model yang paling populer adalah lelang ke depan di mana produk dibeli oleh penawar tertinggi dan memberikan jangka waktu tertentu.

Tempat

Tempat dalam rujukan bauran pemasaran untuk jalur melalui mana produk mencapai konsumen. Organisasi merancang saluran untuk menjangkau basis pelanggan terluas dengan biaya minimal. Internet telah mengubah elemen tempat dalam bauran pemasaran. Titik pembelian dapat dibagi menjadi situs yang dikontrol penjual, situs yang diorientasikan oleh penjual pihak ketiga, situs netral yang di-hosting oleh pihak ketiga, situs yang dikontrol pembeli dan situs yang dikontrol pembelian.

Organisasi juga mengembangkan situs web yang memenuhi persyaratan spesifik suatu negara. Persyaratan khusus ini bisa seputar bahasa, campuran produk dan perbedaan budaya.

Saluran distribusi juga mengalami perubahan karena internet. Organisasi perlu memutuskan apakah mereka akan memasok barang melalui perantara, atau mengirim langsung ke konsumen. Organisasi juga dapat menyesuaikan kombinasi pengiriman perantara dan langsung.

Promosi

Komponen promosi dari bauran pemasaran mengacu pada strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh organisasi untuk produk dan iklan perusahaan.

Elemen promosi terdiri dari iklan, promosi penjualan, kontak pelanggan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung.

Bauran elemen promosi dipilih oleh strategi komunikasi organisasi. Internet berfungsi sebagai saluran komunikasi tambahan dan baru di mana ia dapat terhubung ke konsumen mengenai fitur-fitur produk.

Organisasi juga perlu memutuskan pada tahap siklus pembelian mana, mereka harus menggunakan internet. Selain itu, perusahaan harus mencari komponen promosi yang digunakan dalam hubungannya dengan internet.

Organisasi memiliki anggaran terbatas yang melaluinya mereka harus menyusun strategi untuk memilih bauran promosi.

Orang dan Proses

Komponen orang-orang dari bauran pemasaran mengacu pada interaksi antara anggota staf dan konsumen selama kegiatan pra-penjualan, penjualan dan pasca penjualan. Beberapa opsi yang tersedia untuk pengorganisasian dengan munculnya internet adalah respons email otomatis terhadap pertanyaan, pemberitahuan email tentang status pembelian, fasilitas panggilan balik, obrolan online, bagian tanya jawab, bagian pencarian situs, bantuan pembelian online, dan lain-lain.

Komponen proses dari bauran pemasaran mengacu pada proses yang disesuaikan oleh perusahaan untuk mengoordinasikan semua kegiatan pemasaran yang tercakup dalam harga, tempat, promosi dan orang-orang.

Internet telah menyediakan berbagai pilihan dalam bauran pemasaran untuk menyusun strategi pemasaran internet saat ini dan jangka panjang.

***
Solo, Rabu, 16 Oktober 2019. 10:20 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko