Mengenal Sungai Aare yang Indah Tapi Mematikan, Berharap Eril Ditemukan

Meski seorang memiliki kemampuan berenang yang handal, ketika berenang di Sungai Aare Swiss tidak bisa sembarangan dikarenakan Sungai Aare Swis memiliki karakteristik yang berbeda dan unik.

Senin, 30 Mei 2022 | 21:26 WIB
0
391
Mengenal Sungai Aare yang Indah Tapi Mematikan, Berharap Eril Ditemukan
Pencarian Eril di sungai Aare, Swiss (Foto: okezone.com)

Tragedi terjadi kembali di sungai terpanjang dinegara Swiss yaitu sungai Aare Swiss yang menjadi salah satu sungai yang memiliki kwalitas air terbaik dinegara Swiss tersebut. Setelah beberapa tahun sebelumnya sungai tersebut telah merenggut nyawa wisatawan yang berenang di sungai tersebut, kini korbannya adalah Eril, putra dari Gubernur Jawa Barat yaitu putra Ridwan Kamil.

Sungai terpanjang dipegunungan Alpen Swiss tersebut memiliki luas sungai area sekitar 17.780 km2 atau 6.865 mil. Salah satu jurang terdalam sungai aare tersebut sekitar 200 meter kedalaman. Suhu kedinginan air sungai tersebut sekitar 20 – 23,5 ‘C.

Selain memiliki keindahan alam yang indah serta kwalitas air yang terbaik, ternyata Sungai Aare negara swiss memiliki arus kuat yang berbahaya. Selain putra Bapak Ridwan Kamil yang menjadi korban, pada tahun 2019 ternyata terjadi insiden yang sama seorang perenang handal gadis berusia 16 tahun yang dikabarkan tenggelam disungai Aare negara Swiss dan dinyatakan telah meninggal dunia.

Sungai Aare Swis memiliki warna air yang berbeda dengan yang lainnya yaitu berwarna biru muda dengan aliran di atas yang tenang tetapi didalamnya memiliki arus yang deras serta palung yang mematikan. Meskipun merenggut korban jiwa tetapi hingga detik ini negara Swiss belum menutup sungai Aare Swis tersebut dari wisatawan.

Hal ini terbukti dengan dijadikannya Sungai Aare Swis menjadi tempat wisatawan berenang baik warga lokal ataupun warga luar wisatawan. Bahkan meskipun suhu sungai Aare Swis mencapai fase terdingin yaitu mencapai 3 – 10 ‘C tetapi tidak menyurutkan wisatawan untuk terus berenang disungai tersebut.

Baca Juga: "Ngalub", Jawaban Ridwal Kamil yang Menjadi Kenyataan

Selain itu sungai Aare Swis mendapatkan rekor dunia sebagai rekor dunia untuk arung jeram, tak hanya untuk berenang ternyata sungai Aare Swis digunakan untuk perlombaan arung jeram hal ini terjadi rekor setelah pada tahun 2012 sungai Aare Swis memecahkan rekor dunia untuk arung jeram terbanyak yang diselenggarakan diseluruh dunia.

Ternyata selain untuk wisata dunia ternyata sungai Aare Swis menjadi tenaga pembangkit listrik terbesar bagi negara Swis, tenaga listrik yang digunakan adalah untuk transportasi kereta gantung di negara Swiss. Sedangkan hal yang menjadi rekor dunia adalah ternyata sungai Aare Swiss menjadi warisan budaya tak benda dari UNESCO sejak tahun 2017.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan meskipun seorang memiliki kemampuan berenang yang handal, ketika berenang di Sungai Aare Swiss tidak bisa sembarangan dikarenakan Sungai Aare Swis memiliki karakteristik yang berbeda dan unik dibandingkan sungai yang lain dikarenakan memiliki arus berbahaya bagi perenang.

Berikut merupakan tips aman ketika akan berenang di sungai Aare Swis yaitu antara lain :

1. Awasi anak–anak karena anak hanya diijinkan berenang ditepi sungai dengan pengawasan orang tua serta alat pelindung. 
2. Hindari mengkonsumsi alkohol ketika berenang karena bisa menganggu kesadaran.
3. Ketika akan berenang diharapkan pelan – pelan dikarenakan untuk menyesuaikan adaptasi suhu air supaya tidak kaget serta tidak terjadi kram, tidak melakukan menyelam ditempat yang asing.
4. Didampingi pemandu dan yang terakhir tidak diperbolehkan berenang secara sendirian.

***