Inilah Manfaat Bulu Bebek yang Jarang Diketahui Peternak

Kamis, 30 Juni 2022 | 15:47 WIB
0
111
Inilah Manfaat Bulu Bebek yang Jarang Diketahui Peternak
bebek

Bebek adalah salah satu jenis hewan yang diternakan dan dikembangbiakan. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Tahukah Anda bahwa manfaat bulu bebek dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya daging dan telurnya saja yang bisa dimanfaatkan tapi bulunya juga bisa dimanfaatkan.

Bulu bebek ternyata bukan limbah yang harus dibuang, tapi masih bisa dimanfaatkan dengan baik. hal ini juga ternyata jarang diketahui oleh para peternak bebek itu sendiri. Padahal banyak orang yang mulai memanfaatkan atau mengolah bulu bebek tersebut.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Di Perhatikan Saat Panen Telur Ayam

Manfaat Bulu Bebek untuk Kehidupan Manusia
Berikut ini beberapa manfaat bulu bebek bagi manusia yang harus Anda ketahui, dan mulai memanfaatkannya di kehidupan sehari-hari:

1. Untuk Makanan Ternak
Bulu bebek memiliki kandungan senyawa yaitu asam amino yang sangat baik untuk hewan ternak. Kandungan asam amino tersebut dapat diambil dengan cara menggilingnya hingga bulunya hancur.

Kemudian campurkan makanan ternak dengan bulu bebek yang sudah dihancurkan. Aduk sampai merata lalu berikan pada hewan ternak yang Anda miliki. Maka bulu bebek ini sama sekali bukan limbah yang harus dibuang atau dimusnahkan begitu saja.

Tapi Anda bisa memanfaatkannya kembali untuk melengkapi makanan ternak yang biasa diberikan pada hewan ternak itu sendiri.

2. Mengisi Bantal dan Kasur
Bantal dan kasur adalah pelengkap untuk tidur yang nyaman untuk manusia, yang sudah seharian penuh beraktifitas. Dalam kasur/bantal tersebut biasanya terdapat kapas yang akan membuatnya menjadi empuk saat digunakan.

Keberadaan kapas di dalam bantal/kasur biasanya akan terus mengempis sehingga kenyamanan saat tidur pun terganggu. Biasanya orang akan menjemur bantal dan kasur di bawah sinar matahari terik agar menggembung kembali.

Sambil sesekali dipukul dengan menggunakan kayu atau sapu. Tapi lama kelamaan kapasnya akan mengempis kembali dan tidak nyaman lagi. Maka solusinya adalah, tambah volume di dalam bantal dan kasur ini dengan bulu bebek.

Sisipkan ke dalam bantal dan kasur hingga kembali empuk, lalu jahit kembali permukaannya sampai benar-benar menutup.

3. Kerajinan Tangan
Fungsi bulu pada bebek yang lainnya adalah, dijadikan kerajinan tangan. Para kreatif industri baik kecil atau menengah biasanya memanfaatkan bulu bebek menjadi sesuatu atau karya yang bernilai, seperti misalnya untuk dijadikan kerajinan tangan.

Bulu bebek yang dijadikan kerajinan tangan ini nantinya bisa dijual dan menghasilkan keuntungan berlimpah. Tentu Anda pernah melihat kerajinan tangan atau souvenir yang di bagian atasnya ditambahkan bulu bebek yang cantik.

Biasanya souvenir dengan bulu bebek ini menjadi ciri khas suatu daerah yang memikat para wisatawan baik dari dalam atau luar negeri. Harganya juga bervariasi tergantung jenis souvenirnya, dan tingkat kerumitan pembuatannya.

4. Kemoceng
Kegunaan bulu pada bebek yang berikutnya yaitu dibuat menjadi kemoceng. Khasiat bulu bebek menjadi bahan kemoceng yang alami sudah ada sejak zaman dulu. Pemakaian kemoceng yang dibuat dari bulu bebek asli pernah sangat diminati di tahun 1990-an.

Kemoceng dari bahan bulu bebek asli ini juga sangat lembut dan bisa membersihkan kotoran serta debu dengan sangat baik. Cara membuat kemoceng dari bulu angsa bisa dimulai dengan menyiapkan bulu bebek yang masih muda dan sangat halus.

Lalu ikat di tangkai kayu lalu hiasi seindah dan semenarik mungkin. Anda bisa membuatnya sendiri, kemoceng yang dibuat dari bulu bebek asli ini, dengan cara yang mudah tersebut. Tak hanya baik untuk membersihkan debu, tapi kemoceng bulu bebek juga baik untuk lingkungan.

Baca Juga : Cara Mengolah Kotoran Bebek Menjadi Pupuk Kompos

Memaksimalkan Manfaat Bulu Bebek
Banyaknya manfaat bulu bebek ini memang cukup mencengangkan, tapi Anda bisa coba mengaplikasikannya di kehidupan atau kegiatan sehari-hari. Jika Anda beternak bebek, Anda bisa memaksimalkan keuntungan Anda dengan memanfaatkan bulunya. Agar bisa sukses, pastikan Anda menggunakan bibit bebek (DOD) yang berkualitas. Anda bisa membelinya dari PT Putra Perkasa Genetika (PPG).

Segera kunjungi halaman produk PPG untuk informasi lebih lanjut mengenai produk peternakan unggas yang Anda butuhkan.