Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Proses Panen Telur Ayam

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:57 WIB
0
129
Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Proses Panen Telur Ayam
telur

Kebutuhan pangan dari masyarakat Indonesia saat ini tentu terus bertambah dan meningkat. Sama halnya dengan komoditas telur ayam yang juga terus meningkat. Sehingga para peternak harus mengetahui bagaimana proses panen telur ayam yang benar.

Agar hasilnya memuaskan dan jumlahnya pun sesuai dengan yang diharapkan. Apalagi telur menjadi produk hewani dengan kandungan protein tinggi yang memiliki banyak keunggulan. Seperti komposisi gizinya yang lengkap, harga terjangkau, mudah diperoleh, dan tahan lama.

Manajemen Penanganan Telur Ayam
Telur ayam juga memiliki kandungan lengkap seperti asam amino esensial, yang sejatinya tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Selain itu telur juga termasuk ke dalam kategori jenis makanan yang mudah rusak atau istilahnya perishable product.

Seperti yang kita tahu bahwa secara fisiknya, telur mudah retak/pecah, dan secara kandungan gizi dengan beragam kontaminannya yang mungkin sekali terjadi.

Hal itu disebabkan oleh komposisi gizinya yang lengkap, sehingga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk segala jenis mikroba untuk berkembang di sana. Maka dibutuhkan strategi penanganan yang tepat pada telur ayam agar menghasilkan produk yang kualitasnya baik.

Ditambah lagi dengan nilai jual yang tinggi dan bisa menekan angka kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi. Manajemen penanganan telur ini juga sangat penting untuk para peternak untuk menjaga keamanan pangan, dan memperpanjang masa penyimpanan telur bagi konsumen.

Pada umumnya, ciri telur yang bagus adalah bentuk kulitnya bagus, tidak retak/cacat, tidak ada noda/bercak darah, cukup tebal dan bersih.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Panen Telur
Dari pentingnya manajemen atau penanganan telur yang baik bagi para peternak, maka ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam proses dan cara panen telur, seleksi, pembersihan, pengemasan, dan distribusi telur seperti berikut ini:

1. Proses Pemanenan Telur
Sebelum mulai panen ada baiknya Anda memeriksa terlebih dulu kondisi tempat pakan ayam. Jika pakannya masih cukup tebal maka usahakan untuk meratakannya supaya ayam kembali mengkonsumsi pakan yang telah diberikan.

Jika pakannya habis usahakan untuk menjaga kebersihan tempat pakan dari sisa-sisanya, sehingga pakan yang bekas/baru tidak tercampur di dalam wadah pakan. Biasanya pemberian pakan dilakukan sebelum mulai waktu panen telur. Frekuensi pemanenan sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali untuk mencegah telur rusak, pecah, atau terkena kotorannya. Teknik pemanenan dibagi menjadi dua yaitu secara otomatis dan juga manual.

Tapi biasanya peternak di Indonesia akan menggunakan cara yang manual sehingga harus dilakukan dengan sangat hati-hati, khawatir telur akan pecah. Jika retak sedikit saja maka nilai jualnya bisa menurun. Lakukan pemanenan dengan tenang agar ayam tidak stres.

2. Penanganan Pasca-panen
Penanganan lainnya yang juga harus diperhatikan dari proses panen ini adalah pascapanen. Seleksi telur biasanya akan dilakukan di gudang penyimpanan ketika ayam panen di kandang.

Telur yang kaya akan kandungan gizi disukai oleh mikroorganisme patogen sehingga harus dilakukan penanganan secepat mungkin, agar tidak terjadi pencemaran. Waktu panennya yang cepat akan mengurangi tingkat stres pada ayam-ayam tersebut secara otomatis.

Biasanya ayam petelur lebih sensitif pada perubahan lingkungan, sehingga ada sedikit perlakuan yang berbeda saja akan memengaruhi tingkat stres ayam-ayam tersebut. Dampaknya akan langsung terlihat pada produksi telur yang selanjutnya.

Tujuan dari seleksi telur ini adalah, untuk membedakan telur yang tidak cacat, retak, pecah, dan sebagainya. Hal itu disebabkan oleh harga jual setiap golongan telur yang masing-masing tidak sama.

Memastikan Kondisi Telur setelah Panen
Dalam penjualan telur juga diberlakukan first in first out yaitu telur yang paling awal diambil dari panen telur, adalah telur yang paling awal dijual. Hal ini dilakukan agar telur yang kita simpan selalu dalam keadaan segar. Untuk memastikan kualitas telur yang Anda produksi, Anda bisa memulainya sejak pemilihan bibit ayam. Bibit ayam yang baik akan menghasilkan telur bernutrisi tinggi ketika dewasa nanti.

Gimana tertarik dengan pembibitan unggas yang mengombinasikan teknologi modern dan pengalaman para ahli Segera kunjungi halaman produk peternakan PPG PT PUTRA PERKASA GENETIKA untuk informasi lebih lanjut mengenai perlengkapan peternakan untuk Anda.