5 Perbedaan Antara Sistem Alarm Keamanan Rumah dan Bisnis

Selasa, 28 September 2021 | 12:06 WIB
0
20
5 Perbedaan Antara Sistem Alarm Keamanan Rumah dan Bisnis
CCTV yang terintegrasi dengan kamera HP

Ada dua jenis sistem alarm, yaitu rumah dan bisnis. Selama beberapa tahun terakhirini, fitur alarm keamanan rumah dan bisnis mulai populer. Banyak fitur canggih yang awalnya tersedia dalam alarm keamanan bisnis, kini juga ditawarkan dalam alarm keamanan rumah. Namun, masih banyak perbedaan di antara keduanya.

Berikut ini adalah 5 perbedaan antara sistem alarm keamanan rumah dan bisnis:

1. Alarm Keamanan Bisnis Umumnya Lebih Kompleks

Dalam hal keamanan, tidak ada keraguan bahwa bisnis memiliki kebutuhan yang lebih kompleks dibandingkan dengan rumah. Bangunan komersial biasanya berada di daerah dengan lalu lintas tinggi dan tergantung pada layanan yang ditawarkan bisnis, itu bisa menjadi jauh lebih menarik bagi pencuri daripada rumah. Itu sebabnya bisnis membutuhkan lebih banyak langkah-langkah keamanan untuk menjaga keselamatan dan keamanan.

Karena kebutuhan bisnis sangat kompleks dalam hal keamanan, alarm keamanan bisnis lebih maju dan komprehensif dibandingkan dengan alarm keamanan rumah. Dilengkapi dengan berbagai fitur yang relatif lebih banyak seperti kartu akses terkontrol untuk memungkinkan karyawan bergerak di seluruh fasilitas, kamera pengintai CCTV yang relatif lebih banyak, membatasi pergerakan ke mana orang dapat pergi, dll.

2. Sertifikasi

Menjadi bersertifikat dan tidak bersertifikat adalah perbedaan utama antara sistem alarm keamanan rumah dan bisnis. Sistem alarm bersertifikat adalah yang cocok untuk aplikasi kecil seperti toko ritel atau kantor kecil hingga aplikasi kelas atas seperti bandara dan bank. Sistem alarm rumah tidak disertifikasi sebagaimana alarm keamanan bisnis.

3. Alarm Keamanan Rumah Dapat Ditempatkan Di Mana Saja

Alarm keamanan rumah dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan pemilik rumah untuk menempatkannya di mana saja di dalam area tempat tinggalnya. Menampilkan ukuran kecil dan desain yang cocok dengan dekorasi rumah secara keseluruhan. Fitur-fitur ini tidak terlalu menjadi perhatian dalam hal keamanan bisnis.

4. Alarm Keamanan Bisnis Menawarkan Penyimpanan Data yang Relatif Lebih Banyak

Anda tidak dapat memprediksi kapan suatu informasi penting akan dibutuhkan. Hal-hal yang tidak menguntungkan atau membahayakan, bisa terjadi  kapan saja.  Kemampuan untuk menemukan dan melihat informasi yang dibutuhkan dapat disajikan dengan mudah.

Untuk bisnis khususnya, memerlukan sistem pengawasan video yang dapat menyimpan banyak data karena lalu lintas tinggi 24/7 dan aktivitas di fasilitas tersebut. Itulah sebabnya sebagian besar perusahaan alarm keamanan merancang sistem alarm untuk memiliki penyimpanan yang relatif lebih banyak, memungkinkan bisnis menyimpan banyak data penting dengan mudah. Pemilik rumah tidak memerlukan penyimpanan data sebanyak itu, kecuali jika rumah kosong untuk waktu yang lama, dan ini jarang terjadi.

5. Alarm Keamanan Bisnis Relatif Lebih Mahal

Karena alarm keamanan bisnis jauh lebih kompleks dan juga dilengkapi dengan lebih banyak fitur, tidak mengherankan jika harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan alarm keamanan rumah. Biaya sistem alarm keamanan tergantung pada area spesifik yang dipantau serta jumlah fitur yang diperlukan. Bisnis memerlukan fitur pemantauan tambahan seperti pemantauan tombol panik, pemantauan kontrol akses, pemantauan video, alarm paradox,  pemantauan air, pemantauan suhu, dll sehingga biaya alarm keamanan bisnis relatif lebih tinggi. Perangkat lunak yang biasa digunakan pada integrasi kamera CCTV di rumah maupun bisnis antara lain VMS Macula

Jika Anda memiliki rumah besar dan mengkhawatirkan keamanan properti secara keseluruhan, sebaiknya memasang sistem pengamanan (Security System) dengan opsi yang paling efektif dan ekonomis demi keamanan asset berharga anda.