Langkah Pemotongan Ayam Pedaging

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:13 WIB
0
77
Langkah Pemotongan Ayam Pedaging
ayam pedaging

Secara umum daging ayam yang kualitasnya baik mempunyai tingkat higienitas tinggi, karena proses pemotongannya dilakukan dengan prosedur yang tepat. Dalam menghasilkan daging ayam berkualitas maka proses pemotongan ayam pun harus dilakukan dengan benar.

Mulai dari standar pengecekan yang tepat hingga mesin canggih yang akan menunjang hasil dan kualitas daging terbaik. Ada empat tahapan yang harus dilalui dalam pemotongan daging ayam ini, diantaranya yaitu pemeriksaan, pemotongan, pasca pemotongan, dan pengemasan.

Baca Juga : Cara Mengolah Kotoran Bebek Menjadi Pupuk Kompos

Langkah Tepat dalam Proses Pemotongan Ayam Sesuai Prosedur
Berikut ini empat tahapan yang harus dilalui dalam tempat pemotongan ayam, yang sesuai dengan prosedur:

1. Pemeriksaan
Dalam proses pemeriksaan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu:

   · Kondisi Ayam
Waktu perjalanan yang cukup lama dalam pengiriman ayam biasanya akan membuat ayam-ayam stres. Maka setelah pengiriman harus ada istirahat dahulu selama kurang lebih satu jam.

Fungsinya adalah untuk membuat suhu tubuhnya menurun dan menurunkan tingkat stres ayam.

   · Memeriksa Kesehatan Ayam
Ayam yang sehat harus memenuhi standar tertentu seperti misalnya matanya tidak berair, hidung tidak berair, warna bulunya cerah dan tidak rontok, dan gerakannya lincah.

Apabila ada satu saja yang tidak memenuhi standar maka ayam tersebut tidak lolos pemenuhan indikator pemeriksaan.

   · Penimbangan
Sebelum ke proses pemotongan ayam, maka harus ada juga penimbangan ayam. Bobot ayam siap potong biasanya antara 2 – 3 Kg, tapi jika bobotnya kurang dari itu maka hal itu juga tidak memenuhi syarat.

2. Pemotongan Ayam
Pastikan alat potong ayamnya kuat dan juga tajam, karena selain teknik maka alat potong juga akan memengaruhi kualitas daging ayam tersebut. Proses pemotongannya dilakukan dengan langkah berikut:

   · Menggantung Ayam di Shackle
Posisi penggantungan ayam sebelum dipotong juga harus sesuai SOP, yaitu kakinya di atas, leher menghadap ke pemotong, dan kepalanya di bawah. Proses menggantungkan ayam ini tak boleh lebih dari dua menit.

   · Stunning
Tahap berikutnya disebut stunning, yaitu ayam akan melalui bak stunning yang mengandung listrik dengan kekuatan kecil.

Pastikan ayam dalam kondisi pingsan lalu semenit kemudian akan bangun kembali, setelah itu baru bisa dilakukan pemotongan. Tapi jika ditahap stunning ini ayam mati maka proses pemotongan tidak bisa dilanjutkan.

   · Pemotongan
Proses pemotongan harus dilakukan melalui tiga saluran yaitu saluran makan, pernapasan, dan juga pembuluh darah. Jika dari tiga saluran ini ada yang tidak terputus maka cara pemotongan ayam ini dianggap tidak halal.

   · Penirisan Darah
Biarkan darah ayam menetes selama kurang lebih lima menit agar semua darah keluar dengan sempurna.

3. Pasca Pemotongan Ayam
Proses selanjutnya yaitu pasca pemotongan yang dilalui dengan lima tahap, yakni:

Scalding atau perebusan.
Pemotongan kaki dengan kepala.
Mengeluarkan jeroannya.
Mencuci daging ayam dengan menggunakan drum chiller.
Penimbangan karkas.
4. Pengemasan
Proses yang terakhir adalah pengemasan, yang dilalui dengan enam tahap diantaranya yaitu:

Proses grading.
Pemotongan daging.
Bonelles atau memilet ayam, dan memisahkannya dengan tulang.
Pengemasan.
Penyimpanan dan pembekuan daging ayam.
5. Distribusi
Untuk tahap distribusi ini hanya berlaku untuk usaha pemotongan ayam, yang dimana setelah melalui semua tahapan pemotongan maka ayam-ayam potong ini akan langsung didistribusikan.

Untuk tahap akhir ini bisa dilewati jika proses pemotongan dilakukan di rumah potong, atau dilakukan sendiri. Jika semua tahapan dilakukan dengan benar, maka hal itu akan sangat memengaruhi kualitas daging ayam. Ayam yang sudah dipotong dengan cara yang tepat hasilnya akan lebih baik dan tidak mudah busuk.

Baca Juga : Manfaat Bulu Bebek Yang Jarang Di Ketahui

Proses pemotongan ayam dan distribusi merupakan tahap akhir dari bisnis peternakan Anda. Namun, Anda perlu mempersiapkan diri sejak memulainya. Pastikan Anda menggunakan bibit ayam dengan kualitas terbaik untuk mendapatkan hasil produk yang terbaik juga.

Hubungi PT Putra Perkasa Genetika untuk informasi lebih lanjut. Siap menjadi pemasok bibit unggas Anda, mulai dari ayam, bebek, hingga puyuh.