Bagaimana Memilih Oli Mesin yang Tepat Untuk Kendaraan Anda?

Lapisan Ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan dari sisa pembakaran sehingga msin tetap adem dan bersih, tetap bertenaga dan juga hemat bahan bakar.

Jumat, 14 Januari 2022 | 00:17 WIB
0
44
Bagaimana Memilih Oli Mesin yang Tepat Untuk Kendaraan Anda?
Oli pelumas mesin

Ada banyak sekali jenis oli mesin yang ada di pasaran saat ini. Tergantung pada kondisi mesin, jenis mesin dan umur mesin, pengguna harus memilih jenis pelumas yang tepat. Memilih pelumas yang tepat dengan kualitas dan kadar yang tepat akan membantu kendaraan Anda beroperasi secara efisien dan memperpanjang umur mesin. Berikut parameter dan pengetahuan yang perlu Anda perhatikan saat memilih oli mesin untuk mobil kesayangan Anda

Bagaimana cara mengklasifikasikan oli mesin?

Viskositas memainkan peran penting dalam sifat-sifat oli mesin. Jika dinilai menurut viskositas SAE, oli dengan huruf "W" adalah multigrade, penggunaan sepanjang musim. Saat mengurutkan berdasarkan fitur API, karakter setelah huruf "S" atau "C" diurutkan sebesar mungkin dalam alfabet.

Mengganti oli adalah salah satu kebiasaan yang harus dimiliki oleh sebagian besar pengendara mobil dan motor. Namun, tidak semua orang memahami sepenuhnya fitur, serta parameter yang tercantum pada produk ini. Biasanya, huruf "W" pada simbol SEA 5W40 yang tertulis pada pelumas sering dianggap sebagai "Berat", padahal sebenarnya mengacu pada kata "Musim Dingin".

2. Efek dan sifat pelumas

Di dalam mesin, pelumas memiliki banyak efek seperti mengurangi gesekan antara dua bagian yang bersentuhan langsung, mendinginkan, menyegel, dan anti korosi. Namun, efek paling mendasarnya masih mengurangi gesekan, sehingga viskositas adalah parameter terpenting yang mempengaruhi kualitas produk pelumas komersial.

Viskositas oli berubah dengan suhu. Pada suhu tinggi, viskositas menurun dan sebaliknya. Oli dengan viskositas rendah lebih mudah dipindahkan daripada oli dengan viskositas tinggi. Selain itu, karena berat molekul yang menyusun pelumas berhubungan langsung dengan viskositasnya, maka sering disebut minyak berat atau minyak ringan. Minyak ringan mengacu pada minyak viskositas rendah, minyak berat mengacu pada minyak viskositas tinggi.

Faktanya, oli ringan lebih mudah dipompa dan bersirkulasi melalui mesin lebih cepat. Sebaliknya, minyak berat biasanya memiliki viskositas yang tinggi, bergerak lebih lambat, sehingga memiliki tekanan yang lebih tinggi tetapi aliran minyak yang lebih rendah melalui pompa.

3. Klasifikasi pelumas berdasarkan viskositas 

Dalam metode klasifikasi viskositas, produsen pelumas setuju untuk menggunakan klasifikasi American Society of Automotive Engineers (SAE). Klasifikasi SAE tergantung pada apakah produk oli adalah grade tunggal atau multigrade. Oli multigrade memiliki viskositas yang memuaskan pada banyak kondisi suhu yang berbeda, sementara oli kelas tunggal hanya merespons pada suhu tertentu.

Sistem klasifikasi SAE cukup kompleks, melibatkan banyak konsep yang berbeda. Namun, adalah mungkin untuk menunjukkan faktor-faktor utama. Untuk oli multigrade, setelah huruf SAE adalah awalan seperti 5W, 10W atau 15W, 20W. Angka sebelum huruf "W" menunjukkan kisaran suhu di mana oli mesin memiliki viskositas yang cukup untuk menghidupkan mobil dalam keadaan dingin. Untuk menentukan suhu awal dalam hal karakter ini, Anda cukup mengurangi angka dari 30 dengan mengurangkan angka-angka itu tetapi dengan suhu negatif. Misalnya, oli 10W akan mulai dengan baik pada minus 20 derajat Celcius, oli 15W akan mulai dengan baik pada minus 15 derajat Celcius.

Di belakang huruf "W" pada oli multigrade dapat berupa huruf 40, 50 atau 60. Ini adalah karakter yang digunakan untuk menunjukkan kisaran viskositas pada 100 derajat Celcius pelumas. Biasanya, semakin besar angkanya, semakin besar viskositasnya dan sebaliknya. Misalnya dengan mobil yang tidak terlalu keras seperti mesin mobil, misalnya indeks ini sekitar 30, 40 atau 50 sudah cukup. Untuk mesin yang beroperasi di daerah bersuhu tinggi, indeks ini harus lebih tinggi, sekitar 60. Karena perubahan suhu, tergantung musim, orang menggunakan 40 atau 50. Di musim dingin, dingin, panas, suhu mesin rendah hanya boleh digunakan sekecil 30, 40. Di musim panas, suhu mesin tinggi, jadi Anda bisa menggunakan tipe 50.

Karena karakteristik minyak multigrade, sering disebut "minyak empat musim". Ketika ada "W", pelanggan dapat memahami bahwa itu dapat digunakan untuk musim dingin dan musim panas.

Selain tipe multi grade, banyak pabrikan yang menawarkan oli single grade dan satu-satunya simbol seperti SAE 40, SEA 50. Oli ini sering digunakan untuk mesin 2 tak, mesin pertanian dan industri.. .

4. Klasifikasi oli berdasarkan kualitas tingkat kinerja 

Ketika mengklasifikasikan menurut standar ini, pabrikan setuju untuk mengklasifikasikan sesuai dengan standar American Petroleum Institute (API).

API diklasifikasikan menurut kelas S (Layanan) untuk mesin bensin dan C (Komersial) untuk mesin diesel. Saat ini, dengan mesin bensin, API terbagi menjadi banyak jenis dengan urutan perkembangan bertahap dari SA, SB, SC hingga SM terbaru. Untuk mesin diesel, API terbagi menjadi CA, CD, CC hingga CG, CH dan CI. Seiring berjalannya waktu, kualitas produk menjadi lebih baik karena produsen harus menambahkan aditif khusus untuk beradaptasi dengan teknologi mesin baru.

Pada produk oli motor komersial, pabrikan sering mencantumkan dua klasifikasi ini secara lengkap. Tergantung pada karakteristik mesin, pabrikan mobil merekomendasikan oli mana yang digunakan. Anda dapat menilai atau memilih sendiri, tetapi lebih baik berkonsultasi dengan ahlinya atau berkonsultasi dengan teknisi perusahaan.

Dan perlu memilih perusahaan pelumas terkemuka seperti: AP Oil, Saigon Petro, Total, BP, Castrol, Shell, Petrolimex, (Perusahaan-perusahaan ini semua menerbitkan standar internasional yang jelas dan benar, tetapi orang-orang Konsumen harus membeli di distributor resmi perusahaan untuk menghindari saluran oli regeneratif, pelumas berkualitas buruk bermerek dengan merek besar untuk menipu konsumen).

Rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia adalah merk X-TEN. Oli X-TEN memiliki keunggulan dibanding produk sejenis antara lain :

1. Tahan Lama

Oli X-TEN tahan lama. Oli untuk motor tahan sampai 5.000 KM, sedangkan oli untuk mobil bisa tahan sampai dengan 15.000 KM. X-TEN mengandung bahan yang disebut ester, yang tidak dipunyai oli lain. Bahan ini menyebabkan X-TEN tahan lama, Walaupun masa pakai X-TEN lebih panjang dari oli biasa, penguapan X-TEN cukup rendah. Oli mobil biasa mempunyai masa pakai antara 5.000 sd 10.000 KM. Sementara oli motor biasa mempunyai masa pakai antara 2.000 sd 2.500 KM

2. Tarikan Enteng dan Tahan Lama

Oli motor sudah terpakai hampir 5.000 KM, tapi tarikan tetap Enteng.  Untuk oli mobil sudah terpakai hampir 15.000 KM, tarikannya juga tetap enteng. Buktikan sendiri keunggulannya !

Banyak pengendara yang mengganti oli untuk kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Berbeda dengan oli lain, pengguna X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang enteng, berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas. Sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperature mesin tinggi.

3. Membuat Mesin anda tahan lama

Lapisan Ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan dari sisa pembakaran  sehingga msin tetap adem dan bersih, tetap bertenaga dan juga hemat bahan bakar.

Berdasarkan hasil riset, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10% !. Hal ini disebabkan karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBMnya.

4. DIRECT-TO-CONSUMER

X-Ten adalah Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia. Desain pemasaran oli X-TEN langsung menjangkau anda dari dekat karena distribusi X-TEN eksklusif hanya ada di Planet Ban dan Mobeng. Dengan konsep Direct-To-Customer, X-TEN memaksimalkan biaya produksi dengan mengurangi biaya distribusi sehingga bisa langsung sampai ke tangan Anda melalui Planet Ban dan Mobeng terdekat.

***