Anis Matta dan Scientific Democracy

Ke depan bukan lagi perang senjata yang akan kita hadapi. Tapi ke depan adalah perang ilmu dan perang teknologi yang akan mendominasi dunia.

Minggu, 29 Maret 2020 | 07:31 WIB
0
51
Anis Matta dan Scientific Democracy
Anis Matta (Foto: Facebook/Tengku Z. Usman)

Anis Matta, ketua umum partai gelora indonesia nemberikan beberapa pandangan soal covid19.

Bahwa covid19 adalah tantangan semua bangsa, tantangan kita semua agar kita mau belajar terus menerus.

Bahwa covid19 adalah ciptaan Allah yang masih misteri, tugas manusia adalah bekerja menemukan obatnya, karena Allah menurunkan penyakit sepaket dengan obatnya walaupun obatnya belum diketahui sekarang.

Bahwa Covid19 menguji keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah, bahwa Allah lah pemilik hidup dan mati kita.

Bahwa covid19 memberikan tantangan baru untuk kita sebagai bangsa terutama pemerintah agar lebih konsen kepada pembangunan berbasis ilmu pengetahuan.

Pembangunan negara berbasis pengetahuan adalah basis paling kokoh untuk menuju negara maju, Anis Matta sangat konsen dengan scientific development.

Dalam kata lain, pembangunan demokrasi harus bergerak menuju scientific democracy dari praktek sekarang yang masih demokrasi seremonial dan demokrasi elektoral semata.

Anis Matta memfokuskan diri agar negara bisa dibangun dengan ilmu pengetahuan, hanya dengan itu pondasi negara ini akan sangat kuat.

Sebagai negara sudah seharusnya memberikan lebih banyak perhatian kepada riset dan penelitian di bidang teknologi, virologi, dst. Agar tantangan negara kedepan bisa kita atasi sendiri secara mandiri.

Scientific democracy adalah istilah yang saya pakai dimana view kita adalah dimana pondasi kita harus berbasis ilmu pengetahuan dan fokus pembangunan manusia untuk menjawab tantangan kedepan yang bisa jadi akan lebih besar dari soal covid19 ini.

Anis Matta salah seorang tokoh indonesia yang sangat konsen dengan ilmu pengetahuan. Dia salah satu politisi yang memiliki minat yang sangat besar terhadap scientific democracy.

Inilah tantangan ril kita kedepan sebagai sebuah bangsa. Dimana kedepan bukan lagi perang senjata yang akan kita hadapi. Tapi kedepan adalah perang ilmu dan perang teknologi yang akan mendominasi dunia.

Tulisan ini saya narasikan dari ceramah ceramah dan tulisan tulisan online ketua umum partai gelora indonesia: Anis Matta.

Tengku Zulkifli Usman.

***