Forum Milenial Akan Deklarasikan Pemilu 2019 Damai dan Anti Hoax

Rabu, 27 Februari 2019 | 23:15 WIB
0
311
Forum Milenial Akan Deklarasikan Pemilu 2019 Damai dan Anti Hoax
Sumber : istimewa

Perkembangan media sosial tidak hanya memberikan manfaat positif, tapi juga berdampak negatif. Salah satunya, yang terjadi saat ini, banyak akun di media sosial yang menggunakan untuk menyebarkan berita kebohongan. 

Untuk menangkal hal itu Forum Pegiat Media Sosial Independent bersama berbagai pegiat media sosial dari kalangan netizen, blogger, youtuber dan content creator serta seniman digital lainnya akan Deklarasikan Pemilu 2019 Damai dan Anti Hoax, Kamis (28/02/2019) Siang.

Acara Deklarasi akan dilaksanakan bersama dengan Diskusi netizen dengan tema “Peran Netizen dalam Melawan Hoax dan Politisasi SARA Untuk Pemilu 2019 yang Damai, Berkualitas, dan Bermartabat” yang akan berlangsung di Balroom Hotel Mega Menteng, Cikini, Jakarta Pusat.

"Tujuan acara diskusi netizen ini untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita-berita hoax yang ada di media sosial," ujar Hafyz Marshal selaku ketua pelaksana.

"Karena sering kali berita hoax ini menimbulkan perpecahan antarbangsa. Masyarakat lebih mudah terprovokasi dengan berita bohong, nah kita tidak ingin itu terjadi," sambungnya.

Selain deklarasi dan diskusi, juga dilaksanakan pengumuman lomba konten narasi positif di media sosial, lomba ini dibuka sejak 8 Februari 2019 dan ditutup pada 25 Februari 2019. Sudah ada 300 lebih netizen dari Sabang sampai Merauke yang mengirimkan hasil karyanya.
"Masyarakat bisa melihat hasil karya anak bangsa untuk vlog dan desain grafis di Instagram dengan cara mengetik tagar (#2019antihoax) atau #lawanhoaxdemipemilu2019berkualitas dan untuk tulisan dapat dibuka di website blog" imbuhnya.

Acara Diskusi dan Deklarasi melawan Hoax Bersama Netizen demi Pemilu 2019 yang damai dan bermartabat akan dihadiri para pegiat media sosial seperti bloger, youtuber dan seniman seniman digital lainnya sebagai wujud kepedulian dan keikut sertaan mensukseskan pemilu yang damai berkualitas dan bermartabat . Acara ini juga akan menghadirkan para pemenang lomba serta kalangan jurnalis media lokal maupun nasional.