Bahaya Pergaulan Remaja dan Cara Mengetahui Dampaknya

Pengetahuan tentang bahaya pergaulan bebas bisa Anda jadikan wawasan yang bisa bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan kesadaran tentang bahaya pergaulan bebas.

Rabu, 20 Juli 2022 | 06:52 WIB
0
88
Bahaya Pergaulan Remaja dan Cara Mengetahui Dampaknya
Pergaulan bebas (Foto: Global Prestasi School)

Pergaulan bebas adalah hal yang perlu kita semua jauhi karena dapat menimbulkan berbagai dampak buruk. Terutama bagi usia remaja yang sangat rentan akan hal pergaulan bebas. Remaja adalah kategori usia yang sedang senang-senangnya untuk bergaul dan berteman dengan sekelompok orang tanpa memilih terlebih dahulu.

Namun, pastikan bahwa kalian termasuk ke dalam remaja atau sekelompok orang yang selalu mengedepankan norma dan nilai-nilai yang baik dan tidak menjerumuskanmu ke dalam sesuatu yang membahayakan.

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengetahui beberapa contoh dari pergaulan bebas, di mulai dari kebiasaan clubbing dan meminum minuman yang beralkohol, penyalahgunaan narkoba, hingga melakukan seks bebas di luar pernikahan. Selain itu kenakalan remaja yang sering kita jumpai lainnya juga berasal dari anak-anak sekolah yaitu yang mengakibatkan tawuran dan menyebabkan kericuhan, ini juga termasuk ke dalam pergaulan bebas salah.

Pada umumnya, pergaulan bebas ini mengakibatkan besarnya rasa ingin tahu remaja tanpa adanya pengawasan yang ketat dari orang dewasa dan orang tua. Oleh karena itu, setiap orang tua diharapkan dapat membimbing dan mengarahkan kepada anak-anaknya untuk menjauhi lingkungan pergaulan bebas yang salah dengan cara yang baik dan dapat di terima baik oleh mereka.

Apalagi di zaman yang sudah canggih saat ini, banyak orang tua yang memberi kebebasan kepada anaknya dan memberikan gadget, yang sebenarnya dapat mempermudah anak untuk menonton hal yang seharusnya tidak untuk dilihat.  Dan hal itu juga dapat menimbulkan rasa ingin tahu remaja sehingga dapat menimbulkan pergaulan bebas.

Remaja zaman sekarang berbeda dengan remaja pada zaman dahulu, karena pengaruh globalisasi remaja cenderung meniru budaya orang barat seperti budaya berpesta dan bersenang-senang. Budaya tersebut membawa dampak yang tidak baik juga untuk pergaulan remaja yang akhirnya akan membawa mereka untuk terjerumus ke dalam hal yang bersifat negatif. Banyak remaja yang meremehkan akan hal itu, sehingga mereka terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Maka dari itu, sebagai orang tua kita harus mengawasi dan mengarahkan anak kita agar tidak terjerumus.

Bagi para remaja khususnya, dampak buruk dari pergaulan bebas bisa merusak masa depan kamu di mana pun dan kapan pun kamu berada.

Adapun dampak negatif dari salah nya pergaulan yang bisa mengancam yang salah satu nya yaitu terbiasa melakukan hal-hal yang kriminal, menggunakan obat-obatan terlarang atau narkoba yang berlebihan, terkena virus HIV/AIDS, dan banyak kehamilan di luar nikah hingga mengharuskan seseorang untuk melakukan praktik aborsi yang melanggar hukum. Pergaulan bebas tidak hanya menyerang dan berdampak pada fisik saja, Kesehatan mental juga mengancam jika lingkungan di sekitar mu mengucilkanmu.

Maka dari itu, untuk mencegah pergaulan bebas itu kita sebagai orang tua dan orang dewasa harus selalu mengawasi dan memberikan edukasi kepada anak-anak kita agar tidak ada pergaulan bebas yang mengakibatkan hancurnya masa depan mereka.

Pengetahuan tentang bahaya pergaulan bebas bisa Anda jadikan wawasan yang bisa bermanfaat bagi Anda dalam meningkatkan kesadaran tentang bahaya pergaulan bebas.

***