Sandiaga Menghilang Lagi, Tak Hadir di Syukuran Kemenangan

Tetap saja ketidakhadiran Sandiaga di acara "syukuran kememangan" mengundang sejuta tanya; kemanakah Sandiaga?

Jumat, 19 April 2019 | 17:50 WIB
0
337
Sandiaga Menghilang Lagi, Tak Hadir di Syukuran Kemenangan
Prabowo Subianto tanpa Sandiaga (Foto: Kompas.com)

Lagi, dalam acara sepenting "syukuran kemenangan" Prabowo Subianto, cawapres Sandiaga Uno tidak nampak hadir di tengah kerumunan para petinggi Badan Pemenangan Nasional di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat 19 April 2019. Sandiaga raib bagai ditelan bumi. Belum ada satu pejabat di lingkaran Prabowo yang mengungkap keberadaan Sandiaga.

Dalam hitungan PepNews.com, ini kali ketiga Sandiaga absen. Dua acara sebelumnya yang tidak dihadiri Sandiaga adalah  deklarasi "kemenangan " Pilpres. Sedangkan pada deklarasi ketiga "kemenangan" Sandiaga nampak hadir. Namun kehadirannya justru mengundang tanya karena wajahnya terlihat sendu, muram, dan tak bergairah.

Kini di acara keempat yang tidak kalah penting, yaitu "syukuran kemenenangan", Sandiaga juga tidak nampak hadir.

Acara "syukuran kemenangan" itu sendiri dihadiri Anggota Dewan Pengarah BPN Fadli Zon, anggota Dewan Pembina BPN Amien Rais, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua DPD Gerindra M Taufik, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan, Rizal Ramli, Yusuf Martak, dan Slamet Ma'arif.

Juga tidak terlihat unsur ketua umum dari partai koalisi, yaitu Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.  Tidak ada keterangan mengapa kedua ketua umum partai pengusung koalisi Prabowo ini tidak pernah hadir di acara penting tersebut. Demokrat pun tidak mengutus Agus Harimurti Yudhoyono sebagai ikon Demokrat, hanya nampak Syarief Hasan yang rajin tampil.

Acara "syukuran kemenangan" itu dimulai dengan melantunkan shalawat hingga doa kemenangan untuk pasangan Prabowo-Sandiaga. Prabowo terlihat naik ke atas panggung bersama Amien Rais, Fadli Zon, Rizal Ramli. Kemudian seluruh hadirin yang sebagian besar pendukugnya menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pada saat Sandiaga absen di dua deklarasi "kemenangan", terbit rumor bahwa telah terjadi konflik antara Sandiaga dan Prabowo terkait deklarasi pemenangan itu. Disebutkan, Sandiaga menolak mendeklarasikan kemenangan agar peristiwa Pilpres 2014 yang lalu tidak terulang. Atas ketidaksetujuan Sandiaga ini, Prabowo marah dan sempat meminta Sandiaga pergi.

Namun semua rumor itu ditepis oleh para petinggi koalisi Prabowo seperti Dahnil Azhar Simanjuntak dan Ferdinand Hutaean bahwa Sandiaga berada di kediaman Sandiaga saat pengumuman kemenangan dilakukan. Juga tidak ada pengusiran itu. Hanya saja Dahnil mengatakan Sandiaga sakit alias tidak enak badan, sedangkan Ferdinan menyebut Sandiaga harus berdiskusi dengan ulama dan puranawirawan.

Apapun alasannya, tetap saja ketidakhadiran Sandiaga di acara "syukuran kememangan" sepenting itu mengundang sejuta tanya; Kemanakah Sandiaga? Ada apa dengan Sandiaga?

Eh, baru dua tanya, ya?

***