Amatan Intelijen, Teroris Berpotensi Susupi Aksi Kubu Prabowo 22 Mei

Jika Prabowo tetap membiarkan pendukung fanatisnya beraksi bebas, kelompok teroris akan melakukan penetrasi ke pendukungnya dengan membawa bom rakitan.

Sabtu, 18 Mei 2019 | 12:40 WIB
0
721
Amatan Intelijen, Teroris Berpotensi Susupi Aksi Kubu Prabowo 22 Mei
Konferensi pers Polri (Foto: Kompas.com)

Beberapa waktu terakhir beredar seruan-seruan keras akan dilakukannya aksi massa ke KPU, Bawaslu dan Istana pada pengumuman hasil pilpres 2019 tanggal 22 Mei 2019. Selebaran gelap itu adalah propaganda, sepertinya implementasi penolakan Prabowo dan BPN terhadap penghitungan manual KPU.

Dalam ilmu intelijen, ini disebut PUS (Perang Urat Syaraf), yaitu propaganda plus kegiatan, subsistem fungsi intelijen yaitu sarana penggalangan. PUS Prop adalah salah satu sarana cipta kondisi yang ampuh untuk merendahkan musuh dan menghasut kebencian terhadap kelompok tertentu atau lawan.

Propaganda tidak menyampaikan informasi secara obyektif, tetapi informasi yang dirancang untuk merangsang reaksi emosional dari pada reaksi rasional. Tujuan yang ingin dicapai agar target mau berfikir, berbuat dan memutuskan seperti apa yang diinginkan si pembuat.

Kondisi yang Berlaku

Saat ini  secara massif, gelaran Propaganda, dimana disebarkan meme-meme atraktif, serta video-video beberapa ulama daerah yang intinya menuduh KPU dan Bawaslu telah curang. Sasaran akhirnya adalah agar publik terprovokasi tidak percaya dan mengganti pemerintah yang sah, serta menerapkan Syareat Islam.

Sebaran Meme ada yang identik narasi militansi kelompok teror. Narasi, intinya merangsang siapapun target yang percaya untuk siap mati tanggal 22 Mei, dengan judul Tercium Wangi Surga di Jakarta, berbekal baju sehelai dengan sorban hitam. Ini praktek umum dari persiapan aksi teror, dan dicantolkan kepada kepercayaan berjihad dan mati syahid.

Baca Juga: Mengapa Kelompok Teroris Mendadak Menggeliat?

Dari pengalaman bertugas di BNPT, penulis mengingatkan kepada Prabowo serta BPN, ada penumpang gelap kelompok teror yang sedang menyiapkan sel-selnya terlibat aksi massa. Sepertinya seirama dengan Prabowo serta BPN yang menolak hasil penghitungan manual KPU. Itulah mereka, para teroris ex Suriah atau simpatisan JAD/ISIS.

Penangkapan Teroris

Densus 88 Mabes Polri telah menangkap total 29 terduga teroris selama bulan Mei 2019. Mereka disebut sebagai bagian dari jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD), dari hasil pemeriksaan ditemukan peralatan teror serta adanya pengakuan rencana melakukan serangan bom bunuh diri pada 22 Mei 2019. Sedangkan sejak periode Januari-Mei 2019 terduga teroris yang ditangkap sebanyal 69 orang.

Data penangkapan menurut Kadivhumas Mabes Polri, pada Sabtu (4/5) diangkap enam terduga teroris, satu ditembak mati di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. SL, AH, AN, MC dan IF alias Samuel yang memiliki kemampuan merakit bom. Terduga teroris keenam, Tarafudin saat mau ditangkap melawan melemparkan bom tabung gas akhirnya ditembak dan bomnya meledak, yang bersangkutan akhirnya tewas

Polisi menyatakan para terduga teroris terkait dengan kelompok Jaringan Ansharut Daulah (JAD) Lampung. Solihin (SL), adalah  jaringan ustadz Misgianto yg sudah ditangkap lebih dulu. Jaringan ini JAD lokal, belum pernah ke Suriah.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta mengumumkan Rabu (15/5) Densus menangkap delapan terduga teroris yaitu AH alias Memet (26), A alias David (24), IH alias Iskandar (27), AU alias Al (25), JM alias Jundi alias Dian (26), AM alias Farel (26), Tatang, dan PT alias Darma (45).Ketujuhnya pernah ke Suriah. Kedelapan terduga teroris itu ditangkap di wilayah berbeda, mulai Grobogan, Sukoharjo, Sragen, Kudus, Jepara, dan Semarang. Satu.orang ditembak mati.

Resiko Pembiaran Aksi

Apabila Prabowo tetap membiarkan pendukung fanatisnya beraksi bebas, besar kemungkinan kelompok teroris yaitu sel tidur JAD dan alumnus Suriah akan sukses melakukan penetrasi ke pendukungnya dengan membawa bom rakitan dengan paku.

Penangkapan di safe house Bekasi membuktikan memang mereka sedang persiapan akan melakukan bom bunuh diri di antara pendemo Gedung KPU Jakarta dari safe house terdekat. Karena itu meme khas teroris yang kini beredar jelas mengundang simpatisan JAD/ISIS lainnya agar lebih berani dan sukses melakukan amaliah menuju surga dengan bom bunuh diri.

Baca Juga: Gagal Paham pada Prabowo yang Tolak Stigma Islam Agama Teroris

Tujuan mereka jelas berbeda dengan protes BPN, mereka hanya ingin melakukan aksi serangan bunuh diri untuk menunjukkan eksistensinya masih ada. Tidak peduli korbannya polisi atau pendemo. Momentum protes dan kemelut yang diciptakan pendukung Prabowo hanya mereka tunggangi dan manfaatkan.

Hal lain yang juga harus diwaspadai, simpatisan ISIS di Syria melatih anak-anak dan wanita Indonesia di camp khusus melatih anak-anak dibawah umur, Bahad Abdullah Azam menjadi suicide bomber. Pernah terjadi di Surabaya seorang ibu dengan dua anaknya.

Nah, dengan perkembangan informasi dan analisis intelijen diatas, apakah Prabowo dan BPN masih ingin mengambil resiko, dimanfaatkan para teroris itu?

Srilanka beberapa waktu lalu babak belur dihantam bom, korban tewas 310, luka-luka 500. Memang mau membiarkan hal seperti itu terjadi di sini? Siapkah bertanggung jawab kalau banyak mayat pendemo yang hancur terputus tubuhnya, terajam paku dan bersimbah darah.

Apa keuntungan Prabowo dan BPN dengan kondisi yang berlaku? Ini pesta demokrasi politik, bukankah target Gerindra, PKS dan PAN sudah tercapai? Apabila benar terjadi the worst condition, maka Gerindra bisa ikut menjadi tercemar namanya. Citranya bisa turun.

Perlu diingat, kondisi saat ini berbeda dengan saat Bung Karno atau Pak Harto jatuh. Ini bukan urusan anti Pak Jokowi, tetapi urusan pilpres dikaitkan dengan ideologi, terlihat gamblang dari video yang beredar, beberapa orang (Ulama Daerah) lebih menyerukan ganti pemerintah dan ingin penerapan Syareat Islam. Itulah intinya, jelas berbeda dengan misi dan visi Prabowo dan BPN.

Saran terakhir penulis kepada Prabowo sebagai sama-sama alumnus most intel Cilendek, mumpung masih ada waktu, batalkanlah rencana menggerakkan massa tanggal 22 Mei atau sebelumnya. Apabila dibiarkan, dan terjadi sesuatu seperti yang penulis utarakan di atas, Prabowo harus siap bertanggung jawab, artinya siap ke pengadilan, dimanapun dia berada.

Baca Juga: Prediksi Intelijen, Jokowi-Ma'ruf Bakal Menang

Sebagai penutup, kita tidak perlu terlalu takut seperti di Suriah, sudah beberapa kali terjadi konflik horizontal di Indonesia, aparat keamanan dan masyarakat sudah punya pengalaman mengatasinya . Alhamdulillah selama ini Indonesia tetap kokoh. Aparat keamanan jangan gamang kalau terjadi protes keras, yang lebih diwaspadai kemungkinan adanya penyusupan teroris itu.

Coba kita merenung beberapa detik saja, saat ini kita sedang diuji dan diberi cobaan oleh Allah, justru di bulan suci Ramadan. Tetapi yang teriaknya paling keras dan menakutkan mau protes, nyari sorga segala di KPU justru saudara-saudara kiya yang sama-sama Muslim. Hati-hati yang mau demo, walau bulan Mei ini sudah 29 anggota JAD yang sebagian ex Suriah sudah ditangkap, masih banyak lagi yang mengendap dan mampu membuat bom dan siap beraksi. Mereka mampu melakukan desepsi.

Bagi yang masih normal, dan murni simpatisan Prabowo. penulis sarankan, sudahlah tidak usah ikut-ikut, Anda tidak tahu mereka dan bisa dimana saja, bisa orang dewasa, wanita atau anak-anak. Satu atau dua saja Satan Bom berhasil diledakkan diantara pendemo, yang percaya masuk sorga dijemput 72 bidadari hanya mereka saja. Memprihatinkan sekali kan?  

Marsda Pur Prayitno Ramelan (Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT)

***

Judul awal tulisan ini adalah "Aksi Kubu Prabowo 22 Mei Potensi Disusupi Teroris, Batalkan Pengerahan Massa".