Mengapa Kelompok Teroris Mendadak Menggeliat?

Jones memiliki spesialisasi sebagai pengamat jaringan terorisme di Indonesia khususnya terhadap Jamaah Islamiyah.

Rabu, 8 Mei 2019 | 10:50 WIB
0
562
Mengapa Kelompok Teroris Mendadak Menggeliat?
Densus 88 (Foto: Sinar Harapan)

Pada hari Sabtu, 4 Mei 2019 pagi, Densus 88 melakukan operasi penyergapan terhadap terduga teroris di rumah toko Kampung Pangkalan RT11/RW4 Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan, Bekasi, Jawa Barat. Dua orang tewas ditembak Densus karena melakukan perlawanan dan dan dua melarikan diri.

"Iya benar ada (penyergapan teroris). Ada yang ditangkap, ada yang melarikan diri, kelanjutannya bukan wewenang kami, itu Densus 88 langsung ya," kata Kapolres Bekasi Kombes Candra Sukma. Mereka nampaknya menyiapkan serangan? Perlu di dalami dalam situasi dan kondisi saat ini.

Bertepatan, FB di tanggal yang sama memunculkan memori tahun 2011, di mana saya pernah menjadi narasumber di TVOne bersama Sydney Jones, pakar masalah terorisme, di mana saua juga meneliti dan menulis kasus terorisme dan 2,5 tahun pernah bertugas di BNPT.

Sidney Jones (lahir 31 Mei 1952) adalah seorang pakar dan peneliti terorisme di Asia Tenggara dan penasihat senior dari International Crisis Grpup (ICG) yang berkantor di Indonesia.

Di antara bidang yang digelutinya adalah Hubungan Internasional, Penganalisa Kebijakan Asing, Kebijakan Publik, Diplomasi, Hak Azazi Manusia, Ilmu Politik dll.

Di Asia Tenggara, dia telah meneliti konflik separatis di Aceh, Papua dan Mindanao; konflik lokal di Poso, Maluku dan konflik antar etnis di Kalimantan.

Jones memiliki spesialisasi sebagai pengamat jaringan terorisme di Indonesia khususnya terhadap Jamaah Islamiyah. Dia adalah pengarang buku "Making Money Off Migrants: The Indonesian Exodus to Malaysia (2000)" dan juga memiliki kontribusi di media massa seperti The New York Times, Financial Times, CNN, BBC, ABC, NBC, dan The Jakarta Post.

Dia beserta timnya mengamati jaringan radikalisme yang menghasilkan beberapa seri laporan tentang operasi Jamaah Islamiyah di Indonesia juga di Filipina. Tim ini juga mengamati pada permasalahan reformasi sektor keamanan dan desentralisasi di Indonesia. 

Sidney Jones merupakan lulusan New College, Sarasota (1970–1971) dan University of Pennsylvania.

Saat ini dia menjabat sebagai penasihat senior di ICG, sebuah organisasi anti-konflik dan kemanusiaan nirlaba internasional, sejak Mei 2002.

***