Vladimir Putin, Presiden yang Ramah terhadap Muslim Rusia

Ada kemungkinan juga Putin akan diangkat menjadi presiden Rusia seumur hidup jika saja kontelasi politik Rusia tidak ada tsunami di tengah jalan.

Minggu, 25 Agustus 2019 | 10:23 WIB
0
446
Vladimir Putin, Presiden yang Ramah terhadap Muslim Rusia
Putin di Masjid Agung Moskow (Foto: Detik.com)

Di Rusia, Presiden putin mengizinkan pembangunan mesjid besar(Grand Mosque) untuk muslim. Karena saat ini ada sekitar 60 sd 80 juta muslim di rusia, Putin sangat sadar akan fakta ini.

Putin termasuk pemimpin Rusia yang ramah kepada muslim Rusia, dia sadar bahwa rusia sekarang multi etnis multi agama. Masa lalu soviet dengan umat Islam memang sangat kelam, pemimpin soviet Joseph Stalin pernah membantai hampir 1 juta muslim di masa lalu.

Putin adalah presiden Rusia yang sadar sejarah, hampir 20 tahun dia dipercaya rakyat menjadi pemimpin New Rusia sejak dia naik tahta tahun 2000 lalu.

Putin terkenal sebagai teman dekat Presiden Turki Erdogan, bisa jadi kedekatan ini salah satu faktor yang membuat Putin sadar sejarah dan ramah Islam.

Putin-Erdogan bukan hanya teman dekat, tapi sekarang sudah menjadi sekutu kuat dalam segala bidang. Keduanya naik tahta hanya beda waktu 2 tahun. Erdogan naik tahta 2002 dan Putin 2 tahun sebelumnya.

Erdogan dan Putin ibarat matahari baru yang sering membuat negara adidaya model AS kebakaran jenggot, dalam setiap manuver keduanya selalu merepotkan AS dan sekutunya.

Putin lebih ramah kepada muslim dibandingkan pendahulunya Gorbachev dan Yeltsin.

Dalam pemilu presiden terakhir Rusia, Putin menang mutlak diatas 70% suara tanpa maju lewat jalur partai politik, salah satu dukungan kuatnya berasal dari muslim Rusia.

Erdogan pandai mencari teman, teman yang kuat, profesional, kaya, berpengaruh, dan bahkan hanya Putin yang bisa mengatur pilpres AS terkahir yang dimenangkan Donald Trump, secara tidak langsung, Trump adalah bawahan Putin hari ini.

Putin memang fenomenal, presiden paling kaya di dunia dengan net worth yang mencapai 2.000 triliun rupiah. Secara harta, putin hanya dikalahkan oleh akumulasi kekayaan keluarga besar kerajaan Saudi dan kekayaan bisnis keluarga Rotcschild Dinasty.

Semoga ke depan kebesaran Rusia bisa dimanfaatkan oleh muslim dan pemimpin muslim, karena ada kemungkinan juga Putin akan diangkat menjadi presiden Rusia seumur hidup jika saja kontelasi politik Rusia tidak ada tsunami di tengah jalan.

***